Cara Memilih Kamera DSLR yang wajib Diketahui Bagi Pemula yang Ingin Eksis Motret

Cara Memilih Kamera DSLR sebelum membeli wajib Diketahui Bagi Pemula yang Ingin Eksis Motret dan Menggeluti bidang Fotografi

Cara Memilih Kamera DSLR yang wajib Diketahui Bagi Pemula yang Ingin Eksis Motret Memang sebaiknya diketahui. Baik untuk membeli Kamera Dslr Baru / New atau juga Second / bekas berkualitas, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu Cara memilih Kamera Dslr.

Kamera DSLR merupakan salah satu pendukung untuk memotret yang sangat wajib dimiliki jika ingin fokus di dunia fotografi, meskipun masa sekarang ‘cukup’ dengan Smartphone sudah bisa memotret suatu objek, namun tentu saja Cara Memilih Kamera Dslr ini patut diketahui, sebab tentu saja ada perbedaan yang dihasilkan dari jepretan Kamera di Smartphone dengan DSLR, dan juga pada Dslr tentu terdapat berbagai macam fungsi yang berbeda dari berbagai Jenis dan Merek Kamera Dlsr itu sendiri.

Kamera DSLR berbeda dengan Kamera SLR dan Kamera Pocket serta Kamera pada Smartphone. Simak penjelasan perbedaannya di paragraf bawah. Sebelum itu Kita akan bahas topik utama bagi Pemula tentang Tips Membeli Kamera DSLR dan Cara Memilih Kamera DSLR

Simak Cara Memilih Kamera DSLR dan Tips Membeli Kamera DSLR agar sesuai Keperluan

cara memilih kamera dslr, tips membeli kamera dslr, junipedia.com
Kamera DSLR, Lensa Tele, picture by Pixabay

Tips Membeli Kamera DSLR ini berlaku baik DSLR yang Baru atau DSLR yang bekas Berkualitas

1. Budget

Cara Memilih kamera DSLR dan Tips membeli Kamera DSLR yang pertama tentu saja Budget. Sesuaikan dengan Budget Anda.

Untuk Pemula sebaiknya pilih Jenis Kamera DSLR yang Mudah dan Simple tapi tetap sesuai fungsi. Kisaran Harga Kamera DSLR Untuk Pemula yang direkomendasikan Junipedia adalah berkisar antara di Rp. 4.000.000 hingga Rp. 6.000.000 an.

Untuk Hobi Fotografi yang sudah menengah mengerti tentang penggunaan Kamera DSLR sebaiknya pilih yang advance atau berada di tengah-tengah dengan kisaran Harga Rp. 9.000.000 an sampai di atas Rp. 12.000.000 an

Untuk yang atau jika sudah Mahir bisa memilih Kamera DSLR yang Pro dengan kisaran Harga Kamera DSLR di atas Rp. 20.000.000 an, yang tentu saja bukan untuk sekedar Hobi namun juga bisa menghasilkan jepretan sangat berkualitas dan tentu saja pemasukan keuangan tentunya.

2. Hasil Foto yang Diinginkan

Hasil foto yang diinginkan tentu saja berpengaruh dari Jenis Kamera DSLR yang digunakan. Misalnya tertarik memotret Pemandangan Alam, atau lebih tertarik memotret Perairan atau Di dalam air, atau juga untuk Travelling, dan lain sebagainya

3. Pemilihan Karakter Kamera DSLR

Hal ini perlu dipertimbangkan, seperti pada Point Nomor 2, misalkan saja Kita ingin memotret hal-hal yang terjadi di sekitar ketika Travelling, maka dipilih Jenis Kamera yang kuat, kokoh tapi ringan untuk dibawa kemana-mana ketika Travelling, Jadi tidak memilih Kamera DSLR yang berat yang biasa dipakai di lapangan Sepakbola misalnya, sebab itu hanya untuk berdiam di tempat, bukan untuk bepergian. Kecuali Anda tidak ribet membawanya.

4. Spesifikasi Kamera DSLR

Spesifikasi Kamera ini sangat perlu diperhatikan, baik membeli Kamera DSLR Baru atau Kamera DSLR Bekas.

5. Spesifikasi Besar MP (Mega pixel) dan Resolusi

Perlu dipertimbangan dan disesuaikan dengan Kebutuhan kita memotret, Namun meskipun jumlah Megapixel sama misalnya pada Mirrorless dan Kamera DSLR, atau Full frame, tetapi kualitas tetap bisa diandalkan pada Kamera jenis Full frame. Jadi ‘mitos’ semakin besar Megapixel maka hasil foto akan semakin bagus tidak terlalu benar adanya, kecuali ada teori lain untuk hal tersebut

6. Perhatikan Auto focus Kamera DSLR:

Daya akurat serta kecepatan Auto Fokus dan juga seberapa banyak jumlah titik fokus yang ada perlu dipertimbangkan.

7. Pemilihan FPS (Frame Per Second):

Pilih Kamera DSLR dengan FPS yang tinggi jika ingin menekuni dunia fotografi untuk tujuan memotret objek bergerak cepat, seperti olahraga. Namun cukup memilih FPS yang standar saja jika ingin memotret objek yang tidak bergerak cepat, apalagi objek diam.

8. Perhatikan fitur ISO dan Kualitas Foto:

Yang perlu ditekankan adalah kualitas hasil foto ketika berada di Pencahayaan yang Rendah (Low Light), apakah hasilnya cukup bagus atau tidak sesuai keinginan. Terkecuali memiliki Budget yang berlebih, bisa memilih Kamera jenis Full Frame. Sebab Kualitas Hasil Foto pada Kamera DSLR dipengaruhi oleh Sensor, Prosesor serta Lensa Kamera.

8. Perhatikan Kualitas Baterai Kamera Dslr

Baterai Kamera DSLR sangat perlu, terlebih lagi untuk yang Hobi memotret ketika Travelling, perhatikan dan Pilih jenis Kamera DSLR yang memiliki Daya Baterai yang cukup tahan lama dan juga bisa ditambahkan Double Baterai jika perlu.

9. Lihat apakah terdapat Wireless & Gps dan Fitur Video di Kamera Dslr yang dipilih?

Hal ini tidak Utama, namun jika Anda ingin langsung memposting suatu jepretan atau video dari Kamera DSLR ke media sosial di smartphone Anda, hal ini menjadi Utama, agar Kamera DSLR yang digunakan bisa langsung dikoneksikan ke Internet Smartphone Anda.

10. Perhatikan Jumlah maksimal SC (Shutter Count)

Hal ini sangat perlu diperhatikan, berbeda jenis dan Merek Kamera, maka berbeda pula Jumlah Maksimal SC (Shutter Count).

Shutter Count dapat diartikan dengan simpel adalah Jumlah Maksimal ‘jepretan’ Kita ketika menekan tombol untuk ‘menjepret’ atau mengamil objek foto pada Kamera DSLR.

Setiap Kamera DSLR tentu saja memiliki Batas Maksimum SC (Shutter Count), yang mana jika sudah mencapai Batas Maksimal SC tersebut, maka Kita yang sudah menggunakan Kamera Dslr tentu Harus mengganti Spare part yang berkaitan agar dapat digunakan kembali, atau jika tidak ingin mengganti, Anda cukup membeli Kamera DSLR yang baru 🙂

Terlebih lagi jika membeli Kamera DSLR yang Bekas, perlu diketahui jumlah SC yang sudah terpakai.

Cara Mengetahui Jumlah Shutter Count (SC) Kamera DSLR yang sudah terpakai adalah

Salah satu cara Mudah cek jumlah Shutter Count yang sudah terpakai pada kamera DSLR adalah dengan cara Cek secara Online, misalnya visit EXIF Viewer Online atau bisa juga visit di situs CameraShutterCount

Atau Pada beberapa Merek Kamera tertentu, kita bisa langsung masuk ke situs resminya dan memasukkan Tipe Kamera dslr dan Kode Serial Number Kamera DSLR yang kita beli.

Selain itu bisa juga meggunakan Software atau program Khusu Exif Viewer dan Software bawaan untuk setiap Kamera DSLR.

Jika kesulitan, bisa langsung menanyakan Cara Cek Shutter Count Kamera DSLR ketika Anda membeli Kamera Dslr.

11. Perhatikan Service Center dan Garansi Resmi

Hal ini perlu diketahui, sesuaikan Kebutuhan Anda untuk memilih jenis dan merek Kamera DSLR, dan juga sesuaikan dengan service center terdekat di Kota Anda agar jika suatu waktu Kamera DSLR anda perlu diperbaiki, Anda tidak perlu jauh-jauh atau tidak perlu lama menunggu barang dikirim ke service center yang jauh.

Perhatikan Juga Garansi resmi kamera DSLR, Sebab Setau Junipedia, Garansi resmi berpengaruh ketika Kamera DSLR kita ingin dijual atau ditukar tambah.

 


Perbedaan 6 (enam) Jenis Kamera

1. Kamera DSLR

cara memilih kamera dslr, tips membeli kamera dslr, junipedia.com

Kamera DSLR adalah singkatan dari Digital Single Lens Reflex. Yaitu Kamera Digital yang sudah menggunakan Sistem Cermin Otomatis serta Pentamirror (Pentaprisma) yang berfungsi meneruskan tangkapan Cahaya oleh Kamera ke ViewFinder Kamera DSLR tersebut

2.  Kamera SLR
cara memilih kamera dslr, tips membeli kamera dslr, junipedia.com
Ilustrasi Kamera SLR, picture by Pixabay

Kamera SLR adalah singkatan dari Single Lens Reflex. Sistem yang digunakan adalah Jajaran Lensa jalur Tunggal untuk meneruskan sebuah Tangkapan Cahaya objek menuju ke ViewFinder dan Focal Plane. Fungsinya memungkinkan kita ketika memotret objek adalah menghasilkan foto yang sama dengan hasil foto.

3. Kamera Mirrorless
cara memilih kamera dslr, tips membeli kamera dslr, junipedia.com
Kamera DSLR, Mirrorless, picture by Pixabay

Jenis Kamera ini hampir sama dengan Kamera DSLR, yang membedakan adalah Tidak terdapat Cermin / Pentaprism pada Kamera Mirrorless.

4. Kamera Pocket
cara memilih kamera dslr, tips membeli kamera dslr, junipedia.com
Ilustrasi Kamera Pocket, picture by Pixabay

Kamera Jenis Pocket ini merupakan Kamera Digital dengan bentuk yang ramping dan biasanya memakai sistem Auto Focus pada lensa, sehingga Lensa tidak bisa diganti dengan ukuran lain seperti halnya pada Kamera DSLR yang bisa diganti Lensanya sesuai kebutuhan objek yang difoto atau dipotret.

5. Kamera Smartphone
cara memilih kamera dslr, tips membeli kamera dslr, junipedia.com
Ilustrasi Kamera Smartphone, picture by Pixabay

Kamera Smartphone tentu saja merupakan Kamera yang terdapat dalam sebuah Smartphone, meskipun pada saat ini Kamera pada Smartphone sudah ada yang mencapai Megapixel yag tinggi, namun tentu saja fitur pada Kamera Smartphone berebeda dengan Kamera DSLR pada umumnya.

6. Action Cam
cara memilih kamera dslr, tips membeli kamera dslr, junipedia.com
Ilustrasi Action Cam, picture by Pixabay

Action Cam adalah jenis kamera, seperti pada merek GoPro dan merek lainnya, (jadi Gopro itu bukan jenis kamera ya melainkan Merek). Action Cam dirancang khusus untuk Kegiatan Outdoor atau olahraga extreme yang diperuntukkan untuk daya tahan di berbagai cuaca dan bahkan untuk di dalam air.


Silahkan Kritikan dan saran jika terdapat kesalahan dalam penulisan teori dan fakta yang ada, Referensi sumber: Junipedia, Plazakamera

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *