Yuni Rizani, S.I.Kom 31 Juli 2018

Ini 2 Alasan Mengapa Makan Perlahan dapat Membantu Diet Aman


Cara Menjaga berat badan dengan Makan Perlahan
(Mengunyah makanan, picture by pexels)

Tips diet aman dengan cara Mengunyah makanan secara perlahan diketahui efektif untuk diet dan baik untuk kesehatan tubuh.

Diet efektif dengan pola makan diet sehat menurunkan berat badan dibarengi dengan cara mengunyah makanan perlahan, dengan tidak terburu-buru dalam mengunyah makanan.

Walaupun ketika kita makan terkadang disesuaikan dengan kebutuhan waktu yang tersedia, misalkan ketika pagi ingin berangkat ke kantor atau ke sekolah atau juga ke kampus, ketika sudah hampir terlambat, maka makanpun secara tergesak-gesak tanpa memperhatikan apa yang dimakan dan berapa kali harus mengunyah makanan. Apapun situasinya, sebaiknya mengunyah makanan dilakukan secara perlahan dan tidak tergesak-gesak agar makanan yang dicerna juga baik hasilnya bagi pencernaan dam tubuh.

Hal ini sejalan dengan informasi yang telah dilansir dan dirangkum dari gaya.tempo.co, tentang manfaat mengunyah makanan perlahan baik untuk menurunkan berat badan bagi yang sedang diet.

Sebuah studi Penelitian tentang Makan Perlahan

Bahwa sebuah Studi dari tim Ilmuwan, Universitas Hiroshima, Jepang, telah menemukan bahwasanya makan secara cepat dapat berisiko pada sindrom metabolik. Sindrom metabolik ini mengacu pada beberapa masalah kesehatan yang mana kondisi ini dapat menyebabkan diabetes, obesitas atau bahkan penyakit jantung.

Apa yang terjadi jika makan cepat tanpa Mengunyah perlahan?

Lalu Tim peneliti tersebut menyimpulkan bahwa makan dengan cepat berkaitan dengan faktor kenaikan berat badan yang tidak sehat, dan kadar glukosa darah menjadi tidak stabil, serta bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

Penelitian Tentang Efek positif Makan Perlahan

Selanjutnya Menurut penelitian tersebut juga, bahwa ketika mengunyah makanan (secara perlahan) dan menelannya dengan cara benar, maka otak akan memberi waktu untuk memproses sebuah perasaan kenyang yang akan mungkin memberi sinyal pada kita untuk berhenti makan di awal sebelum merasa sangat kenyang dan mencegah makan berlebihan juga tentunya.
Cara Menjaga berat badan dengan Makan Perlahan
(Sajian makanan sehat, picture by pexels)

2 Alasan Mengunyah Makanan Secara Perlahan Dapat Menjaga berat Badan dan Diet

1. Mengunyah makanan perlahan Membuat kita mengurangi nafsu makan

Makan secara perlahan dapat membantu mengurangi nafsu makan dan dapat mengatur berat badan tubuh kita

Sebab Otak membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit untuk memberi isyarat pada kita bahwa kita sudah merasa kenyang.

Mengunyah makanan dengan perlahan juga dapat membantu kita untuk makan dengan porsi lebih sedikit dari biasanya, dan hal ini tentu dilakukan dengan cara yang benar, maka secara otomatis juga kita tidak akan makan secara berlebihan dan hal ini berfungsi untuk menjaga berat badan agar tidak menjadi berlebihan

2. Membuat Pencernaan dan asam lambung menjadi lebih baik

Ketika kita mengunyah makanan secara perlahan, maka asupan makanan yang dicerna pun akan lebih baik, sehingga segala vitamin yang ada di dalam makanan yang dikonsumsi dapat diterima dengan baik oleh fungsi perncernaan kita.

Hal ini juga berfungsi untuk asam lambung agar dapat menerima asupan dengan baik dan diharapkan dapat mengurangsi penyakit maag.


Menurut penulis pribadi dan bukan bermaksud sara*, Bahwa Mengunyah makanan secara perlahan juga sejalan dengan syariat Islam (untuk yang berAgama Islam), bahwa mengunyah makanan dengan perlahan (ada yang menyebutkan 33 kali ada juga yang menyebutkan 41 kali kunyahan setiap suapan), sudah dianjurkan oleh Nabi Muhammad S.A.W, sejak dulu yang tentu saja Baik untuk kesehatan tubuh kita.


(Media ini adalah sarana informasi, tidak menggantikan teori dan fakta dari para ahli di bidangnya, silahkan kritikan dan saran jika terdapat kesalahan dalam penulisan dan fakta yang ada)
Sumber referensi terkait;

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*