Yuni Rizani, S.I.Kom 2 Agustus 2018

Waspadai Bahaya Antibiotik Bagi Anak

Bahaya Antibiotik untuk Anak harus diketahui oleh para Orang tua. Sebab, sekarang ini, anak-anak memang cenderung lebih mudah dan juga sering mengalami infeksi.

Bahaya antibiotik untuk Anak, meskipun pada umumnya orangtua berpikir bahwasannya antibiotik akan memberikan pengobatan yang jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan jenis obat lainnya, namun perlu diketahui juga tentang efek samping antibiotik untuk anak terutama bayi.

Sebab pada kenyataannya infeksi bisa saja disebabkan oleh virus atau pun bakteri, sedangkan antibiotik hanya untuk infeksi bakteri saja.

Bahaya Antibiotik untuk Anak seperti pada penjelasan berikut ini adalah tentang beberapa efek bahaya antibiotik pada kesehatan anak.

Kami informasikan selengkapnya untuk Anda agar mengetahui tentang Bahaya Antibiotik untuk Anak.

6 Macam Efek dan Bahaya Antibiotik untuk Anak Jika Tidak Sesuai Resep

1. Bahaya Antibiotik untuk Anak yaitu bisa membuat Overdosis

Apabila dokter anak Anda memberikan resep antibiotik, maka berhati-hatilah untuk tidak melebihi dosis yang telah dianjurkan.

Sebagian besar paket antibiotik ini memiliki ukurannya sendiri-sendiri.

Hal ini akan jauh lebih baik dengan menggunakan pengukuran daripada sendok. Overdosis akan menyebabkan masalah pada kesehatan anak yang lebih serius.

2. Bahaya Antibiotik untuk Anak – Resistensi obat

Untuk setiap antibiotik mempunyai aturan pakai beberapa ahli. Dokter akan meresepkan secara khusus dan Anda wajib mengikutinya dengan benar.

Bila resep tersebut untuk 5 hari, maka berikan selama 5 hari, jangan hentikan sebelum 5 hari, bahkan walaupun anak Anda sudah jauh lebih baik.

Apabila Anda menghentikan sebelum waktunya, bisa saja akan menyebabkan pembentukan bakteri resisten, sehingga kebutuhan akan antibiotik menjadi lebih kuat untuk berikutnya.

3. Bahaya Antibiotik untuk Anak, bisa Kehilangan flora normal

Bahkan saat antibiotik dirancang untuk bertindak dalam melawan bakteri yang berbahaya, hal ini bisa berpengaruh pada flora normal usus.

Bakteri ramah usus normal sangat penting sekali untuk fungsi tubuh yang sehat. Ini merupakan salah satu bahaya yang paling umum dari antibiotik bagi anak-anak.

4. Bahaya Antibiotik untuk Anak menyebabkan Diare

Diare merupakan keluhan umum saat anak-anak yang menggunakan
antibiotik.

Kerusakan pada flora normal usus merupakan alasan utamanya. Mengambil suplemen vitamin bersama dengan antibiotik merupakan salah satu pilihan yang paling tepat untuk mencegah hal ini.

5. Bahaya Antibiotik untuk Anak yaitu Dapat Menyebabkan Alergi

Beberapa anak akan mengembangkan reaksi alergi terhadap antibiotik seperti halnya dengan penisilin.

Hal Itu disarankan untuk bisa  menanyakan atau menginformasikan kepada dokter Anda, apabila anak-anak menunjukkan gejala alergi ketika mengkonsumsi obat-obatan.

Itulah 5 bahaya antibiotik bagi anak-anak yang bisa Junipedia informasikan kepada Anda, semoga saja bisa bermanfaat.

1 thought on “Ketahui 6 Efek Bahaya Antibiotik untuk bayi dan Anak

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*