junizein 20 April 2018

Bagaimana cara agar anak aman bermain internet dan Sosial Media 

Anak Aman bermain Sosial Media dan Cara pengawasan terhadap anak yang sedang online bermain di internet ini mungkin sangat bermanfaat untuk Anda yang mempunyai anak kecil yang sudah mulai mengenal komputer dan internet, bahwa anak-anak termasuk pengguna komputer paling banyak yang menjadi korban di Internet terutama di media sosial saat ini. Ada beberapa langkah mudah yang dapat diterapkan sebagai upaya melindungi anak-anak dari pemangsa s*ksual, hack*r, dan individu lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan pada anak Anda. yaitu diantaranya:
internet safety, internet for kids, keamanan internet untuk anak, internet untuk anak, tips anak bermain internet, cara agar anak aman bermain internet, bermain internet, dampak intenet, manfaat internet, sosial media, social media, media sosial
(Anak kecil dan laptop, picture by pixabay. com)

Tips Anak Aman Bermain Sosial Media dan Internet

1. Mencegah akses Anak-anak untuk mengetahui password (kata sandi) untuk masuk ke komputer/smartphone.

internet safety, internet for kids, keamanan internet untuk anak, internet untuk anak, tips anak bermain internet, cara agar anak aman bermain internet, bermain internet, dampak intenet, manfaat internet, sosial media, social media, media sosial
(Internet protection, picture by pixabay. com)
Anak Aman bermain Sosial Media yang perlu diterapkan adalah mencegah akses password untuk masuk ke komputer atau smartphone. Bukan anak tidak boleh menggunakan, namun menggunakannya tentu harus sepengatahuan Orang tua, sebab Anak akan meminta bantuan Orang tua untuk memasukkan password yang tidak diketahuianya. Hal ini bertujuan juga mencegah anak-anak berbagi password dengan orang lain yang bisa saja kemungkinan dapat mengaktifkan peretasan ke sistem komputer Anda. Anak tidak perlu mengetahui password yang digunakan untuk mengakses komputer dan internet.
Anak Aman bermain Sosial Media dengan cara tersebut. Mungkin dengan cara memakai kata sandi akan sedikit merepotkan untuk Anda. Tapi hal ini akan jauh lebih baik untuk menghindari Anak-anak Anda mengakses komputer dan internet tanpa sepengetahuan Orang tua, agar Anak Aman bermain Sosial Media.

2. Gunakan komputer dan internet secara bersama-sama.

Dengan cara membimbing anak untuk membuat keputusan yang aman ketika memang ingin mengakses internet. Dengan tujuan Anak Aman bermain sosial media, Misalkan mengetahui situs apa yang Anak Anda kunjungi, tentu saja harusnya situs yang positif dan bermanfaat untuk pelajaran dan perkembangan usia anak.

3. Melakukan pemblokiran akses menuju area yang tidak tepat untuk anak ketika berselancar di internet.

Sebab, sebagai Orang tua yang juga wajib mendidik anak, Anda memegang penuh kendali dan Anda bertanggung jawab atas apa yang telah diakses anak Anda. Dengan menggunakan perangkat Online yang banyak disediakan untuk memproteksi situs yang dikunjungi terutama untuk anak-ana. Akan tetapi, tidak ada alat di internet yang lebih canggih yang dapat menggantikan peranan Orang tua dalam memantau aktivitas Anak di internet itu sendiri agar Anak Aman bermain sosial media.

4. Sebaiknya tidak membiarkan anak-anak berkomunikasi dengan orang yang tidak dikenal atau baru saja dikenal,

Dan jangan pernah meninggalkan anak-anak sendiri ketika berhadapan dengan media sosial atau internet.

internet safety, internet for kids, keamanan internet untuk anak, internet untuk anak, tips anak bermain internet, cara agar anak aman bermain internet, bermain internet, dampak intenet, manfaat internet, sosial media, social media, media sosial
(Interaksi di internet dengan orang yang tidak dikenal, picture by pixabay. com)

Sebab, pada umumnya Anak-anak belum memiliki pengalaman yang cukup seperti yang dimiliki orang dewasa dan kadang anak-anak belum mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk menangani sebuah percakapan di internet, baik itu sosial media atau email, atau bahkan foto-foto yang tidak pantas dilihat di internet.

5. Terapkan beberapa tools seperti browser website khusus untuk anak yang mengunjungi situs web tertentu yang telah disetujui.

Dan ada juga plug-in browser internet yang berfungsi untuk tidak mengizinkan akses anak-anak ke area online yang berisi kata kunci terlarang ketika anak mengetikkan kata kunci tersebut, sehingga tidak bisa diakses.

6. Diperlukan untuk mengajarkan kepada anak-anak Anda agar sebaiknya jangan pernah memberi informasi yang pribadi secara umum di internet.

Bagaimanapun keadaannya, jika Anak harus memberikan informasi pribadi, misalkan ketika anak mendaftar pada sebuah situs yang positif, sebaiknya pastikan bahwa Orang tua lah yang harus melakukannya, demi keamanan privasi keluarga.

Mungkin saja untuk beberapa Orang dalam melakukan beberapa langkah tersebut tidak mudah. Akan tetapi, hal ini diharapkan dapat membantu cara memantau Anak ketika berselancar di dunia maya, lalau sebaiknya Orang tua memang memberikan penjelasan tentang alasan mengapa Orang tua ikut campur untuk urusan anak ketika online di internet.

Pada usia Anak-anak yang masih terbilang kecil, bisa saja mereka menikmati waktu yang Orang tua habiskan bersama di depan komputer dan internet, akan tetapi bagi usia anak-anak yang sudah mencapai masa remaja mungkin tidak menyukai hal ini. Jadi Anda sebagai Orang tua perlu sesekali memberikan contoh tentang akibat dari Anak berselancar di internet tanpa adanya pengawasan dari Orang tua.

Cara selanjutnya dalam beberapa langkah untuk memantau anak ketika berselancar di internet adalah

7. Memantau Blog atau Website dan media sosial Anak 

internet safety, internet for kids, keamanan internet untuk anak, internet untuk anak, tips anak bermain internet, cara agar anak aman bermain internet, bermain internet, dampak intenet, manfaat internet, sosial media, social media, media sosial
(Pantai Blog dan Sosial media anak, picture by pixabay. com)

Ketika sebuah Blog bertambah populer tidak hanya di kalangan orang dewasa, namun anak kecil juga bisa tertarik dengan “nge-blog“. seperti dengan adanya situs jejaring sosial yang sedang berkembang pesat saat ini, menjadi salah satu faktor penyebab Pengguna internet dapat emiliki berbagai pilihan yang tersedia untuk memposting dan memelihara sebuah akun dan blog. Setelah anak-anak melihat media sosial dan blog orang lain, maka akan tidak mungkin anak akan tertarik membuat akunnya sendiri.Alasan untuk bersosial di intenet adalah salah satu alasan utama mengapa Anak membuat akun sosial media atau juga blog. Meskipun diketahui terdapat banyak manfaat yang diperoleh dari “nge-blog“, namun tentu saja ada resiko tersendiri jika salah dalam menggunakannya. Jadi, para Orang tua harus lebih berhati-hati untuk tetap memonitor akun media sosial serta blog anak yang dimiliki.

Beberapa cara memantau akun blog atau Website dan sosial media anak yaitu:

internet safety, internet for kids, keamanan internet untuk anak, internet untuk anak, tips anak bermain internet, cara agar anak aman bermain internet, bermain internet, dampak intenet, manfaat internet, sosial media, social media, media sosial
(Interaksi di internet dan sosial media, picture by pixabay. com)

1. Sebaiknya bicarakan tentang tujuan dan keinginan anak ketika ingin membuat blog dan sosial media

Langkah awal ini yaitu Orang tua harus berbicara pada anak tentang apa yang diinginkan anak dari internet dan blog serta media sosial tersbeut. Hal tersebut sangat penting sebab dari pembicaraan tersebut dapat  menjadi dasar bagi anak dalam berperilaku online di internet. Orang tua harus memberitahu tentang bahaya jika salah dalam menggunakan akun sosial media dan blog serta beragam manfaat yang didapatkan jika menggunakan blog dan media sosial dengan benar.

Jika anak tetap ingin membuat akun media sosial atau blog, Orang tua harus terlibat dalam proses pembuatan akun mulai dari pertama. Orang tua diharapkan dapat memberikan panduan yang sesuai tentang cara “nge-blog” dan bermedia sosial yang baik. Sebagai Orangtua harus lebih bisa menempatkan batasan-batasan pada isi sebuah akun media sosial atau blog dan harus memberi masukan kepada anak agar tetap merahasiakan informasi yang sangat pribadi di internet

2. Mengatur waktu dengan teratur dalam Meninjau akun sosial media dan Blog Anak

Setelah membahas manfaat dan bahaya jika salah salam menggunakan blog dan akun sosial media, Orang tua harus memberikan aturan mendasar tentang isi sebuah blog dan sosial media, dan juga sebaiknya rutin mengunjungi blog dan akun sosial media anak dengan tujuan agar mengetahui bahwa aturan dari Orang tua sudah diterapkan oleh anak. Mengunjungi blog dan akun sosial media dengan teratur sebaiknya tanpa sepengetahuan anak agar menghindari kebencian anak pada kita yang terlihat melarang. Dan hal ini diharapkan dapat membantu mencegah anak-anak untuk mengubah akun sosial media dan blog yang kita awasi.

3. Sering memantau akunnya 

Para Orangtua harus sering dalam hal memperhatikan segala macam rutinitas sosial media dan blog pada anak-anak. Hal tersebut termasuk hal yang penting, sebab informasi di internet yang dilihat oleh anak, bisa saja berbahaya bagi mereka. Sebab dalam ber-media sosial atau blog, bisa saja saling berkomentar yang tidak tepat yang justru akan membahayakan pribadi anak sendiri kedepannya.Demikian cara dan langkah – langkah yang dapat diterapkan dari sekian banyak cara lainnya dalam hal Bagaimana cara agar anak aman bermain internet dan media sosial, semoga bermanfaat


Jangan Khawatir facebook diblokir, login dengan cara ini dan simak 20++ alternatif sosial media populer dunia

7 Foto Meme Kids Zaman Now yang tidak Untuk ditiru

Aplikasi iPhone Pemutar Lagu Canggih Sesuai Mood

Tips Jitu Lacak Smartphone Androidmu yang Hilang


Written by JunniZein
Silahkan saran dan kritikan jika terdapat kesalahan dalam penulisan
Sumber bacaan; Google, Arsip

 

 

3 thoughts on “Bagaimana cara agar anak aman bermain internet dan Sosial Media 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*