Cara Mengembalikan Whatsapp yang Di Hack WAJIB Disimak Untuk Menangkal Banyaknya Cara Hack Whatsapp Android

10 Cara Mengembalikan Whatsapp yang Di Hack Untuk Menangkal Cara Hack Whatsapp Android

Cara Hack Whatsapp Android diketahui telah bisa dilakukan berbagai cara, entah itu berhasil atau tidak. Untuk itu Kita perlu mengetahui Cara Agar Whatsapp tidak di hack dan juga jika terlanjur whatsapp diretas atau disadap, Kita perlu mempelajari bagaimana Cara mengembalikan whatsapp yang di hack

Cara Mengembalikan Whatsapp yang di hack, cara agar whatsapp tidak di hack, cara menangkal aplikasi whatsapp hack android, junipedia.com
Perbedaan Hacker dan Cracker

Meskipun pada dasarnya pengertian dan Pekerjaan Hacker dan Cracker itu terdapat perbedaan (Lihat di Paragraf Akhir artikel ini tentang perbedaan Hacker dan Cracker), namun istilah Hack lebih sering dijumpai terutama di dunia internet. Misalnya Hacker atau Cracker telah melakukan retasan dengan Cara Hack Whatsapp Android, kita harus menangkalnya dengan Cara Mengembalikan Whatsapp yang di hack. Sedia payung sebelum hujan lebih bagus, yaitu dengan mengetahui Cara agar whatsapp tidak di hack.

Begini Tips yang bisa dicoba dan dilakukan sebagai Cara Mengembalikan Whatsapp yang Di Hack WAJIB Disimak Untuk Menangkal Banyaknya Cara Hack Whatsapp Android:

10 Cara Mengembalikan Whatsapp yang Di Hack dan Cara Agar whatsapp Tidak Di Hack

1. Hubungi Customer Service Whatsapp

Bisa melalui email resminya dan juga via telepon resmi

Apabila Akun Email seperti Gmail dan Lainnya juga ikut di Hack, maka lakukan juga kirim “Surat Cinta” ke Alamat Email Resmi terkait, Jelaskan dengan Singkat tapi rinci dan dengan bahasa sopan.

(Pengalaman Penulis ketika mengirim Email Pengaduan ke layanan Gmail, respon 3 hari sampai 1 minggu, dan diusahakan Bahasa yang digunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar atau lebih bagus lagi bahasa Inggris)

Jangan anggap remeh surat elektronik “Ga mungkin dibalas, yang masuk emailkan banyak, dsb”

2. Masukkan Data-data di form yang diminta (jika ada)

Memasukkan data pribadi hanya ke alamat email resmi, bukan email ‘abal-abal’ untuk keamanan akun kita.

3. Setting WhatsApp Web

Silahkan Buka Aplikasi Whatsapp di Smartphone

Lihat dan Klik Menu “Setting” Whatsapp yang ada di kanan atas (pojok kanan bagian atas)

Lalu Kita bisa Buka WhatsApp Web

Lihat ketika menghubungkan dengan Whatsapp Web

Apakah terlihat perangkat Aplikasi Whatsapp Smartphone Kita pernah atau sedang terhubung ke perangkat Whatsapp Web lain atau tidak, jika pernah atau bahkan masih terhubung, silahkan Logout

Cara Mengembalikan Whatsapp yang di hack, cara agar whatsapp tidak di hack, cara menangkal aplikasi whatsapp hack android, junipedia.com

4. Aktifkan Fitur Setting Aplikasi Whatssap Verifikasi 2 Langkah

Mengaktifkan “Two Factor Authentication Whatsapp” atau fitur Verifikasi 2 langkah pada Aplikasi Whatsapp di Smartphone Kita, dapat Meminimalisir adanya Peretasan atau Hack Whatsapp Kita, sebab jika sudah diaktifkan verifikasi 2 langkah, biasanya ketika Whatsapp kita login pada perangkat lain, seperti halnya whatsapp web, maka akan diminta verifikasi yang biasanya kode verfikiasi hanya dikirimkan ke nomor handphone atau smartphone yang telah kita masukkan sebelumnya untuk Verifikasi Sedikit ribet memang, tapi untuk keamanan akun kita, kenapa tidak dicoba.

5. Jangan Lupa Logout ketika kita menggunakan Whatsapp di Whatsapp Web

Ketika kita menggunakan Whatsapp web, atau login akun Email atau akun lainnya di sebuah perangkat, jangan lupa logout jika sudah selesai, meskipun perangkat tersebut adalah milik kita sendiri, apalagi milik orang lain.

6. Gunakan Kombinasi Password dan Password berbeda

Ketika SignUp di sebuah akun, baik itu akun Whatsapp, Email, Facebook dan lainnya, sebaiknya Gunakan Password yang berbeda, dan gunakan password dengan kombinasi angka, huruf dan karakter lainnya, tidak perlu panjang, namun cukup sulit untuk diretas.

Ganti password minimal 1 bulan sekali, hal ini juga berguna untuk mengatasi adanya peretas yang menyusup ke akun kita

7. Hindari Klik Link Aktif dan Klik Gambar yang dikirim oleh Nomor Tidak Dikenal

Ketika Seseorang tidak dikenal Mengirim Gambar atau Picture ke Chatt WhatsApp kita, agar berhati-hati jangan tergiur gambar keren atau menarik langsung klik view, sebab dengan bermodal kirim gambar ke whatsapp kita, Peretas bisa dengan Mudah membobol akun whatsapp.

Sebab Whatsapp memiliki sisi rentan diretas atau bisa disebut dengan Bug. Dengan itu, celah Bug tersebut bisa dimanfaatkan Hacker atau Cracker untuk Meretas Akun Whatsapp Kita hanya dengan bermodal gambar atau foto yang dikirim lalu kita Klik View atau kita lihat foto tersebut

 

Cara Mengembalikan Whatsapp yang di hack, cara agar whatsapp tidak di hack, cara menangkal aplikasi whatsapp hack android, junipedia.com
Prosedur Hack dengan Modal Foto, picture by Jalantikus.com

Hal tersebut Dilakukan Hacker atau Cracker Hanya dengan Menyisipkan MALWARE melalui Foto atau Gambar yang dikirim ke Chatt Whatsapp kita, dan Foto tersebut Kita Klik View.

8. Fugsi Fitur WhatsApp End-To-End Encrypted dan SS7 (Signalling System 7)

Fitur WhatsApp berkaitan erat dengan Akun yang Di Hack, dan hal ini yang menyebabkan akun rentan dimanfaatkan Hacker atau Cracker yang menyusup masuk lewat MALWARE ini disebut Fitur Enkripsi End To End

Yang mana Fungsi Fitur  Enkripsi End To End tersebut sebenarnya untuk Lebih menjaga Kerahasiaan Data Pengguna Whatsapp, yang mana Pihak WhatsApp Tidak Bisa mengetahui History atau obrolan dari Chatt Kita dengan Seseorang.

Tetapi sangat disayangkan Fitur Enkripsi End To End untuk menjaga Kerahasian Data Pengguna Whatsapp tersebut TIDAK dapat mendeteksi adanya MALWARE yang diselipkan dan menyusup masuk lewat Pesan Chatt WhatsApp dari Peretas yang berupa Link atau Foto.

Kerentanan ini terletak pada SS7 (Signalling System 7),yang mana SS7 Sangat Vital fungsinya pada sebuah Sisi Keamanan suatu Sistem Perpesanan yang Cukup Tinggi yang digunakan pada Operator Telekomunikasi

Sistem Protokol SS7 ini menjadi Celah Hacker atau Cracker atau siapapun itu yang ingin melakukan Penyusupan bahkan Penyadapan kesuatu objek tertentu, dan mampu melacak suatu Gerakan Pengguna Smartphone atau Ponsel di Lokasi manapun (yang menjadi target peretesan)

9. Hindari Physing dari Link Aktif  yang dikirim ke Whatsapp Kita

Dengan Klik Link Aktif (Maksudnya Link suatu situs yang dikirim ke Whatsapp kita) tanpa mengetahui asal usul web atau dikirim dari orang tidak dikenal, bisa saja akun whatsapp kita di hack atau diretas hanya dengan Kita Klik Link tersebut.

Misalnya saja ada Seseorang tidak dikenal tiba-tiba masuk chatt whatsapp kita, lalu diselipkan link aktif yang kita lihat secara sekilas link aktif resmi, misal link dari sumber Twitter seseorang tersebut, yang menarik kita klik, padahal sebenarnya bukan Link Twitter asli, melainkan (misal) link sianu,blogcepot,com tapi tampilan hampir sama persis dengan Twitter.

Untuk itu, jika kita memang penasaran dengan sebuah link, lihat dan pastikan dulu apakah link tersebut adalah link resmi suatu akun misal kalau Twitter yaitu https://www.twitter.com/, atau kalau facebook yaitu https://www.facebook.com

10. Aktifkan Fitur Email Restore

Daftarkan Email Restore untuk mengantisipasi adanya Penyusup ke akun kita. Fitur ini sangat penting dan berguna, sebab Jika Kita sudah mengaktifkan Fitur Email Restore.

Biasanya Apabila ada aktifitas yang diduga tidak sah atau aktifitas lain seperti halnya email kita log in di perangkat lain, meskipun yang login adalh kita sendiri, maka akan muncul pemberitahuan atau notifikasi ke email restore Kita bahwa ada aktifitas yang dianggap mencurigakan dari perangkat lain dengan menggunakan Email Utama akun kita

Apabila Fitur Email Restore ini sudah diaktifkan, jika akun kita diretas, diketahui (diharapkan) masih bisa diselamatkan dalam batas maksimal 1 hari atau 1×24 jam.

Baca Juga:

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Memory Internal Android Tanpa Root


Sekedar Informasi Tentang Perbedaan HACKER dan CRACKER

Cara Mengembalikan Whatsapp yang di hack, cara agar whatsapp tidak di hack, cara menangkal aplikasi whatsapp hack android, junipedia.com
Ying, Salah satu Hacker Cantik dan Hacker terkenal di Dunia

Peretasan selalu identik dengan yang namanya Hacker, yaitu Seseorang yang meretas suatu akun atau situs. Padahal pada prinsipnya Berbeda, meski cara kerjanya Hampir Sama yaitu mencari suatu celah kelemahan suatu akun atau sistem, dan Seseorang yang menjadi Hacker dan Cracker pun bisa Laki-laki dan bahkan Juga banyak Wanita yang menjadi Hacker terkenal di Duia.

Simpelnya yang Membedakan Hacker dan Cracker adalah Tujuan Akhir dari Peretasan tersebut, Hacker untuk tujuan Kebaikan dan Cracker untuk Tujuan Merusak

Bahkan beberapa tahun yang lalu, Perusahaan “Raksasa” Teknologi dan Internet sekelas Google pun Berani membayar Mahal (Sekitar 19 Miliar Rupiah) untuk Hacker tujuan positif (White Hat) untuk Pekerjaannya menemukan sebuah Kerentanan Sistem atau Bug pada berbagai Produk Google.

Definisi Hacker (White Hat):

Hacker adalah Seseorang yang mencari celah keamanan dan menyusup ke Suatu Sistem keamanan suatu situs atau akun, dengan tools hacker atau pun dengan memanfaatkan sistem yang tersedia.

Hacker biasanya akan memberitahukan kepada Pemilik Situs yang diretas agar suatu situs tersebut ditingkatkan keamanannya sebab mudah diretas, dan Hacker membantu dalam memperbaiki sistem keamanan situs atau akun dengan cara LEGAL.

Dengan kata lain, Hacker menggunakan pekerjaan Hacking untuk tujuan yang bermanfaat positif untuk suatu sistem operasi di dunia Internet.

Hacker mempunyai Komunitas yang terbuka dan jelas

Definisi Cracker (Black Hat):

Cracker (Black Hat)adalah Seseorang yang menggunakan sistem Cracking untuk menyusup ke suatu sistem jaringan internet dengan Tujuan Merusak, atau mengambil alih sepenuhnya data atau informasi yang ada untuk Kepentingannya atau kepentingan Kelompk Cracker itu sendiri

Cracker Memiliki Komunitas Tertutup, dan IP Addressnya pun Sulit untuk dilacak.


(Baca Juga: Cara Mengetahui Lokasi Seseorang dan Memantau Chatt Seseorang dengan Aplikasi WhatsApp)


Junipedia adalah Media Informasi, tidak menggantikan teori dan fakta yang ada dari Para Ahli di Bidangnya. Silahkan Kritikan dan Saran Jika terdapat kesalahan dalam penulisan teori dan fakta yang ada

Referensi Terkait:

Junipedia, Selular, ardnesia, SmartphonekuJalanTikus, JalanTikus, Kanal, Brainly, Image Unggulan by Popular-World edit Junipedia, NewsLiputan6, Caramita, …

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *