Cara mengobati Penyakit Stroke dengan Herbal Daun Pelawan

Bagaimana mengobati penyakit Stroke dengan Herbal Daun Pelawan?

Bagaimana mengobati penyakit Stroke dengan Herbal Daun Pelawan?
(Stroke)

Bagaimana mengobati penyakit Stroke dengan Herbal Daun Pelawan?

Mengatasi penyakit stroke yang dapat menyerang Orang tua dan bahkan di usia muda, memang menjadi hal-hal yang sangat perlu dilakukan. Mengatasi stroke dengan cara herbal adalah salah satu cara dari banyak cara yang digunakan untuk mengobati penyakit stroke. Salah satunya adalah dengan cara Herbal menggunakan Daun Pelawan, dan masyarakat lebih mengenal Madu Pelawan sebagai Herbal. Bahwa Daun pelawan (Tristaniopsis whiteana) diketahui dengan bukti Studi kasus yang tersebut dalam penjelasan di bawah, dapat membantu mengatasi penderitaan akibat dari stroke Hingga dapat menjadi Obat Anti acne (anti jerawat)

Baca Juga Artikel lainnya:
Mengenali dan Mencegah Gejala Mesothelioma

Dilansir dan dihimpun dari Majalah Trubus, Menurut dr Arijanto Jonosoewojo, SpPD, dokter spesialis penyakit dalam, Rumah Sakit dr Soetomo, bahwa adanya kelumpuhan akibat stroke dapat terjadi dikarenakan sel-sel otak rusak. Hal tersebut akibat adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang terdapat di otak, sehingga sel-sel otak tidak mendapat pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup.

Dalam ilmu Kedokteran, ada 2 jenis penyakit Stroke, yaitu :

1.    Penyakit Stroke Iskemik
Stroke Iskemik dapat terjadi apabila pasokan oksigen terhambat yang diakibatkan dari adanya penyumbatan pada pembuluh darah.
2.    Penyakit Stroke Hemoragik.
Stroke Hemoragik dapat terjadi apabila pembuluh darah yang bertugas memasok darah ke otak tersebut pecah.

Beliau menuturkan bahwa Seseorang dapat berisiko terkena serangan penyakit Stroke jika mengalami 2 dari 5 riwayat kesehatan yang buruk, seperti:
1.    Hipertensi
2.    Kolesterol yang tinggi
3.    Diabetes mellitus
4.    Per*k*k
5.    Kegemukan

Pasien diabetes dapat berisiko terserang stroke disebabkan kadar gula yang tinggi yang dapat menyebabkan pergentalan darah, sehingga dapat terjadi penyumbatan pada pembuluh darah. Selain itu, tekanan darah yang tinggi juga dapat memicu stroke, sebab dapat melemahkan pembuluh darah, yang berakibat adanya pecah dan penyembitan pada pembuluh darah tersebut.

Bagaimana mengobati penyakit Stroke dengan Herbal Daun Pelawan?
(Stroke, picture by commons.wikimedia. org)

 Tanda-tanda harus berhati-hati terkena Stroke apabila:

1.    Sakit kepala yang tidak tertahankan
2.    Linglung
3.    Tubuh mudah lelah


Manfaat Pohon dan Daun Pelawan

Pohon Pelawan merupakan tanaman khas dari Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia.

1.    Manfaat Daun Pelawan


A.    Anti Jerawat

Ampas seduhan Pelawan dapat digunakan untuk mengusir adanya jerawat. Dengan cara Dioleskan pada wajah, kemudian bilas dengan air sampai bersih. Daun pelawan berkhasiat juga sebagai anti bakteri (tutur Ahmad Jumat Suhada, Pelestari Pohon di Pangkalpinang, Provinsi Banka Belitung, Indonesia).
B.    Anti hipertensi
C.    Menurunkan demam
D.    Memperkuat limpa

2.    Manfaat Kulit Pohon Pelawan

Dapat menjadi obat antimalaria dan anti bakteri
Menurut Luissa Verotta dan rekan, dari Departemen Organik dan Industri Kimia, Institut Ilmu Farmasi, Universitas Milan, Italia, melaporkan bahwa ekstrak Metanol daun dan kulit kayu Tristaniopsis Calobuxus, T. Yateensis, dan T. Glauca, dapat berpotensi sebagai obat anti malaria. Khasiat tersebut berkat adanya Kandungan asam elagik dan senyawa 3,4,5—Trimethosyphenyl—(6’-0-galloy)-0-ß-d-glukopyranoside yang berperan aktif untuk menghambat adanya Pertumbuhan Plasmodium Falciparum—Parasit Penyebab Malaria.

3.    Manfaat getah dari pohon Pelawan

Dapat mengatasi adanya kutil
Menurut Seorang Pemilik toko herbal di Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Indonesia, Novian Yatrizal, bahwa Penduduk setempat menggunakan getah dari batang Pelawan untuk mengobati kutil. Mengoleskan Getah pohon Pelawan di seluruh permukaan kutil atau luka di atas permukaan kulit. Luka yang ada pada kulit juga cepat kering setelah diolesi getah Pelawan tersebut.

Meskipun Daun Pelawan dapat membantu untuk mengobati Stroke, namun hal ini belum begitu terungkap. Sebab uji ilmiah daun pelawan masih terbatas jumlahnya.
Menurut Peneliti Madya dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan di Kota Bogor, Jawa Barat, Dr Yelin Adalina SSI, MSi, riset tentang khasiat daun Pelawan tersebut masih sedikit, “ Sebagian besar penelitian untuk meneliti manfaat madu Pelawan”, kata doktor alumnus Institut Pertanian Bogor.

Dan menurut Rahmawati Januar dan rekan Program Studi Biologi, Universitas Riau, mewanti-wanti agar berhati-hati dalam mengkonsumsi daun pelawan (Tristaniopsis whiteana) dalam waktu yang panjang, sebab mengkonsumsi dalam jangka panjang bisa saja memiliki efek Toksik pada Hati.

Terlepas dari hal itu, sesuai yang dilansir dan dihimpun juga dari Majalah Trubus, sebuah studi kasus menginformasikan bahwa pada tahun 2016, seseorang yang dikenal bernama Asep mendapat saran dari seorang temannya untuk mengkonsumsi air rebusan dari Daun Pelawan (Tristaniopsis whiteana)  tersebut, dan diketahui banyak tumbuh di hutan-hutan di Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, lahan kosong dan pekarangan.

Cara merebus Serbuk Daun Kering Pelawan sebagai salah satu pilihan Herbal Obati Penyakit Stroke:

1.    Serbuk Daun Pelawan yang kering tersebut diseduhkan oleh istrinya sebanyak 1 sendok makan dengan air panas dan
2.    Dibiarkan selama kurang lebih 5 menit,
3.    Lalu setelah air seduhan berubah warna menjadi warna kecoklatan dan hangat, Acep meminumnya 3 kali dalam sehari,
Lalu ia mulai merasakan tubuhnya membaik pada hari ke-6 setelah mengkonsumsi ari rebusan serbuk daun kering Pelawan tersebut. Acep bisa melangkah sedikit demi sedikit dan setelah 2 pekan kemudian Acep merasakan tubuhnya menjadi bugar, serta setelah 1 bulan mengkonsumsi air rebusan serbuk daun pelawan kering tersebut, Acep mengatakan “Saat ini Saya bisa beraktivitas layaknya Orang sehat”.

(Sebaiknya jika ingin menggunakan obat dan herbal, harus sesuai dengan resep dan keterangan dari dokter ahli, informasi di atas adalah informasi dari seseorang yang pernah mengkonsumsi, mungkin tidak berlaku untuk semua orang atau memiliki efek-efek tertentu, untuk itu disarankan agar berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli kesehatan)

Daun Pelawan memiliki Senyawa aktif
Seorang Pelestari Pohon dari Pangkalpinang, Provinsi Banka Belitung, Indonesia, Ahmad Jumat Suhada, menjadikan dirinya sendiri sebagai “kelinci percobaan”, ketika daun pelawan tidak sepopuler sekarang ini, beliau menyeduh beberapa lembar Daun Pelawan tersebut lalu meminum ari seduhannya itu. Suhada mengatakan, “Keringat akan bercucuran sebagai tanda proses pengeluaran racun sedang berlangsung, tidur pun lebih lelap sehingga tubuh terasa segar”.

Suhada juga terdorong untuk menyingkap rahasia dari khasiat Daun Pelawan tersebut, lalu ia membawanya ke Laboratorium Pusat Studi Biofarmaka, Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat, Indonesia.

Dari hasil riset Ilmiah Pusat Studi Biofarmaka tersebut Membuktikan, bahwa serbuk dari Daun Pelawan Kering memiliki kandungan :

1.    Flavonoid 0,03%

Flavonoid adalah salah satu antioksidan yang berperan penting dalam menangkal adanya radikan bebas dalam tubuh. Radikan bebas diketahui dapat menyebabkan metabolisme lemak, dan kolesterol terganggu, yang dapat mengakibatkan mudahnya terjadi penumpukan pembuluh darah.

Menurut Aedin Cassidy, dari Departemen Nutrisi, Sekola Medis Norwich, Inggris, mengkonsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan Flavonoid sebanyak 3 sampai 5 kali setiap harinya, dapat berpotensi mengurangi resiko dari terserang stroke sebanyak 11 %, dan jika mengkonsumsi lebih dari 5 kali dalam sehari dapat mengurangi hingga 26% resiko stroke tersebut.

2.    Saponin 0,95%
Saponin diketahui dapat melindungi otak dari kerusakan akibat serangan Stroke Iskemik.

Hal ini sejalan dengan Riset Ling Geng Yan dan rekan, dari Sekolah Farmasi, Universitas Nanjing, Tiongkok.
Ling Geng Yan membuktikan (eksperimen) adanya pemberian Saponin dapat meluruhkan sumbatan yang terjadi pada pembuluh darah tikus yang menderita stroke iskemik.

3.    Protein 6%

4.    Tanin 1,04%

Tanin yang lebih dikenal dengan asam tanat, adalah senyawa kimia yang dapat berperan menjadi ativirus, dan antibakteri serta anti tumor.

Dari Data Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan 2013, menyebutkan adanya pasien stroke di Indonesia meningkat dari 8,3% di tahun2007, menjadi 12,1% per 1000 penduduk di tahun 2013. Jumlah penderita Stroke terbanyak tersebut ada di Provinsi Jawa Barat, yaitu mencapai 33,895 Orang penderita Stroke. Oleh sebab itu, Daun Pelawan dapat menjadi salah satu obat herbal dalam mengatasi penyakit Stroke. Terlebih lagi cara membuat rebusan daun pelawan in terbilang mudah. Selain mengobati stroke, Daun pelawan terbukti secara ilmiah dapat mengatasi Batu Ginjal, antibakteri, dan juga mengobati Malaria.

Dari berbagai macam manfaat Daun Pelawan untuk Kesehatan tersebut di atas, diulangi lagi bahwa Sebaiknya jika ingin menggunakan obat dan herbal, harus sesuai dengan resep dan keterangan dari dokter ahli, informasi di atas adalah informasi dari seseorang yang pernah mengkonsumsi, mungkin tidak berlaku untuk semua orang atau memiliki efek-efek tertentu, untuk itu disarankan agar berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli dan ahli kesehatan terkait.

Semoga bermanfaat

Written by JunniZein

Silahkan kritikan dan saran jika terdapat kesalahan dalam penulisan teori dan fakta yang ada.
Media ini hanyalah Sarana Informasi, Tidak bermaksud menggantikan Teori dari para Pakar dan Profesional di bidangnya.
(Sumber bacaan: Majalah Trubus, 564, Edisi November 2016, hal 8-13)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *