Yuni Rizani, S.I.Kom 1 Agustus 2018

Mitos atau Fakta?Bahaya Senyawa Buah Durian untuk Ibu Hamil,

 

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Salah satu Buah yang tidak boleh dimakan Ibu Hamil adalah buah durian. Buah Durian mengandung zat Alkoho*l dan Zat Asam Arachidonat yang tentu saja akan berdampak pada kehamilan.
Ibu Hamil, picture by pixabay

Bahaya buah durian untuk ibu hamil pada masa Kehamilan tentu harus diketahui lebih detail, sebab kehamilan merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh para Orang tua, terlebih lagi untuk pasangan yang baru saja menikah.

Bahaya buah durian untuk Ibu Hamil apalagi Jika telah tiba masa kehamilan, tentu beragam hal yang dirasakan ibu Hamil, mulai dari mual dan juga enek terhadap suatu makanan, dan juga “ngidam” terhadap sesuatu makanan seperti ngidam buah durian, namun ada beberapa makanan dan buah-buahan yang perlu dihindari pada masa kehamilan, salah satu Buah yang tidak boleh dimakan Ibu Hamil adalah buah durian.

Lalu jika ingin buah durian saat Hamil, Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Berapa porsi makan durian untuk ibu hamil? Dan adakah batasan makan durian untuk Ibu hamil?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Salah satu Buah yang tidak boleh dimakan Ibu Hamil adalah buah durian. Buah Durian mengandung zat Alkoho*l dan Zat Asam Arachidonat yang tentu saja akan berdampak pada kehamilan.
Buah Durian, picture by pxhere

Pengaruh dan  efek makan Buah durian buat kehamilan

Buah Durian dapat berpengaruh pada kesehatan Janin Ibu hamil.

Meskipun Buah Durian tidak memberikan dampak yang sangat buruk jika dikonsumsi Ibu Hamil.

(Baca juga : Pantangan makanan yang sebaiknya dihindari ibu Hamil)

Lalu walaupun ada yang mengatakan makan durian dilarang saat hamil hanyalah mitos, namun perlu diketahui bahwa kandungan yang dimiliki Buah Durian mengandung zat Alkohol dan Zat Asam Arachidonat yang tentu saja akan berdampak pada kehamilan.

Senyawa Buah Durian dapat merangsang kontraksi ibu Hamil

Ketika Ibu Hamil makan Durian, dikhawatirkan akan terjadi kontraksi dari efek Zat Asam Arachidonat tersebut.

Yang mana diketahui bahwa Zat Asam Arachidonat yang dimiliki Buah Durian adalah senyawa yang dapat menjadi penyebab Pembentukan Prostaglandin (senyawa yang dapat merangsang adanya kontraksi) yang berdampak buruk mengakibatkan bahaya yang sangat fatal pada Ibu Hamil, yaitu hal terparah yang tidak diharapkan adalah keguguran. atau terjadi kelahiran yang Prematur.

Buah Durian untuk Ibu Hamil memang tidak disarankan dikonsumsi, sebab selain Buah Durian memiliki kandungan Zat Asam Arachidonat  yang berdampak buruk untuk Kehamilan, pada saat Ibu Hamil Makan durian yang memiliki kandungan zat Alkohol, dikhawatirkan akan berdampak pada perkembangan Janin yang terganggu yang mengakibatkan juga hal yang fatal yaitu kelahiran Prematur.

Hindari Durian saat hamil jika memiliki riwayat Diabetes

Terlebih lagi untuk Ibu Hamil yang memiliki riwayat penyakit Diabetes, sebaiknya berfikir ulang untuk mengkonsumsi Buah Durian pada masa Kehamilan.

Baca Juga artikel kehamilan lainnya: Asupan yang disarankan untuk Ibu Hamil

Tips Porsi  dan batasan Makan durian untuk Ibu Hamil

Namun jika memang Ibu Hamil sangat ingin merasakan Buah Durian dengan alasan “ngidam”, sebaiknya konsumsi secukupnya saja misalnya hanya mencobanya walau secuil, yang penting mencoba walaupun sedikit,

Mengkonsumsi Buah Durian untuk Ibu Hamil sebaiknya sangat sedikit dan pilih Buah Durian masih dalam keadaan yang segar, bersih, dan tentu saja dalam porsi yang sangat kecil, dan disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli di bidangnya sebelum mengkonsumsi durian saat Hamil dan juga perhatikan asupan sarapan untuk Ibu Hamil. (Sarapan Terbaik pada masa Kehamilan)


Junipedia adalah sarana informasi, tidak menggantikan teori dan fakta yang ada dari Para Ahli di Bidangnya. Silahkan kritikan dan saran jika terdapat kesalahan penulisan teori dan fakta.
Segera konsultasikan masalah kesehatan pada dokter ahli di bidangnya. Sumber referensi terkait:  bidanku

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*