junizein 22 Maret 2018
mencuci handuk, berapa kali mencuci handuk, cara merawat handuk mandi, handuk diganti, bahaya memakai handuk bersama, bahaya handuk tidak dicuci

Sering Memakai Handuk Tapi Malas Dicuci? Ternyata Berbahaya lohhh… Apalagi menggunakan Bersama

Handuk , merupakan salah satu hal yang fungsinya sangat penting untuk tubuh setelah mandi. Simak penjelasan di bawah apa saja Alasan Handuk harus sering dicuci dan sebaiknya Tidak menggunakan Handuk secara bersama. Handuk, hampir menjadi teman sehari-hari ketika akan Mandi dan selesai Mandi, bagi hampir setiap Orang, dari sejak Bayi sampai Dewasa dan Tua. Tidak perduli merek apapun handuknya dan bahan handuknya seperti apapun, Handuk tetap diminati untuk jadi bagian hidup ketika selesai mandi yang tentu saja fungsinya untuk mengeringkan tubuh yang basah setelah mandi ya.

mencuci handuk, berapa kali mencuci handuk, cara merawat handuk mandi, handuk diganti, bahaya memakai handuk bersama, bahaya handuk tidak dicuci

Handuk yang dipakai hampir setiap hari ketika selesai mandi, sebaiknya dijemur di terik matahari, sebab setelah dipakai tentu saja basah. Hal ini yang dapat menyebabkan bakteri dapat muncul pada Handuk.

Terbuat dari bahan dan jenis apapun, tentu saja tetap digunakan pada saat setelah mandi. Handuk pada umumnya terdiri dari tekstur bahan yang membuat bakteri dapat dengan mudah berkembang biak di dalam handuk itu sendiri.

Dari hasil uji penelitian,

Bahwa pengering tubuh tersebut rentan dihinggapi Bakteri E.Coli. yang tentu saja bakteri ini menjadi sumber peyebab infeksi yang muncul pada Handuk.

Ini Alasan Handuk harus sering di cuci:

  1. Tekstur Handuk membuat bakteri rentan berkembang biak
  2. Handuk rentan dihinggapi Bakteri E.Coli penyebab sumber infeksi
  3. Handuk yang disimpan di kamar mandi bisa rentan dihinggapi Kuman dan Bakteri dari Kamar Mandi/Toilet lalu berkembang berlipat ganda pada serat-serat handuk yang basah, lembab dan juga hangat.
  4. Handuk berbau tak sedap, sudah saatnya dicuci

Rekomendasi dari Prof. Philip Tierno, Ahli Higinitas, dan Seorang Profesor Microbiologi dan Patologi dari New York University School Medicine, bahwa untuk mencuci handuk sebaiknya setelah 3 kali digunakan, (pada handuk yang benar-benar kering), untuk dapat menghindari adanya kuman/bakteri yang menyerap dari kamar mandi tersebut.

Ini Alasan Sebaiknya Tidak Berbagi 1 Handuk bersama (dengan teman ataupun sodara bahkan suami istri)

mencuci handuk, berapa kali mencuci handuk, cara merawat handuk mandi, handuk diganti, bahaya memakai handuk bersama, bahaya handuk tidak dicuci

  1. Seseorang yang menggunakan handuk secara bergantian, mengalami kontak dengan suatu organisme yang tidak biasa dihadapi oleh tubuh Seseorang tersebut.
  2. Organisme tersebut dapat menjadi penyebab Jerawat, infeksi dan juga bisul. Organisme tersebut adalah Staphylococcus Aureus
  3. Handuk mempunyai bahan-bahan utama untuk menghidupi mikroba dan merupakan Rumah sempurna bagi Koloni Jamur dan juga Bakteri. (Meliputi Air, Oksigen, Suhu Hangat, Keasaman Netral dan Makanan dari Kulit mati dari Seseorang yang sudah menggunakan Handuk tersebut.
  4. Tubuh Kita sebagai Manusia, mempunyai suatu kondisi yang ideal untuk dihinggapi Mikroba dan tempat mikroba hidup.
  5. Mikroba dapat terkumpul pada Permukaan Handuk yang telah basah dan hangat setelah Seseorang menggunakan Handuk.

Setelah beberapa penjelasan di atas, masih malas mencucui handuk dan bahkan masih mau memakai 1 handuk bersama-sama dengan alasan ketinggalan handuk dan lain sebagainya? Saya rasa tidak 🙂 dan tidak hanya itu, kesehatan tubuh lainnya pun perlu di jaga, seperti pada Tips Menjaga Kesehatan Organ Tubuh


Referensi: 

Pengalaman Junipedia, sumber lain: sumber 1, 2, 3,

2 thoughts on “Sering Memakai Handuk Tapi Malas Dicuci? Ternyata Berbahaya lohhh…

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*