Solusi Kecanduan Gadget, untuk mengatasi Penyebab Anak Kecanduan Gadget, Tips ini wajib diterapkan oleh para Orang tua

Solusi Kecanduan Gadget, untuk mengatasi Penyebab Anak Kecanduan Gadget, Tips ini wajib diterapkan oleh para Orang tua

 

     (Solusi Kecanduan Gadget, untuk mengatasi Penyebab Anak Kecanduan Gadget, Tips ini wajib diterapkan oleh para Orang tua, foto by stocksnap.io)

Balita kecanduan gadgets smartphone, Tips ini wajib diterapkan oleh para Orang tua. Para Orang tua yang tadinya (Mungkin) terlihat biasa saja pada saat memberikan gadgets berupa smartphone pada balita kesayangan, yang tentu saja dengan tujuan yang berbeda-beda.


Baca juga

Tips Agar aman bermain Internet dan Sosial Media

 Cara  mengobati demam pada bayi


Penyebab Anak Kecanduan Gadget, Beberapa Diantaranya adalah:

(Bunda sibuk bekerja, foto by stocksnap.io)

1. Bunda “cari aman”

Bunda melakukan hal “cari aman” agar balita tidak rewel lalu diberikanlah gadgets smartphone dengan memberikan tontonan berupa video anak atau lagu anak didalamnya, sehingga bayi tidak rewel lagi, dan ibunda pun bisa istirahat atau mengerjakan pekerjaan lainnya.

2. Agar Anak balita nantinya tidak ketinggalan zaman,

Lalu agar tidak ketinggalan zaman dan agar dengan mudah bisa mengoperasikan gadgets smartphone atau gadgets tekhnologi canggih lainnya, sebab jika tidak bisa, nanti bisa saja dia malu pada teman dan ketinggalan video yang update tentang anak-anak

 

 (Bunda sibuk main gadgets smartphone, foto by stocksnap.io)

3. Ketidaksengajaan ketika Orang tua sedang menggunakan gadgets smartphone,

Ketidaksengajaan tersebut misalnya saat Ada balita yang ternyata tanpa disadari mengikuti gerak-gerik yang dilakukan Orangtuanya, yang membuat rasa penasaran balita muncul untuk (pertama-tama) memegang gadgets, lalu selanjutnya biasanya mengutak-atik dan berlanjutlah pada nonton video anak dan lagu anak misanya.

Alasan-Alasan tersebut diataskah yang membuat Anda mengenalkan gadgets smartphone pada balita Anda? Yaitu Bunda “cari aman” agar balita tidak rewel, Agar balita nantinya tidak ketinggalan zaman, atau Ketidaksengajaan ketika Orang tua sedang menggunakan gadgets smartphone.

Beberapa hal tersebut lumrah adanya, apalagi di zaman sekarang, namun sebaiknya kita para Orang tua mengetahui lebih dalam bahwa hal tersebut memiliki sisi positif dan negatif.

Namun jika lama kelamaan, tentu saja ada efek yang kurang baik, terutama untuk kesehatan, misal pada daya ingat yang berkurang, balita yang sering menonton video pada gadgets dikhawatirkan
akan menjadi pribadi yang introvert, yaitu pribadi yang suka menyendiri dan pendiam.

Efek radiasi yang ditimbulkan oleh sinyal gadgets juga sangat berpengaruh pada kesehatan. Selain itu, mata juga memiliki batasan-batasan tertentu ketika berhadapan dengan layar gadgets smartphone.

 

Sebab seumuran Orang tua seperti kita saja  ketika dihadapan pc atau laptop, haruslah sesekali memberikan waktu untuk mata istirahat dengan melihat warna-warna hijau, dan sebagainya agar juga menghindari radiasi yang berlebih dari pc dan sinyal, terlebih untuk balita, sebaiknya lebih diperhatikan lagi agar tidak berlama-lama dalam memberikan gadgets pada balita kesayangan.

Jika sudah terlanjur mengenalkan smartphone, lakukan Solusi Kecanduan Gadget:

 

 

 (Singkirkan Gadgets smartphone, foto by stocksnap.io)

 

A. Segalanya dimulai dari kita sendiri para Orang tua

Kita sebagaiOrang tua harus memberikan contoh bahwa kita tidak kecanduan gadgets dengan menyingkirkan gadgets ketika bersama balita kesayangan, agar diharapkan secara tidak langsung balita dapat memahami degan daya faham versi balita, bahwa Orangtuanya tidak mementingkan gadgets ketika bersama dia.

 

 

(Luangan lebiih banyak waktu dengan balita, foto by stocksnap.io)

B. Luangkan lebih banyak waktu bermain degan balita.

Bermain hal yang positif dan dapat mengembangkan pribadi si buah hati, misal dengan belajar menulis, walaupun itu hanya corat coret dengan tinta berwarna di kertas putih saja.

Yang terpenting adalah waktu yang berkualitas untuk saling berbagi kasih sayang bersama Orang tua dan balita, menurut Junpedia, balita lebih senang bersama Orang tua dibandingkan dengan gadgets smartphone.

 

(Ajak anak bermain di luar, foto by stocksnap.io)

C. Ajak anak bermain di luar

Bermain di luar  misalnya saja ke taman bermain umum yang disediakan pihak pemkot dan agar tercipta juga jiwa sosialisasi anak agar tidak menjadi pribadi introvert. Sebab biasanya di taman bermain umum untuk anak, banyak anak kecil, balita dan bayi yang bermain yang juga diajak oleh para Orang tuanya.

 

(Batasi penggunaan Gadgets smartphone pada balita, foto by stocksnap.io)

D. Batasi penggunaan gadgets smartphone pada Balita

Sesekali biarkan balita bermain gadgets smartphone yang memang sudah terlanjut diberikan, namun kita sebagai Orang tua harus Konsisten memberikan durasi waktu yang disediakan untuk bermain gadgets, misal hanya 15 menit waktu maksimal.

Sebab dari sisi kesehatan mata juga jika kita sebagai orang tua harus sesekali menatap ke arah yg lain setelah waktu 15 menit berhadapan dengan layar monitor, logikanya seperti itu.

Jadi, sebaiknya tidak ada salahnya mencoba sedikit tips tersebut di atas dengan harapan semoga saja kita sebagai Orang tua dapat membimbing balita kita untuk mengurangi durasi mereka bermain dengan gadgets smartphone.

(Baca juga Tips mendidik balita yang baik)

 

(written by: Junni Zein)

 

 

 

 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *