8 Fakta medis Manfaat Kurma, yang sesuai anjuran Rasul untuk dikonsumsi dan berbuka puasa serta Sahur Bulan Ramadhan, mungkin salah satunya Anda ketahui

8 Fakta medis Manfaat Kurma, yang sesuai anjuran Rasul untuk dikonsumsi dan berbuka puasa serta Sahur Bulan Ramadhan, mungkin salah satunya Anda ketahui

Manfaat kurma tentu sudah banyak diketahui, meski buah yang bernama Dactylifera Phoenix ini lebih sering didapatkan pada Bulan Ramadhan, namun mengkonsumsinya pada hari-hari biasa juga sangat mengesankan manfaatnya.

Berbukalah dengan yang manis, buka puasa 2018
Berbukalah dengan yang manis

Manfaat kurma tentu banyak memiliki alasan yang membuat buah Kurma menjadi sangat istimewa jika dilewatkan mengkonsumsinya, terlebih lagi pada bulan puasa 2018 ini tentu banyak hal didapat ketika sahur atau buka puasa dengan memetik manfaat kurma

Dilihat dari Fakta Medis tentang manfaat kurma, tentu hal ini sesuai dengan anjuran Rasul, yang mungkin telah Anda ketahuai atau bahkan ada yang belum diketahui

Berikut 8 Fakta medis dan sesuai anjuran Rasul tentang keistimewaan dari buah Kurma serta Kandungan Istimewa buah Kurma yang begitu besar kita dapatkan dari Manfaat Kurma:

1. Buah Kurma adalah buah yang kaya Serat, protein serta lemak

2. Buah Kurma memiliki beragam kandungan vitamin serta Mineral.

Vitamin yang terkandung berupa Vitamin A, B1, B2, B3, B6

3. Buah Kurma juga mengandung zat besi, belerang, fosfor, kalsium, kalium, magnesium, natrium,klorin serta Beta Karoten.

4. Buah Kurma juga memiliki manfaat besar untuk Ibu Hamil.

5. Manfaat Kurma untuk Puasa

Sesuai anjuran dari Sabda Nabi Muhammad S.A.W :

Jika salah seorang di antata kalian berbuka puasa, maka makanlah buah Kurma, karena ia (buah kurma) Mengandung keberkahan“. (HR. Abu Daud)

(Baca juga:Bacaan Lafadz dan niat puasa dan berbuka puasa, pengucapan lafadz dan niat itu berbeda, jangan salah praktek)

6. Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Rekomendasi medis tentang manfaat buah Kurma yaitu dari American Cancer Society:

“Asupan serat 20-35 gram/hari dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi Buah Kurma”

Banyak Peneliti menekankan akan Manfaat Kurma adalah sebuah makanan yang sempurna terutama untuk pengobatan 100 penyakit lebih.

7. Manfaat Kurma yang tersedia di rumah:

Jauh sebelum penelitian medis, Rasulullah sudah menegaskan tentang manfaat kurma dan salah satunya adalah:

“Tidak akan kelaparan Rumah Tangga Seseorang yang memiliki kurma di dalamnya”. (HR. Muslim)

8. Manfaat Kurma membantu menghindari adanya Gangguan Jin bahkan sebagai salah satu ikhtiar agar terhindar dari Sihir

Sabda Nabi Muhammad S.A.W :

Barang siapa mengkonsumsi 7 (tujuh) butir kurma Ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupin sihir“. (HR. Bukhari&Muslim)

Bahkan, ALLAH S.W.T telah berfirman Dalam Al-Qur”an surah Yaasin 34-35 , Yang artinya:

“Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air, supaya mereka dapat makan dari buahnya, dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka. Maka mengapakah Mereka tidak bersyukur?” (Al-Qur”an Surah Yaasin, Ayat 34-35)

Maka jika begitu sudah sangat diperkuat dengan Al-Qur’an dan Hadits, serta Fakta medis tentu saja Keistimewaan yang dapat dipetik dari manfaat kurma terutama untuk berbuka puasa dan juga sahur, tentu saja setidaknya akan menghilangkan rasa ragu untuk mengkonsumsi Kurma, terlebih lagi pada Bulan Puasa 2018 ini.

Tim Penulis Junipedia pun menyukai buah kurma ini, baik pada bulan puasa ataupun di bulan lainnya. Sebab, selain memiliki banyak manfaat kurma, buah ini termasuk makanan atau camilan yang mudah dan simple untuk dibawa, sehat untuk dikonsumsi.

Pada saat bulan puasa, Penulis biasanya mengkonsumsi buah kurma ketika bedug maghrib 1-3 buah dengan es buah atau hanya dengan air putih, lalu lanjut akifitas dan tidak langsung makan makanan berat, dengan tujuan agar perut tidak kaget setelah hampir seharian berpuasa, jadi cukuplah kurma dan air putih sebagai menu pembuka atau takjil ramadhan ketika berbuka puasa.

Wallahua’lam bissawaab

Media ini adalah sarana informasi, Silahkan kritikan dan saran jika terdapat kesalahan dari teori dan fakta yang ada


Referensi Sumber : Junipedia-personal experience, google, site:hidayatullah

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *