Cara Mengatasi Balita Susah Makan, dengan Tips Mudah Cara Agar Anak Mau Makan.

Cara Mengatasi Balita Susah Makan, dengan Tips Mudah Cara Agar Anak Mau Makan

Cara mengatasi Balita susah makan, atau cara mengatasi anak susah makan memang menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh para Orang tua. Sebab, anak yang susah makan dapat berakibat pada proses tumbuh kembangnya, untuk itu sebaiknya mengetahui cara mengatasi balita susah makan.

Memang pada dasarnya, adalah hal yang wajar jika Anak Balita susah makan, mungkin saja dia sedang menyesuaikan tahap perkembangannya dengan lingkungan sekitar termasuk makanan yang dikonsumsinya. Cara mengatasi Balita susah makan memang beragam yang bisa dilakukan agar mengetahui secara pasti cara agar anak mau makan.

Kita sebagai Orang tua, harus mengetahui secara detail terlebih dahulu alasan anak susah makan. Apakah Makanan yang kita sajikan monoton? atau memang kita tidak terlalu memperdulikan asupan makanan sehat apa yang disukai anak. Atau bisa juga anak suka makanan yang sama? Setelah itu, barulah kita bisa mengetahui bagaimana cara mengatasi balita susah makan.

Cara Mengatasi Balita Susah Makan dan Cara Agar Anak Mau Makan
Cara Mengatasi Balita Susah Makan dan Cara Agar Anak Mau Makan

Anak bisa saja menyukai makanan sehat yang sama yang terlihat monoton oleh Orang tua, namun ternyata disukai anak, hal ini disebut “Picky Eaters“, yang berarti Anak atau Orang dewasa menyukai makanan dengan menu yang sama dan menolak makanan lain.

Cara Mengatasi Balita Susah Makan dan Cara Agar Anak Mau Makan

Ketahui terlebih dahulu Penyebab Balita Susah Makan Lalu Terapkan Cara Mengatasi Balita Susah Makan dan Cara Agar Anak Mau Makan

Setelah Kita mengetahui penyebab anak balita susah makan, dan kita bisa menelusuri dari penyebab tersebut cara mengatasi balita susah makan, agar kita bisa menerapkan cara agar mau makan

Penyebab Balita Susah makan atau penyebab anak susah makan bisa beragam, misalnya:

1. Anak atau Balita memang belum merasa lapar,

Pada anak atau balita yang belum benar-benar merasa lapar, bisa saja menolak makanan sehat yang disajikan, walaupun itu terlihat menarik dan enak bagi anak.

Meskipun kita berusaha mengatur waktu makan anak dalam sehari, namun bisa saja anak cenderung ingin menunjukkan keinginannya sendiri akan waktu makan yang pas untuknya, misalnya harusnya dalam aturan orang tua makan siang pada pukul 1, namun anak masih kenyang dan ingin makan pada sore hari.

Solusinya untuk Cara Mengatasi Balita Susah Makan dan Cara Agar Anak Mau Makan

Kita tidak bisa memaksakan kehendak pada aturan jam makan, meskipun itu baik, namun kita bisa mengikuti terlebih dahulu keinginan anak, dan memberinya sedikit batasan, apabila tidak kunjung makan juga, maka akan kita arahkan dan kita kasih contoh bahwa makan tepat waktu itu baik untuk kesehatan

Menunjukkan hal tersebut tentu dengan contoh, misalnya kita makan terlebih dahulu, lalu diharapkan anak akan mengikuti kita, meskipun belum terlihat anak mengikuti, setidaknya anak melihat cara orang tua makan dan pada jam berapa orang tua makan, akan terekam dalam memori anak meskipun masih balita

2. Sajian Makanan Sehat yang Monoton

Cara Mengatasi Balita Susah Makan, kita ketahui bahwa bisa saja sajian makanan kita yang terkesan monoton dihadapan anak balita yang membuatnya malas untuk makan.

Solusinya untuk Cara Mengatasi Balita Susah Makan dan Cara Agar Anak Mau Makan

Untuk itu mencoba menyajikan makanan yang berbeda disetiap harinya adalah salah satu solusinya.

Cara Agar anak mau makan, bisa memilih Makanan yang menarik, sehat dan berbeda setiap harinya tidak harus mahal, yang jelas sehat dan higienis untuk anak balita.

3. Sajian Makanan sehat yang menarik dan berganti, namun anak menyukai menu monoton

Hal ini agak bertentangan dengan Nomor 2, bahwa bisa saja anak menyukai menu monoton atau menu yang sama pada hari sebelumnya, atau menu yang hampir sama.

Hal ini disebut juga dengan “Picky Eaters“, yang dapat diartikan bahwa Anak atau balita, atau bahkan apda Orang dewasa, menyukai makanan dengan menu yang sama dan menolak makanan lain.

Solusinya untuk Cara Mengatasi Balita Susah Makan dan Cara Agar Anak Mau Makan

Solusinya adalah kita bisa menyajikan makanan yang Hampir terlihat sama, meski agak sedikit berbeda, namun tetap makanan sehat. Misal menu hari sebelumnya adalah sayur bayam yang membuat anak menyukai makanan tersebut, maka hari selanjutnya kita bisa menyajika sayur berkuah dengan menu hampir sama, misalnya sayur sop. Terlihat hampir sama, namun isinya berbeda.

Hal ini juga terjadi pada Anak Balita salah satu Tim Penulis Junipedia

Studi kasus Pada salah satu tim penulis Junipedia, dengan Anak yang masih Balita, diketahui cenderung menyukai menu makanan yang sama, meskipun sajian menu makan sehat di meja makan terbilang mencukupi untuk 4 sehat 5 sempurna, bahkan banyak menu makanan tambahan lainnya,

Namun Anak Balita tersebut cenderung menyukai Nasi dan Kecap manis dan tambahan sayur, tanpa ikan atau ayam goreng yang sebenarnya telah disajikan khusus untuknya.

Tetapi, tidak setiap hari seperti itu, terkadang juga Anak balita tersebut dengan lahap menyantap menu makanan sehat seperti ayam goreng dan ikan-ikanan yang sebelumnya dia abaikan,

Itu berarti anak menyukai menu makanan yang berulang, akan tetapi sesekali anak menginginkan menu lain sesuai keinginannya.

Solusinya untuk Cara Mengatasi Balita Susah Makan dan Cara Agar Anak Mau Makan

Solusinya dari studi kasus tersebut, biarkan anak memilih makanan sehat kesukaannya selagi tidak bertentangan dengan pola makan sehat untuk anak balita, dan kita sebagai Orang tua tetap mengarahkan dan mencontohkan pola makan sehat yang baik tentunya dengan tidak memaksakan kehendak

4. Sistem Pencernaan Pada Anak sedang kurang baik

Anak atau balita yang susah makan, bisa saja ketika terjadi gangguan pada sistem pencernaan anak, anak bisa juga anak sedang sakit perut atau hal lain yang menyebabkan pencernaan anak kurang baik untuk merespon makanan.

Solusinya untuk Cara Mengatasi Balita Susah Makan dan Cara Agar Anak Mau Makan

Untuk itu kita perlu lebih detail tentang cara mengatasi sistem pencernaan anak yang kurang baik, bisa dengan menanyakan pada anak apa yang dia rasakan, atau pada Balita, kita bisa melihat terlebih dahulu bagaimana dia merespon makanan, lalu kita bisa berkonsultasi langsung dengan dokter anak di puskesmas atau di klinik anak atau juga di rumah sakit khusus Ibu dan anak.

5. Anak atau Balita sedang Kurang enak badan

Hal ini hampir sama dengan Nomor 4, Bahwa ketika anak atau balita sedang sakit atau kurang enak badan, tentu melakukan aktivitas menjadi berkurang walaupun masih terlihat ceria, dan bisa saja dia tunjukkan pada aktivitas makan yang tidak terlalu nafsu makan ketika jam makan tiba.

Solusinya untuk Cara Mengatasi Balita Susah Makan dan Cara Agar Anak Mau Makan

Solusinya Sebelum kita membawa anak balita periksa ke dokter anak, adalah mencoba menyajikan menu makanan sehat yang menarik, meskipun hanya sekedar buah-buahan kesukaannya dan Jenis buah yang dipilih tentu tidak bertentangan dengan gejala sakit yang anak balita alami

6. Mengajak atau mencontohkan Makan bersama

Ketika Anak balita susah makan, kita bisa mencontohkan hal baik untuk itu.

Menyambung Point nomor 3, pada studi kasus salah satu dari anak balita dari tim Penulis Junipedia,

Solusinya untuk Cara Mengatasi Balita Susah Makan dan Cara Agar Anak Mau Makan adalah:

Mengajak anak makan bersama, mengajak disini bukan berarti harus mengajak “ayo nak kita makan bersama” saja, namun lebih kepada mencontohkan.

Misal pada saat makan malam, setelah selesai Shalat Isya misalnya, Ayah dan Bunda bisa menyantap makan malam walaupun anak balita sedang asik bermain, sesekali perlihatkan makanan yang ada di piring makan kita tersebut ke anak balita

“Nak ayah/bunda makan malam sama menu ini” atau bisa juga makan dihadapan anak yang sedang sibuk bermain

Dengan hal itu mencontohkan Jam makan pada anak, dan juga secara tidak langsung mengajak anak makan bersama, sehingga meskipun tidak setiap hari, namun sesekali terbukti hal tersebut mujarab untuk Cara Mengatasi Balita Susah Makan dan Cara Agar Anak Mau Makan

Dan memang anak sedang merasa lapar setelah bermain, sehingga tanpa kita tawarkan makan malam pada anak, anak balita sendiri yang meminta untuk ikut makan walaupun sambil berbicara terbata-bata (sebab balita masih belajar bicara) dan meskipun minta disuapkan makanan, itu tidak masalah.

Jangan Paksa Anak

Yang terpenting adalah anak bisa merasakan sendiri “jika mulai lapar, maka harus makan” dengan keinginan sendiri tanpa disuruh atau diajak, sehingga terbentuk juga Inisiatif anak balita untuk kedepannya, jadi Orang tua tidak perlu repot-repot menawarkan anak untuk makan apalagi memaksa anak untuk makan yang hanya akan menambah trauma anak pada rasa paksaan

Baca Juga: 
PERHATIKAN DAMPAK MARAH PADA ANAK JIKA SERING DIMARAHI DAN TIPS MENGELOLA EMOSI DAN CARA AGAR TIDAK MUDAH MARAH PADA ANAK

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *