15 Informasi Unik Tentang Burung Unta (Struthio camelus)

15 Informasi Unik Tentang Burung Unta (Struthio camelus)

Burung yang mempunyai nama latin Struthio camelus ini merupakan burung tercepat didunia, burung ini mempunyai keunikan bukan dengan terbang mengepakan sayapnya, melainkan dengan cara berlari.

Dari banyaknya fakta unik tentang burung unta, berikut ini Junipedia merangkumnya menjadi 15 fakta unik,

Adapun fakta unik dari Burung Unta adalah sebagai berikut:

informasi unik tentag burung unta
informasi unik tentag burung unta
  1. Burung unta merupakan burung terbesar yang masih hidup di dunia ini dan burung unta ini mampu mempunyai ketinggian hingga 2.5 meter.

  2. Walaupun burung tercepat, ternyata burung unta tidak dapat terbang, kareng mempunyai sayap yang lebih kecil dari pada badannya.

  3. Burung unta dapat berlari dengan kecepatan 70 km/jam, dengan panjang langkah hingga 5 m/langkah nya, oleh sebab itu burung ini merupakan tercepat diantara spesiesnya.

  4. Burung unta memiliki 3 lambung sehingga burung ini berbeda dengan hewan lainnya selain itu burung unta juga memiliki sistem pencernaan yang berbeda dengan jenis burung lainnya dimana urine dan kotoran burung unta terpisah.

  5. Burung unta hanya memiliki 2 kuku atau cakar disetiap kakinya, berbeda dengan kebanyakan burung lainnya yang memiliki 4 kuku/cakar disetiap kakinya

  6. Burung unta mempertahankan dirinya dengan tendangan, karena mempunyai kaki yang panjang namun jika merasa terancam ia akan berlari.

  7. Ukuran telur burung unta merupakan yang terbesar diantara jenis unggas lainnya, dengan diameter 15 cm dengan berat hingga 2 lusin jumlah telur ayam.

  8. Indukan burung unta akan menyimpan dan mengerami telurnya secara bersama-sama kata lain satu sarang bisa terdapat 2-3 indukan untuk mengerami dan menjaga telur.

  9. Ukuran sarang burung unta bisa mencapai diameter 3 meter.

  10. Walaupun mengerami secara bersama sama, induk burung unta dapat mengenal telurnya masing masing.

  11. Burung unta jantan dan betina akan bersama-sama membesarkan anak mereka, lama indukan mengerami telur sekitar 35 – 45 hari.

  12. Burung unta dapat bertahan hidup tanpa minum air selama beberapa hari, namun burung unta sangat senang bermain air dan mandi ketika ada air.

  13. Di dataran Afrika terdapat perlombaan pacuan burung unta dengan joki yang duduk di punggung unta untuk menentukan siapa burung unta tercepat.

  14. Untuk membantu sistem pencernaannya burung unta seringkali menelan kerikil kecil atau pasir, Kerikil dan pasir tersebut berguna untuk menggiling makanan mereka di tenggorokan. bahkan burung unta dewasa mampu membawa hingga 1 kg kerikil kecil dalam perut mereka.

  15. Sejak abad 19 burung unta didataran Afrika sudah diternak dan dipanen setiap 7-8 bulan sekali.

Demikian informasi unik tentang burung unta, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *