Yuni Rizani, S.I.Kom 19 November 2017

Cara memilih makanan untuk bayi umur 6 bulan ke atas

Cara memilih makanan untuk bayi umur 6 bulan ke atas
(Cara memilih makanan untuk bayi, picture by koleksi pribadi, Instagram @junni_zein)

Cara memilih makanan untuk bayi 6 bulan ke atas tidaklah boleh sembarang pilih,

Sebab bayi mulai dari umur 6 bulan memang sudah dianjurkan untuk menerima asupan makanan selain ASI, Yaitu MPASI, namun harus teliti dalam memilih makanan untuk disajikan agar sang bayi dapat beradaptasi dengan asupan makanan selain ASI. Bayi dalam umur 6 bulan ke atas sudah harus diperkenalkan makanan pengganti asi (MPASI) yang cocok dan tepat.


Cara memilih makanan untuk bayi 6 bulan ke atas misalnya saja harus diperhatikan tekstur dari bahan makanan itu sendiri

Ketika sudah matang dan siap disajikan untuk bayi, pilihnya dari bahan makanan yang mengandung tekstur lembut dan agak lunak dengan tujuan agar mudah dicerna oleh bayi yang baru belajar memakan makanan pendamping Asi (MPASI), Sebab bayi baru beradaptasi dengan makanan yang masuk ke mulutnya.
Cara memilih makanan untuk bayi 6 bulan ke atas memang harus diperhatikan dari teksturnya,  sebab bayi 6 bulan baru beradaptasi dengan makanan pengganti ASI (MPASI), pilih makanan yang tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lunak (setengah kental dan setengah lunak/cair), dengan tujuan agar mudah ketika dicerna oleh bayi.

Cara memilih makanan untuk bayi 6 bulan ke atas bisa kita pilih dari makanan atau buah-buahan yang bergizi,

serta memiliki tekstur yang tidak keras alias lembut, misal seperti buah pisang, sebab pisang adalah salah satu buah yang baik untuk pencernaan sang bayi.
Cara memilih makanan untuk bayi 6 bulan ke atas seperti pisang ini juga memiliki cara tersendiri, yaitu pilihlah pisang yang lembut dan khusus untuk bayi, pisang yang masih segar bukan pisang yang sudah mulai terlihat layu dan tidak juga ada titik-titik hitam pada pisang/kulit pisang.
Pisang yang baik untuk bayi 6 bulan ke atas salah satunya adalah pisang ambon yang sudah matang dan masih segar yang terlihat dari kulit pisang yang berwarna kuning cerah,dan sebaiknya memilih yang tidak mengandung pestisida / pisang murni segar.
Memberikannya pun tidak harus dengan dilunakkan terlebih dahulu,(pengalaman pribadi), sebab pisang memang sudah memiliki tekstur yang lembut dan lunak, hanya saja ketika memberikan kepada bayi, harus sedikit demi sedikit, misal dengan mengerukkan sendok beberapa kali pada pinggiran buah pisang sedikit demi sedikit sampai secukupnya, lalu mulai disuapkan pada mulut bayi, dan menyuapkan pun tidak harus langsung ke dalam, pertama cukup diletakkan dulu pada bibir bayi agar bayi mengenali terlebih dahulu apa makanan yang akan masuk kemulutnya, lalu barulah perlahan dimasukkan ke mulut bayi, lihatlah respon bayi, apakah dia suka atau menolak yang terlihat dari mimik wajah sang bayi jika memang dia suka ataupun tidak suka.
Cara memilih makanan untuk bayi umur 6 bulan ke atas
(Memilih makanan bayi, picture by pexels. com)
Namun agar diketahui bahwa memberikan buah terutama pisang untuk makanan pendamping ASI (MPASI) ini sebaiknya dilakukan setelah bayi benar-benar berusia lebih dari 6 bulan dan tidak dibawah 6 bulan.Hal ini salah satunya bertujuan agar ketika sudah di atas 6 bulan bayi sudah bisa mencerna makanan pengganti ASI (MPASI) dengan baik dan sempurna.
Dan buah pisang ini pun tidak harus selalu diberikan untuk makanan pengganti ASI (MPASI), namun sebaiknya hanya sesekali saja sebagai camilan selingan untuk bayi, yang terpenting adalah tetap ASI yang langsung dari Ibunya sampai umur 24 bulan (2 tahun)

Cara memilih makanan untuk bayi 6 bulan ke atas berikutnya adalah dengan selalu memeriksa tanggal kadaluarsa yang ada dalam sebuah produk,

ketika misalnya memilih bubur khusus untuk bayi 6 bulan. periksa juga kandungan-kandungan gizi yang termasuk di dalamnya.

Cara memilih makanan untuk bayi 6 bulan ke atas tersebut juga sebaiknya menghindari makanan yang mengandung (banyak) gula

apalagi mengandung pemanis buatan serta bahan pengawet, sebaiknya menghindari hal itu.

Setelah memilih makanan pengganti ASI (MPASI) untuk bayi 6 bulan ke atas, dan setelah memulai menyuapkan kepada bayi Anda, lihatlah dengan seksama respon yang diberikan oleh bayi, apakah dia menyukainya atau tidak, dan yang terpenting juga adalah melihat apakah dengan asupan itu bayi alergi terhadap makanan yang dimakannya ketika sudah dicerna beberapa waktu.

Untuk itu saran Junipedia sebaiknya adalah memilih makanan untuk bayi 6 bulan ke atas dengan satu per satu, tidak harus semua disajikan, agar dapat diketahui bayi menyukainya atau tidak dan agar dapat diketahui juga adakah efek samping atau alergi yang ditimbulkan oleh makanan tersebut lewat bayi yang mengkonsumsinya.


Semoga bermanfaat


Tips Memilih camilan sehat buah hati 

Bahaya Snack untuk Anak 

Mau Anak Pintar Membaca? Coba terapkan cara ini 

Makanan Alternatif yang lezat untuk Anak


(Silahkan kritikan dan saran jika terdapat kesalahan dalam penulisan, sebab Media ini adalah media informasi, tidak menggantikan teori dan fakta dari para Ahli dan profesional di bidangnya, untuk hal kesehatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli di bidangnya)

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*