Tujuh Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami

Penyebab Sembelit dan Tujuh Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami

Penyebab Sembelit, Sembelit adalah, Mengatasi Sembelit, Mengatasi Sembelit secara alami
(Mengatasi Sembelit secara Alami)

Sembelit yang juga disebut Konstipasi adalah Suatu kondisi pada Seseorang yang jarang buang air besar (BAB), Misalnya kurang dari tiga kali dalam waktu satu minggu, dengan beberapa penyebab sehingga BAB tidak setiap hari, misalnya gejala wasir yang justru membuat Seseorang tidak ingin setiap hari BAB dan menahannya, atau juga ketika sulit ketika BAB.

Penyebab Sembelit pun beragam:

1. Penyebab Sembelit bisa dari Makanan
2. Penyebab Sembelit bisa juga dari Stres yang dirasakan
3. Penyebab Sembelit juga bisa dari Lingkungan

Seseorang beresiko mengalami Sembelit jika;

1. Duduk dalam waktu yang cukup lama dan Kurangnya gerak aktivitas
Duduk dalam waktu yang lama misalnya berada di depan komputer atau meja kerja dalam waktu yang lama tanpa jeda atau tanpa diselingi dengan aktivitas lain yang mendorong pergerakan pada tubuh misalnya sambil berjalan mengambil air minum atau yang lainnya dengan tujuan selingan agar tidak lama ketika duduk.
2. Lansia atau Orang tua
3. Seseorang yang Gemuk
4. Wanita Hamil
5. Kurang mengkonsumsi asupan yang berserat
6. Sedang mengkonsumsi Oba*t yang menjadi penyebab sembelit, diantaranya:
Oba*t Anti nyeri, oba*t untuk darah tinggi dan juga oba*t untuk mudah tidur.

Gejala Sembelit bisa terlihat atau dirasakan dari;

1. Ketika BAB merasa sulit atau feses yang keras
2. Bab tidak lancar yang menyebabkan bab hanya beberap kali dalam satu minggu dan tidak setiap hari. Bab yang normal setidaknya satu kali sehari
3. Sakit pada perut dan perut terasa penuh seperti ingin Bab namun tidak bisa
atau ketika setelah Bab masih ada yang terasa kurang puas namun tidak bisa dikeluarkan
4. Adanya dara*h yang keluar ketika Bab atau terjadi setelah Bab.
Sembelit bisa dibagi 2 bagian, yaitu sembelit biasa dan sembelit kronis, jika sembelit biasa, bisa saja berjalan normal dan sembuh dengan sendirinya. Namun jika sembelit terjadi beberapa bulan bahkan sampai waktu 3 bulan, dimungkinkan hal tersebut adalah gejala sembelit kronis yang diperlukan penanganan Khusus.
Terlepas dari Sembelit Kronis dan Biasa, sebaiknya segera konsultasikan masalah kesehatan tersebut dengan dokter ahli di bidangnya.

Ketika mengalami sembelit, bisa juga dengan melakukan sesuatu dengan Tujuh Cara mengatasi Sembelit secara Alami terlebih dahulu yaitu:

1. Mengkonsumsi Air putih yang cukup atau bisa ditambah porsi misal sehari menjadi 2 liter air putih.

2. Mengkonsumsi asupan Serat dan Sayur Mayur juga Buah-buahan

Asupan serat memiliki kandungan Laksatif alami yang berfungsi untuk mengatasi sembelit.

Mengkonsumsi serat sebanyak kisaran 20-35 gram dalam setiap harinya itu lebih baik.

Buah-buahan seperti Buah Apel dan Anggur yang mana kulitnya juga dapat dikonsumsi. Bisa juga mengkonsumsi buah-buahan sehat lainnya

Sayur Mayur seperti yang berdaun hijau gelap, misanya Selada, bisa juga sayuran lainnya seperti bayam, brokoli dan wortel yang mudah didapatkan di warung atau di minimarket atau juga di pasar sayuran

3. Hindari mengkonsumsi Keju dan produk olahan yang terbuat dari Susu, sebab keju dan produk olahan susu diketahui mengandung Laktosa, yang mana Laktosa ini dapat menjadi penyebab perut kembung, menimbulkan adanya gas, dan Konstipasi untuk beberapa Orang tertentu

4. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji, yang mana hal ini bisa berdampak pada Sembelit menjadi Kronis, sebab tidak banyak memiliki Nutrisi namun memiliki lemak yang tinggi dan rendah akan serat

5. Rajin bergerak dan berolahraga secara teratur, dengan tujuan kesehatan dan juga menguatkan usus dengan efek positif dari usus yang kuat dan sehat adalah mudah mengeluarkan kotoran yang ada di dalam tubuh dengan lancar Bab.

6. Mengatur dan mengetahui ritme tubuh
Tujuannya adalah untuk mengetahui kapan Anda merasakan ingin Bab, dan sebaiknya tidak ditahan, waktu normal untuk Bab adalah 1 kali sehari, bisa juga untuk beberapa orang 1-2 kali dalam sehari, namun hal ini tidak perlu dicemaskan selama tubuh Anda merasa nyaman setelah Bab dan tidak ada efek samping yang lain seperti sulit Bab meski Bab hanya 1 kali dalam 3 hari, atau juga tidak memiliki Gejala Ambien atau Wasir yang jika Bab ditahan dan Dipaksakan maka dikhawatirkan gejala ambien dan wasir akan kambuh.

7. Ketika Bab, sebaiknya menggunakan Toilet Jongkok, sebab diketahui toilet jongkok, ketika Bab secara jongkok (bukan di toilet duduk) akan membantu meningkatkan adanya tekanan pada usus yang akan mempermudah Bab

Beberapa cara mengatasi Sembelit seperti di atas patut diterapkan jika baru saja mengalami gejala Sembelit, dan jika tidak mempunyai efek dan pengaruh positif, atau Anda masih ragu, sebaiknya Konsultasikan dengan dokter terdekat atau dokter ahli di bidangnya.
Silahkan kritikan dan saran jika terdapat kesalahan dalam penulisan teori dan fakta yang ada, Media ini adalah sarana informasi, tidak menggantikan teori dan fakta dari para ahli di bidangnya. sumber foto image google, id wikipedia.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *