junizein 4 April 2018

Cara Membedong Bayi Baru Lahir yang Baik dan Aman

Membedong Bayi Ketika bayi baru dilahirkan, baik itu lahir secara Normal ataupun secara SC (sesar) tentu saja setelah melalui beberapa proses medis, hal yang selanjutnya dilakukan agar bayi tetap merasa hangat dan nyaman saat beradaptasi dengan lingkungan barunya yaitu di alam dunia, setelah kurang lebih 9 bulan berada di alam rahim sang Ibu.
Membedong Bayi ada 2 jenis yaitu Bedong Biasa (manual) dan Bedong Bayi Instan. Meskipun Bedong Bayi ini memiliki banyak persepsi dari mulai bedong bayi itu baik dan juga sebaiknya bayi tidak dibedong, namun sebaiknya Orang tua terutama Ibu yang baru melahirkan sang Bayi mengetahui Cara Membedong Bayi Baru Lahir yang Baik dan Aman agar tidak salah langkah dalam menangani buah hati yang baru dilahirkan dengan tips dibawah tentang membedong bayi.

Untuk menerapkan dengan mudah dan efektif serta nyaman, berikut Cara Membedong Bayi Baru Lahir yang Baik dan Aman bisa diterapkan seperti berikut ini

1. (A) Siapkan Bedong Bayi dan Letakkan Bayi di atas Bedong Bayi.

(Sebaiknya bahan yang tidak panas agar nyaman dipakai oleh bayi). ini adalah cara pertama dalam tips membedong bayi.

2. (B) Sebaiknya Kedua lengan Bayi diluruskan ke bawah

3. (C) Lalu tarik perlahan Bedong bayi sebelah kiri ke arah kanan

Setelah itu Selipkan dibawah Tubuh bayi sebelah kanan. (Jangan terlalu kencang, sedikit dilonggarkan agar bayi tetap dapat bergerak)

4. (D) Tarik perlahan bagian bawah Bedong bayi

Tarik ke arah atas dan menutupi lengan Kanan bayi

5 (E) Lalu bagian ujung Bedong bayi

Pada sebelah kanan bedong bayi ditarik perlahan ke arah kiri belakang tubuh bayi (Diselipkan ke bagian belakang tubuh bayi), Sebaiknya kedua belah kaki bayi rada sedikit menekuk ke arah atas agar pinggul dan kedua kaki bayi tetap dapat bergerak

6 (F) Bayi sudah dibedong dengan Baik

Jika mendapati kesulitan dalam membedong bayi, apalagi bagi para Suami Istri yang baru pertama menimang Bayi, sebaiknya bertanya dan belajar pada Orang tua yang sudah berpengalaman membedong bayi. Namun jika ingin cara membedong bayi yang baru lahir dengan cara yang lebih cepat sebaiknya memilih Bedong Instan, ada banyak Bedong instan yang tersedia dengan berbagai macam pilihan, seperti bedong instan bayi karakter dan sebagainya, dan Cara Membedong Bayi Baru Lahir dengan Bedong Instan tidak jauh berbeda dengan cara Membedong bayi baru lahir dengan bedong biasa seperti yang telah dijelaskan di atas.

Perlu diperhatikan, Agar Bayi sebaiknya tidak menggunakan bantal ketika bayi tidur, dan agar tidak menjadi ketergantungan terhadap Bedong (seperti ketergantungan pada dot atau empeng bayi msialnya), apalagi ketika mau tidur, sebaiknya menggunakan Bedong Bayi dibatasi sampai Usia Bayi antara 3 Bulan sampai 4 bulan, dan pada Usia bayi 6 bulan ke atas biasanya sudah tidak dibedong lagi.


Silahkan kritikan dan saran pada Junipedia jika terdapat kesalahan dalam penulisan teori dan fakta yang ada, sumber foto 1:, 2:, sumber foto 3:, sumber referensi 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*