Cara Jitu Atasi Smartphone yang Terkena Air

Cara Jitu Atasi Smartphone yang Terkena Air

Cara mengatasi Smartphone yang Terkena Air untuk Anda yang Pastinya akan merasa cukup cemas jika smartphone kesayangan Anda terkena air dan tidak bisa dioperasikan seperti biasanya lagi?
Cara mengatasi Smartphone yang Terkena Air memang harus diketahui, sebab Smartphone adalah salah satu jenis perangkat elektronik yang cukup rentan dengan air. Walaupun sudah ditemukan sebuah teknologi anti air, tetapi  mengingat harga yang tidak murah, sehingga tak semua smartphone dapat menggunakan fitur tersebut, apalagi untuk sebuah smartphone kelas bawah, jadi sangat perlu sekali mengatahui Cara mengatasi Smartphone yang Terkena Air.
Nah, berhubungan dengan hal tersebut, pada kesempatan yang baik ini kami akan membahas lebih detailnya tentang beberapa tips atau pun cara yang bisa Anda lakukan ketika smartphone terkena air dengan Cara mengatasi Smartphone yang Terkena Air.
Seperti apa tipsnya? Mari simak pembahasannya di bawah ini tantang Tips Jitu Cara mengatasi Smartphone yang Terkena Air.

Cara atasi smartphone yang terkena air

1. Ambil smartphone Anda lalu matikan

Jika smartphone kesayangan Anda terkena air, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengambil ponsel tersebut kemudian mematikannya.
Mengapa? Agar tidak terjadi konsleting dan airnya tidak masuk secara berlebih pada smartphone. Maka kami sarankan agara segera mengambil smartphone dan matikan.

2. Lepaskan baterai smartphone Anda

Langkah awal yang juga harus Anda lakukan ketika ponsel Anda terkena air adalah melepas bagian back covernya, lalu keluarkan baterainya juga. Ini adalah langkah yang bisa Anda lakukan bagi Anda yang mengenakan baterai berjenis removable.

3. Lepaskan memori eksternal dan SIM card

Supaya proses pengeringan bisa berjalan dengan baik, maka lepaskanlah memori card dan juga SIM card dari tempatnya. Hal tersebut juga bertujuan supaya memori card dan juga SIM card Anda tidak terkena korosi serta jangan lupa untuk memastikan agar data Anda tetap aman.
Selain ini, langkah ini juga dilakukan pada perangkat dengan batera removable atau pun non removable.

4. Keringkan menggunakan bahan yang memiliki sifat menyerap air

Nah, salah satu bahan yang memiliki sifat air disekitar kita adalah beras. Langkah terbaik untuk mengeringkan smartphone yang terkena air ini caranya cukup mudah sekali, Anda bisa memasukan smartphone Anda kedalam satu mangkuk beras selama beberapa jam.
Tetapi supaya lebih efektif, Anda bisa membolak-balikkan ponsel Anda, supaya penyerapannya juga lebih merata.
Tetapi, sebagai alternatifnya Anda juga bisa mengeringkan perangkat Anda di bawah sinar lampu hingga semalamnya, supaya air yang ada pada smartphone bisa mengering.

5. Silakan nyalakan perangkat Anda

Setelah ponsel pintar Anda sudah benar-benar kering, maka pasanglah kembali baterainya, SIM card, dan juga memori card pada perangkat Anda. Setelah itu coba untuk menyalakan perangkat Anda. Apabila berhasil, maka smartphone Anda akan menyala dan juga bisa berfungsi sebagai mana mestinya, tetapi jika gagal maka segeralah bawa ke service center yang terpercaya.
Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi keberhasilannya adalah banyak sedikitnya air yang masuk ke dalam ponsel tersebut, jika hanya terkena cipratan saja, atau pun hanya terkena sedikit air hujan kemungkinan berhasil akan jauh lebih tinggi. Atau menurut pengalaman Junipedia, smartphone tercebur atau tercelup ke air mengalir seperti ke selokan tidak masalah asal langsung di angkat dan terapkan cara seperti di atas, atau hanya cukup matikan smartphone lalu buka perangkat smartphone seperti Baterai dan tutupnya lalu keringkan.
Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan untuk Anda tentang cara jitu atasi smartphone yang terkena air, semoga dapat menginspirasi dan juga bermanfaat untuk Anda semuanya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *