junizein 30 April 2018

10 Rahasia Gamer menjaga Pola Hidup Sehat

10 Rahasia Gamer menjaga Pola Hidup Sehat, Cara menjaga kesehatan Gamer
(Gamer, Eki N, picture by IG @junni_zein,

Pola hidup sehat gamers, Games merupakan sebuah permainan dengan menggunakan media elektronik, berbentuk multimedia. Bermain game bisa juga menjadi sarana pelajaran dan mengasah kemampuan dalam mengatur sebuah strategi.

Pola hidup sehat gamers perlu dicontoh, sebab sudah diketahui bahwa sejauh ini Games tidak sekedar permainan untuk kepuasan pemain games saja, tapi juga bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari bermain games, tentu tidak dengan bermain  games yang asal dan tidak maksimal ya, tentu juga selagi cara yang ditempuh halal dan bisa menerapkan pola hidup sehat gamers

Untuk itu banyak pelaku games alias Gamer atau Gamers ini yang hampir setiap hari duduk di depan layar monitor PC ataupun Laptop dalam waktu yang cukup lama, dengan beberapa macam alasan, namun alasan apapun tetap harus menjaga pola hidup sehat gamera. Alasan itu misalnya sudah mencapai babak akhir sehingga tanggung untuk ditinggalkan atau memang sedang ramai teman game yang bermain sehingga sayang untuk ditinggalkan, dan beragam alasan tertentu lainnya. Terlebih lagi ketika bermain Game Online yang justru lebih seru dan lebih bisa mendatangkan penghasilan. Game Online memang sudah marak dilakukan oleh para Gamer dalam menjelajahi petualangan bermain game online.

10 Rahasia Gamer dalam menjaga Pola Hidup Sehat dan menerapkan Cara  menjaga kesehatan yang patut diterapkan:

1. Pastikan Kondisi Tubuh sedang Fit

Sebaiknya saat sudah ingin memulai games atau bermain game online, Kondisi tubuh sedang tidak sakit agar bermain games tetap fokus dan nyaman. Jangan paksakan bermain walaupun keharusan, namun jika tubuh sedang sakit akan kasihan untuk tubuh kita sendiri

2. Jaga jarak aman

Jaga Jarak aman antara mata dengan posisi layar monitor, sebab jika terlalu dekat itu tidak baik untuk kesehatan mata, dan terlalu jauh juga tidak baik.
Minimal jarak antara layar dan mata sekitar 30cm, itu jarak minimal, sebaiknya lebih jauh daripada itu. dan Posisi duduk untuk tubuh dengan layar monitor pada meja misalnya haruslah diatur agar nyaman ketika bermain game, dan tidak terganggu ketika sedang fokus bermain games.

3. Istirahatkan mata sejenak, mata juga bisa lelah lohhhh…

Sesekali pejamkan mata beberapa menit dan pandanglah sesuatu yang berwarna hijau, seperti melihat dedaunan disamping kaca atau jendela kamar atau melihat rumput-rumput hijau, tujuuannya adalah untuk mengistirahatkan mata kita yang lelah akibat dari layar monitor dan adanya radiasi. Hal ini cukup penting dilakukan walaupun kita merasa sehat-sehat saja saat melihat layar, tapi kita tidak tau pasti bahwa mata kita juga sebenarnya memiliki rasa lelah jika terus menerus menghadapi layar monitor

4.Lakukan Pergerakan

Ketika sudah lama duduk di depan layar monitor ketia bergamin games atau games tersebut, sesekali lakukan pergerakan ringan seperti berjalan mengambil air minum atau melakukan hal positif lainnya walaupun hanya beberapa detik atau beberapa menit, agar menghindari otot kaku dan tidak baik juga duduk dalam waktu yang cukup lama.

5. Hirup Udara Segar

Ketika bermain games atau game online di dalam ruangan atau di dalam kamar kita, tentu saja udara yang kita hirup adalah udara yang pergantiannya tidak begitu signifikan, apalagi di dalam ruangan yang ber-AC, untuk itu sesekali ketika melakukan pergerakan, lakukan juga sambil keluar sebentar atau dengan membuka jendela ruangan kita dengan lebar agar udara berganti, terkecuali di malam hari, maka sebaiknya hanya sedikit udara malam yang masuk, namun tetap harus ada ventilasi yang cukup untuk keluar masuk udara. Hal ini juga bertujuan agar kita tidak menghirup kembali udara yang sudah kita keluarkan ketika bernafas

6. Istirahat dan tidur yang cukup

Walaupun kita hanya terlihat duduk di depan layar monitor ketika sedang bermain game online, namun sebenarnya banyak energi yang terkuras, dari segi fikiran untuk mengatur strategi dan juga beban tubuh yang bekerja namun sebagian tidak terlihat bekerja namun ternyata bekerja seperti hal nya kaki terlihat diam namun sebenarnya sedang menahan tubuh kita selain bagian belakang kita, yang duduk dalam waktu cukup lama. Aliran darah tidak begitu teratur jika tidak digerakkan. Sebab jika tidak, hal tersebut bisa jadi pemicu dan penyebab munculnya obesitas, merasa pegal pada otot, dan bahkan yang sangat parah bisa menjadi pemicu serangan jantung. Jadi jika sudah duduk bermain games apalagi game online dalam waktu yang lama misalkan sudah mencapai 8 jam, sebaiknya melakukan istirahat yang cukup dan peregangan pada otot-otot serta bagian tubuh utama yang dilakukan untuk bermain games, seperti bagian tangan dan kepala serta leher.
Kurangnya waktu tidur juga bisa menyebabkan rasa pusing dan tentu saja mengantuk, hal ini dapat berakibat kehilangan konsentrasi ketika bermain games, untuk itu sebaiknya tidur cukup dalam porsi waktu 8 jam dalam sehari.Dan sebaiknya tidak tidur larut malam agar menghindarkan diri dari bahaya bergadang saat malam hari seperti resiko terkena kanker dan mengganggu fungsi kerja Otak. Sedangkan Fungsi Otak tentu saja salah satu yang kita butuhkan untuk mengatur strategi ketika bermain games, untuk itu sebaiknya tidur yang cukup dan tidak bergadang.

7. Makan tepat waktu dan Konsumsi Air putih yang cukup

Makan tepat waktu itu lebih baik, dan juga tidak kekurangan air putih, agar asupan gizi tetap tercukupi dan teratur. Hal ini juga bertujuan untuk menghindarkan kita dari Maag dan asam lambung yang jika ini terjadi justru bisa menjadi penyebab turunnya performa kita dalam bermain games.
Mengkonsumsi air putih juga berfungsi untk melindungi kesehatan organ ginjal serta saluran kemih. Dengan tidak kekurangan minuman air putih, menghindari dehidrasi dan menghindari adanya gangguan fungsi otak, apalagi untuk bermain game justru lebih banyak dibutuhkan konsentrasi pada otak untuk mengaturstrategi bermain games atau game online tersebut.

8.Melakukan Olahraga

Olahraga adalah sangat penting apalagi untuk pemain game, sebab dengan olahraga memiliki tujuan yang baik untuk kesehatan dan juga kebugaran tubuh agar tetap fit apalagi ketika bermain games, dan juga untuk meregangkan otot-otot yang kaku dengan menggerakkan bagian-bagian tubuh yang ketika bermain games tidak banyak digerakkan

9.Tetap Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan tempat atau ruangan yang dipakai untuk bermain games atau game online adalah juga sangat penting, dengan hal tersebut ruangan menjadi rapi dan terlihat teratur sehingga enak dipandang dan juga tidak mengganggu pemandangan Anda. Serta lingkungan tempat kita bermain games pun jadi lebih bersih dan terhindar dari bakteri berbahaya.

10. Mengatur Waktu

Mengatur waktu dalam bermain games terutama game online bertujuan agar jangan sampai berlebihan dalam bermain games, meskipun game itu salah satu pekerjaan utama atau sampingan, namun tetap saja dibutuhkan pengaturan waktu yang pas antara main games, istirahat, makan dan minum, bersosialisasi dan tentu saja untuk Beribadah jangan sampai ditinggalkan begitu saja.
Baca Juga
Semoga Bermanfaat
 Written by Junni Zein
(Media ini adalah sarana Informasi, tidak menggantikan teori dan fakta dari para ahli di bidangnya. Silahkan kritikan dan saran jika terdapat kesalahan dalam penulisan teori dan fakta yang ada. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter ahli di bidangnya untuk mendapatkan informasi terperinci tentang Kesehatan Anda)
Referensi Sumber Bacaan:
Google
gamebrott. com/sehatkan-gaming-mu
antibiotikweb. com/2015/11/cara-menjaga-kesehatan-seorang-gamers.html
bizfishingame. biz/2017/05/04/3-tips-menjaga-kesehatan-secara-alami/
elib.unikom.ac. id/download.php?id=96254
 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*