junizein 14 April 2018

Ciri ciri anak masuk angin dan Cara Mengatasi Pilek dan Batuk pada Balita karena Balita Masuk Angin

Cara Mengatasi Pilek dan Batuk pada Balita karena Balita Masuk Angin
Ciri-ciri Anak masuk angin dan Masuk angin pada Seseorang bisa disebabkan karena bergadang terkena angin malam, bisa juga disebabkan karena bepergian dengan jarak yang jauh atau pun bisa juga dengan jarak yang dekat namun cuaca dan angin sedang dalam cuaca angin yang cukup bertiup dingin dan kencang.
Ciri-ciri Anak masuk angin bisa dilihat dari kondisi kesehatan Anak, serta masuk angin dapat dialami tidak hanya oleh Orang Dewasa, namun juga masuk angin bisa dialami oleh anak dan Balita yang bisa diketahui dengan  penjelasan di bawah tentang Ciri-Ciri Anak Masuk Angin:
1. Batuk yang tiba-tiba
2. Pilek yang muncul
3. Terlihat lebih rewel dari biasanya
4. Terlihat agak sulit tidur
Meskipun terlihat pada ke empat hal tersebut di atas, namun Ciri-ciri anak masuk angin tersebut tidak terlalu memperlihatkan gejalanya, sebab bisa saja pada anak atau balita masih tetap bisa beraktivitas dengan cerita.
Pada Ciri-ciri anak atau balita masuk angin tersebut di atas juga tidak bisa dipastikan apakah batuk, pilek dan rewel serta sulit tidur merupakan gejala yang ditimbulkan akibat masuk angin, namun dari pengalaman Pibadi, adalah seperti empat point di atas sebagai salah satu ciri ciri anak masuk angin.

Penyebab Balita Masuk angin pun bisa beragam, seperti:

1. Bepergian dengan pakaian yang tidak terlalu tebal sehingga mengundang angin masuk lebih banyak ke tubuh balita
2. Ketika bepergian cuaca dan angin sedang bertiup kencang dan hawa pun terasa dingin dibandingkan dari biasanya
3. Balita sedang lelah dan diajak bepergian sehingga kondisi tubuh rentan terhadap berbagai macam penyakit, salah satunya adalah masuk angin
4. Bisa juga ditambah dengan Orang di lingkungan Balita sedang terkena pilek dan bersin misalnya Orang tua sedang pilek dan bersin di depan balita yang menyebabkan balita terkena virus dari bersin tersebut lewat udara

Perlu Diketahui:

“Apabila Balita atau Anak kita terserang Pilek, dan Batuk tiba-tiba yang diduga akibat dari Masuk Angin (Sebab sebelumnya Anak sehat), Sebaiknya Tidak Langsung memberikan Obat Pilek atau Batuk untuk Balita yang di bawah umur 4 tahun, apalagi tanpa resep dan anjuran dokter dan para ahli di bidangnya.
SEBAB, Batuk pada Balita merupakan Sebuah Pertahanan dan cara Mekanisme dari Anak Sebagai cara kerja tubuh Untuk menyingkirkan Virus Flu yang bisa menginfeksi tubuh balita”.

5 Tips Mengatasi Anak atau Balita dengan Ciri-ciri masuk angin seperti di atas, yaitu

1. Berikan Ramuan Herbal Parutan bawang merah dan minyak telon

Ketika diduga balita sedang masuk angin dengan ditandai pilek dan batuk, sebaiknya tidak segera memberikan obat, namun sebaiknya mengatasi gejala awal masuk angin pada Balita dengan memberikan ramuan herbal seperti Parutan Bawang Merah yang dicampur dengan Minyak Telon, Oleskan Ramuan Bawang Merah yang telah dicampur Minyak Telon tersebut pada Tubuh Balita, seperti punggung, perut, tangan dan kaki sembari dipijat lembut sesuai pijatan balita, perhatikan juga apakah Balita sudah bisa diberikan olesan bawang merah dan minyak telon, apakah kulitnya tidak alergi terhadap ramuan tersebut. Sebaiknya Umur Balita di atas 6 bulan yang sudah bisa diberikan ramuan tersebut.

2. Istirahat yang cukup

Hindari membawa balita bermain keluar rumah dalam waktu yang cukup lama, meskipun hari libur, sebaiknya balita diberikan waktu tidur dan istirahat yang cukup serta asupan gizi yang cukup dan air mineral yang tidak kurang dari porsi ideal dalam setiap harinya

3. Berikan Madu khusus Balita

Madu merupakan Herbal alami dengan berbagai macam manfaat, salah satunya untuk menghangatkan badan, jadi tidak ada salahnya balita yang masuk angin dengan gejala batuk, pilek bahkan demam dengan diberikan madu khusus balita, dan tetap diingat ketika membeli Madu sebaiknya di Apotek dan ditanyakan terlebih dahulu apakah sesuai dengan umur Balita atau tidak

4. Berikan Sentuhan lembut dari Orang tua terutama Ibu

Ketika Balita sedang sakit, ataupun sedang tidak sakit, sentuhan orang tua terutama sentuhan lembut Ibu pada Anak
Selain sebagai tanda kasih sayang, sentuhan Ibu pada Anak juga merupakan tanda untuk menumbuhkan kepercayaan pada anak bahwa kehadirannya dibutuhkan, membentuk kecerdasan emosional, dan Sentuhan serta pelukan Ibu pada Anaknya diketahui dapat membantu mengurangi rasa sakit pada Balita.

5. Bawa Balita Ke Dokter

Jika dalam rentang waktu sekitar 3 hari Batuk dan Pilek pada Balita yang diduga dari masuk angin tidak kunjung sembuh, sebaiknya tunda untuk memberikan obat sebelum di bawa ke dokter, dan sebaiknya jika 3 hari tidak terlihat respon flu, pilek dan batuk berkurang pada balita, segera bawa Balita ke dokter anak atau dokter ahli di bidangnya, agar segera mendapatkan penanganan sejak dini dan segera mengetahui apakah benar gejala flu, pilek dan batuk pada balita tersebut adalah disebabkan dari Masuk angin atau disebabkan oleh faktor lain.

Written by Junni-Zein, 


 

Sumber referensi: Pengalaman Pribadi Penulis, Sumber ‘perlu diketahui Dirangkum dari dokterbabe,com, Ramuan Parutan bawang merah dan minyak telon dari sumber kesehatanmanusia,com, Sumber anjuran Madu untuk Balita yang masuk angin:pondokibu,com. Manfaat sentuhan Ibu pada Anak dirangkum dari cantik.tempo,co, sumber foto:pxhere,com
 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*