6 Asupan Sehat pada masa Kehamilan

Asupan Sehat pada masa kehamilan tentu sangat dibutuhkan untuk Ibu hamil. Lalu untuk Bayi yang ada di dalam kandungan juga sangat memerukan konsumsi dari ibunda berupa asupan sehat pada masa kehamilan.
Berbagai macam asupan untuk mendukung kesehatan Ibu hamil dan juga bayi yang dikandung. Tentu saja harus bisa memilah dan memilih mana yang terbaik, dan untuk memilih Asupan sehat pada masa kehamilan juga diperlukan saran-saran terbaik dari Dokter ahli di bidangnya.
 
Pada Masa Kehamilan, para Ibu sebaiknya melakukan penyesuaian pola makan sehat untuk kesehatan sang Ibu dan juga sang bayi di dalam kandungan. Misalkan dengan melakukan diet seimbang untuk Ibu Hamil dan tentu saja memperhatikan Asupan sehat pada masa kehamilan.
Pada Trimester pertama masa kehamilan, salah satu hal penting yang sebaiknya dilakukan adalah Mencegah adanya malnutrisi dan dehidrasi

Berikut Rekomendasi 6 Asupan Sehat pada Masa Kehamilan:

1. Asupan Kalori

Pada masa kehamilan, Pada Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi sekitar 300 kalori lebih banyak dibanding hari biasanya sebelum hamil pada setiap hari.

Misalkan pada saat tubuh merasa tanda-tanda lapar, silahkan makan untuk mencukupi kebutuhan tubuh Anda dan sang bayi di dalam kandungan, sebab sekarang Anda bukan makan untuk sendiri, tapi untuk berdua yaitu dengan sang bayi dalam kandungan.

(“Makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang”)

2. Asupan Kalsium

Pada masa kehamilan di trimester kedua, membutuhkan sekitar 1.500 miligram asupan kalsium pada setiap harinya, untuk tulang dan bayi dalam kandungan. Kalsium bisa didapatkan dari susu, jus atau tablet kalsium.

3. Asupan Serat

Asupan Serat berupa Suplemen seperti Metamucil dan Citrucel diketahui aman untuk dikonsumsi pada masa kehamilan. Asupan Serat juga dapat membantu untuk mencegah sembelit. Serat dapat ditemukan pada buah-buahan, biji-bijian, dan juga sayur-mayur.

4. Asupan Protein

Asupan protein sangat dibutuhkan juga pada masa kehamilan. Asupan protein tersebut bisa didapatkan dari misalnya Gandum, telur, kacang kedelai, brokoli dan semcamnya.

5. Asupan zat Besi

Pada masa kehamilan, untuk menghindari kekurangan zat besi. Sebaiknya mengkonsumsi makanan yang baik yang memiliki asupan dan sumber zat besi yang baik. Pilihan Sayuran berdaun hijau gelap serta daging adalah salah satu sumber zat besi yang baik. Yang harus dihindari adalah Suplemen zat besi, sebab diketahui bisa menyebabkan gejala internal seperti diare, kram, atau konstipasi.

6. Asupan Vitamin

Asupan vitamin yang baik untuk ibu hamil misalnya Vitamin D, Vitamin C Dan Vitamin B6.

Dilansir dan dirangkum dari alodokter, bahwa secara umum, asupan suplemen yang dibutuhkan pada masa-masa kehamilan dianjurkan memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti di bawah ini:

1). 400 unit vitamin D.
2). 250 miligram kalsium
3). 400-800 mikrogram asam folat.
4). 30 miligram zat besi.
5). 2 miligram tembaga.
6). 2 miligram vitamin B6.
7). 15 miligram zinc.
8). 50 miligram vitamin C.

Dari 6 Asupan penting tersebut di atas, haruslah disesuaikan dengan kesehatan tubuh pada Ibu Hamil. Untuk itu sebaiknya konsultasikan dengan dokter ahli di bidangnya agar mendapatkan saran dan resep detail tentang asupan yang bagus dikonsumsi pada masa kehamilan.

Semoga bermanfaat


(Media ini adalah sarana informasi, tidak menggantikan teori dan fakta dari para ahli di bidangnya, silahkan kritikan dan saran jika terdapat kesalahan dalam penulisan dan fakta yang ada. Sebaiknya segera konsultasikan kondisi kesehatan kepada dokter ahli di bidangnya)
Sumber Referensi
Alodokter

 

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *