Bahaya Kipas Angin Saat Tidur Malam

Bahaya Kipas Angin Saat Tidur Malam

Bahaya Kipas Angin Saat Tidur Malam, meski Cuaca panas di malam hari mengakibatkan Anda sulit tidur, kebiasaan itu mungkin dapat di atasi oleh adanya alat moderen saat ini. Yaitu adanya kipas angin dan AC.

Kipas angin maupun Ac adalah alat yang digunakan untuk menyejukan ruangan agar terhindar dari cuaca panas, Namun perlu Anda ketahui kebiasaan tidur menggunakan kipas angin maupun AC sebenarnya tidak baik, karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dan gangguang tubuh.
Tidak salah sebenarnya menggunakan kipas ataupun AC tetapi saat menggunakan jangan terlalu besar saat menyalakan anginnya, agar tidak berdampak negatif bagi tubuh Anda.

Bahaya Kipas Angin Saat Tidur Malam

 

1.  Otot Nyeri

Hembusan angin yang berulang ulang dapat mengurangi produksi cairan lubrikasi. Cairan lubrikasi ini adalah digunakan untuk menguatkan sendi tulang dan otot. Jika kekurangan cairan ini dapat menyebabkan nyeri pada otot disaat Anda bangun tidur. Hal ini dapat terjadi jika Anda menggunakan kipas maupun AC disaat Anda sedang tidur.

2.  Infeksi Saluran Pernafasan (ISP)

Udara yang dihembuskan oleh kipas angin ke tubuh Anda disaat tidur, biasanya tidak melalui proses penyaringan. Bahaya yang pasti timbul dari hal itu adalah bisa jadi udara yang dihasilkan oleh kipas angin mengandung virus atau bakteri yang langsung kita hirup saat kita tertidur. Karena virus tersebut akan berdampak infeksi di saluran pernafasan Anda.

3. Tubuh Mengalami Dehidrasi

Seorang ahli saraf yang bernama Dr. Wendra ali menjelaskan, “Salah satu bahaya ketika menggunakan AC atau kipas angin bagi kesehatan adalah dehidrasi maupun hipotermia”.
Pendingin udara akan menyerap kelembapan ruangan maupun tubuh kita, akibatnya tubuh akan kekurangan cairan. Padahal di dalam tubuh manusia memerlukan 70 persen air agar tetap fress dan sehat.

4.   Melemahnya kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh atau sering di sebut metabolisme tubuh yang tidak lancar akan mengakibatkan mudah terserang penyakit. Kondisi ini di sebabkan oleh tidak keluarnya keringat didalam tubuh shingga imun kita semakin melemah. Padahal keringat yang keluar dari tubuh manusia dapat untuk mengaktifkan kembali sel-sel imun agar metabolisme tubuh baik.

5.    Menghambat Proses detoksifikasi Alami

Keringat yang keluar secara alami ditubuh manusia dapat mengatur suhu badan, serta pengekuaran racun atau toksin dalam tubuh. Disinilah bahayanya penggunakan kipas angin maupun AC disaat tertidur.
Bisa mengakibatkan menghambatnya proses detoksifikasi. Jika hal itu terjadi kemungkinan buruknya adalah tubuh akan mudah terserang penyakit.

6.Terkena Penyakit Bell Palsy

Penyakit bell palsy adalah penyakit yang mengakibatkan otot otot wajah menjadi kaku, penyakit ini salah satunya disebabkan oleh kipas angin yang terlalu lama menerpa wajah manusia. Salah satu solusi agar terhindar dari penyakit ini adalah dengan cara senam wajah agar otot otot wajah tetap normal.

Baca Juga

Demikian
bahaya penggunaan kipas angin saat tidur malam. Tidur yang aktif adalah tidur tanpa menggunakan kipas angin. Jika Anda merasa gerah, Anda bisa berwudlu sebelum tidur.
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *