junizein 8 April 2018

Cara Relaksasi Sederhana untuk Balita Sebelum Tidur

1. Teknik Relaksasi untuk Balita agar tidur nyaman

Walaupun sepertinya terlihat anak Anda tidak melakukan sesuatu hal yang berarti selain bermain di waktu siang, namun hal tersebut sangat berarti untuknya, dan anak juga bekerja sangat keras dalam hal bermain dan untuk diingat, bukan berarti hidup balita bebas dari stres. Pada waktu anak belajar berjalan, mulai bisa berbicara, dan anak tersebut mendorong dirinya pada batas kekuatan fisiknya, serta untuk
pembelajaran mental sang anak, dia juga bisa terjatuh saat bermain, menabrak sesuatu, lalu bisa juga terkejut, dan hal-hal yang terlihat seperrti menyakiti dirinya yang dilakukan berulang-ulang pada hari-harinya. Pada waktu tersebut kadangkala anak Anda belum tahu tentang bagaimana cara bermain dan mengontrol diri, dia kadang merasa frustrasi dan marah pada dirinya karena kegagalan untuk menggapai sesuatu yang belum bisa digapai. Beberapa maca aktivitas tersebut tentu saja bisa membuat anak yang masih balita menjadi sangat merasa lelah dengan berbagai aktivitasnya tersebut.

Kita dapat melakukan cara relaksasi sederhana dan cara relaksasi untuk menghilangkan stres pada anak setelah letih bermain dengan membantu melakukan sebuah transisi setelah anak aktif bermain berubah menjadi suasana yang cukup tenang pada malam hari, sehingga hal yang tenang dapat membuat anak mengantuk dengan tidak ada lagi aktivitas di luar kamar,  sehingga terasa sepi.Kadangkala kita menemukan aktivitas kesukaan anak yang rutin dilakukan hampir setiap hari dan justru itu bisa saja membuat frustrasi pada anak sebab hal yang monoton tersebut, lalu kelelahan yang didapat sehingga sangat membutuhkan waktu tidur yang nyenyak dan nyaman. Fisiknya juga bisa letih, sebab terlalu riang bermain disiang hari sampai anak tidak tersadar bahwa dia sudah lelah bermain dan membutuhkan waktu istirahat dan tidur yang nyaman.

Cara relaksasi sederhana dan cara relaksasi sebelum tidur pada bayi ini bisa dengan cara melakukan relaksasi di rumah bersama anak, misalkan saja Orang tua bisa mengajak anaknya melakukan transisi dari siang menuju malam tersebut dengan mengajaknya Mewarnai gambar yang ada di buku gambar, membaca buku cerita untuk anak, dan menyanyikan lagu anak untuk pengantar tidurnya, hal ini dapat membantu anak Anda melepaskan rasa lelah dan fikiran aktivitas siangnya pun mulai mereda, atau dengan melakukan cara relaksasi Islam untuk Anak (untuk yang muslim), dan tetap ingat harus mengkonsumsi air putih sebelum tidur agar ketika tidur anak tidak dehidrasi.

Hal yang Penting juga bisa dilakukan yaitu bersantai dengan balita / anak Anda ketika waktu tidur sudah tiba, agar balita / anak juga bisa mencontoh hal yang sama, yaitu tidak lagi melakukan aktivitas yang membutuhkan energi ketika menjelang tidur.Sebaiknya hal tersebut diterapkan pada anak, dengan konsisten dalam membangun sebuah kerangka rutinitas untuk tidur, sehingga di hari-hari besok diharapkan anak / balita dapat mengasosiasikan kegiatan seperti ini lagi menjelang waktu tidurnya dan hal ini diharapkan dapat membantu anak / balita mengenali waktu yang tepat untuk
beranjak tidur ketika malam hari.

2. Pijat Bayi agar tidur anak nyenyak

Dalam menerapkan tentang pola tidur teratur agar tidur anak nyenyak terutama bagi bayi, kadangkala Kita para Orang tua kebingungan harus memulai dari mana.

Melakukan pemijatan pada bayi misalkan setelah Orang tua pulang dari kerja atau beraktivitas, dapat membantu orang tua menjalin hubungan kembali dengan bayi setelah hampir seharian terpisah oleh aktivitas di kantor atau di tempat kerja, serta dapat membantu bayi dan orang tua dalam menuju waktu untuk beristirahat dan bersantai bersama
keluarga di rumah.

Setelah Orang tua dan bayi sudah mengembangkan rutinitas seperti tersebut di atas, diharapkan Orang tua juga akan memiliki keterampilan dalam hal menenangkan anak ketika rasa kesal melanda sang anak tercinta. Sebab, kadangkala Akan ada saatnya dimana bukan hanya tentang mencukupi makanannya, bukan tentang mengganti popok bayi, tapi lebih kepada hal yang menenangkan,  yaitu sebuah sentuhan lembut dan santai yang bisa diberikan orang tua pada buah hati tersayang. Bahkan pada saat keadaan menjadi penyebab perubahan dalam sebuah rutinitas dan lingkungan anak, maka tekhnik memijat yang dilakukan rutin dan konsisten ini dapat menjadi pusat rutinitas bayi Anda ketika malam hari, dan merupakan sebuah penghantar anak agar tidur dengan nyenyak dan nyaman. Selain hal itu, belajar bersantai bersama buah hati di sela-sela kesibukan merupakan sebuah keterampilan yang juga dibutuhkan oleh Orang tua untuk mengasuh si kecil.

Sebuah Studi menunjukkan bahwa sebuah efek positif dalam penerapan memijat bayi hebatnya sama dengan membangun kesehatan fisik dan mental, serta emosional antara anak dan orang tua. Kita dapat belajar tentang cara pijat relaksasi bayi ini dengan belajar dari Pengalaman orang terdahulu dan juga dari pakar yang dipercaya. Hal ini termasuk penting, sebab Pijat bayi juga sudah terbukti dapat memberi manfaat yang positif bagi bayi untuk menambah nafsu makan bagi anak yang tidak terlalu suka makan, menumbuhkan sebuah keterikatan, yang juga berfungsi untuk mempengaruhi pola tidur bayi untuk keseluruhannya. Penerapan Pijat bayi ini juga membantu bayi dalam merangsang hal penting yaitu fungsi otaknya, serta dapat meningkatkan kemampuan mental anak yang didapatdari rangsangan pijatan dari Orangtua pada bayi tersebut.

3. Cara Mengasuh anak secara Pribadi dan hubungannya dengan Tidur Anak

Para Orang tua yang baik bisa mempunyai beragam cara dalam mengasuh bayinya. Tentu saja masing-masing dari kita sebagai Orang tua memiliki kekuatan, serta sebuah minat, dan juga nilai yang berbeda-beda yang akan membuat kita menjadi orang tua yang cukup hebat dalam melakukan sesuatu untuk anak tersayang.

Sebaiknya jangan biarkan diri kita sendiri menjadi berkecil hati atau merasa kecewa ketika ada orang lain memberi nasehat seperti cara pengasuhan kita tidak sesuai dengan karakter anak kita. Selama semuanya baik-baik saja untuk Anda dan sang anak, tidak ada orang lain yang bisa begitu meyakinkan Anda bahwa metode yang kita pakai adalah salah atau benar. Begitu kita sudah mengenali dan dapat menemukan cara pengasuhan terhadap anak untuk diri sendiri,  sebaiknya kita bisa berhenti untuk terus mencoba memenuhi sebuah harapan orang lain terhadap pola pengasuhan kita pada anak kita sendiri, selama kita nyaman dengan anak dan tidak menyalahi aturan Agama dan norma hukum yang berlaku. Alasan terpenting kita untuk tidak mencoba memenuhi harapan orang lain itu adalah, bahwa orang lain yang bertindak memberikan saran yang  walauupun bermaksud baik, mereka tidak mengenal anak kita sebaik kita mengenal anak kita sendiri.

Mereka sebenarnya tidak ada bersama anak kita diwaktu malam hari dan disiang hari, tidak melihat dia tumbuh di setiap harinya, tidak melihat setiap hari secara langsung bagaimana anak kita belajar dan mengeksplorasi sesuatu hal yang ada disekitarnya, tidak mengetahui bagaimana anak kita bermain dan waktu makan serta waktu tidur anak kita. Sebab, kitalah sebagai Orang tua yang mengetahui persis tentang hal yang terbaik untuk anak kesayangan kita, dan kita sendiri yang  mengetahui tentang hal apa yang terbaik di
dalam rumah tangga kita, yang tentu saja mengalami rintangan dan kesalahan yang harus diperbaiki.

Maka dari itu, pada waktu kita menerima saran dari orang lain yang sebenarnya tidak kita minta sebelumnya tentang kebiasaan tidur anak kita, ingatlah kembali tentang cara mengasuh anak secara pribadi kita. Kita telah melakukan sebuah kerja keras, dan telah melakukan pengalaman berharga, dan telah mempelajarinya ketika bersama anak tentang hal apa yang berhasil dilakukan dan hal mana yang belum berhasil. Sebuah isyarat tersebut lahir dari naluri kita yang terikat dengan ikatan bathin dengan anak kita sendiri.Dan perlu diperhatikan juga bahwa Tidak ada yang namanya aturan yang begitu keras dan harus cepat dilaksanakan untuk mengatur pola kebiasaan tidur anak selain memperhatikan apa yang dibutuhkan anak kita. Sehingga kita bisa memahami karakteristik anak kita sendiri tentang hal apa yang seharusnya dilakukan ketika sudah menjelang waktu tidur untuk anak, misalkan dengan membawanya bercerita di tempat tidur bersama kita, dan lainnya.

Namun, Seiring dengan bertambah kembangnya anak, dan dengan pertumbuhan anak setiap harinya, sebuah isyarat tersebut mungkin saja ikut berubah, akan tetapi selama kita tetap berusaha menjaga keselarasan dengan apa yang diinginkan anak dalam hal kebiasaan tidurnya, diharapkan kita akan tetap bisa menerapkan pola tidur anak yang baik kedepannya.


Written by JunniZein

Silahkan kritikan dan saran jika terdapat kesalahan
dalam penulisan 
Media ini hanyalah sebagai informasi, bukan untuk menggantikan teori dari para pakar dan ahli pada bidangnya

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*