Efek Negatif Pengharum Ruangan dan Lilin Aromaterapi bagi Kesehatan

Efek Negatif Pengharum Ruangan dan Lilin Aromaterapi bagi Kesehatan

Efek negatif pengharum ruangan juga lilin aromaterapi dapat Anda rasakan, jika Anda memang memperhatikan kesehatan, maka hal ini harus diperhatikan. Setiap orang menghindari stress, dan juga mencari cara bagaimana untuk membuat pikiran relaks serta stress pun lepas – Dan memang kondisi stress tak bagus untuk kesehatan. Benda yang sekarang sering digunakan untuk rileksasi tersebut tak lain adalah lilin aromaterapi, di mana aroma yang dikeluarkan oleh lilin khusus tersebut akan merangsang sistem syaraf seseorang supaya lebih santai. Sekarang cukup banyak tempat massage yang menggunakan lilin aromaterapi ini, bahkan Anda juga dapat dengan mudah menemukannya di kota besar. Mari baca selengkapnya di artikel ini
pengharum ruangan

Di balik lilin aromaterapi

Efek negatif pengharum ruangan bagi anda yang mungkin Anda sekarang tidak tahu, namun di balik penggunaan lilin aromaterapi itu ternyata dapat memberikan pengaruh negatif untuk kesehatan seseorang. Ada seorang yang melakukan penelitian dan menyebutkan jika ternyata benda tersebut tak aman untuk digunakan. Namun di sini tak terbatas kepada lilin aromaterapi saja, melainkan lebih dari itu. Contoh lainnya adalah dupa, aerosol, dan juga pengharum ruangan – Mulai dari yang versi padat, gel dan semprot, itu juga termasuk ke dalam daftar atau list berbahaya bagi kesehatan. Semua itu tentu saja tidak disebutkan begitu saja, namun ada penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya yang berhubungan dengan efek negatif pengharum ruangan..
Para peneliti berhasil menemukan jika pemakaian lilin aromaterapi untuk jangka waktu lama ternyata dapat mengakibatkan gangguan kesehatan asma dan paru-paru, juga dapat mengakibatkan seseorang terserang tumor. Tak hanya itu, efek negatif pengharum ruangan. seperti pada lilin aromaterapi misalnya, terdapat bahan kimia dalam lilin aromaterapi, yaitu paraffin dan formaldehyde. Bahan kimia tersebut disinyalir dapat mengubah struktur DNA, karena itu akan memudahkan penyakit kanker untuk hinggap pada tubuh seseorang yang sering menghirup wewangian aromaterapi, khususnya untuk yang jangka panjang. Mungkin jika hanya sesekali menggunakannya, tidak akan terlalu menjadi masalah besar.

Hasil pembakaran

Selain itu, hasil pembakaran dari lilin serta semprotan pengharum ruangan, material bahan kimianya dapat terperangkap pada paru-paru serta mengakibatkan timbulnya radang. Berdasarkan peneliti yang bernama John Naish, disebutkan jika aroma gaharu dan cendana ternyata efeknya jauh lebih berbahaya dibandingkan rokok, dalam hal merusak DNA tubuh. Itu mengenai lilin aromaterapi, sekarang mengenai pengharum ruangan. Untuk penggunaan pengharum ruangan, ternyata tak hanya dapat merusak struktur DNA saja, melainkan juga dapat mengganggu produksi hormon serta dapat mengakibatkan penyakit asma, ini salah satu faktor yang harus dihindari dari efek negatif pengharum ruangan.
Formaldehyde, bahan kimia di dalam pengharum ruangan itu dapat mengakibatkan kanker. Berdasar penelitian internasional yang sebelumnya pernah dilakukan pada Tahun 2013 yang lalu, disebutkan jika ibu hamil yang seringkali memanfaatkan pengharum ruangan sehari-harinya, ternyata memiliki resiko lebih tinggi dalam melahirkan bayi dengan gangguan pernafasan serta infeksi paru-paru.

Melepas stress

Kembali ke fungsi lilin aromaterapi, yaitu untuk melepas stress. Dengan mengetahui begitu banyak efek negatif penggunaan lilin aromaterapi tersebut untuk kesehatan, Anda sebaiknya berpikir ulang jika hendak menghilangkan stress dengan menggunakan aromaterapi tersebut. Cukup banyak cara lain yang lebih aman untuk menghilangkan stress, yang dapat Anda lakukan. Bahkan cara yang gratis pun juga banyak, asalkan Anda mau melakukannya. Misalnya saja Anda dapat mengunjungi alam pegunungan atau ke hutan, Anda dapat mencium aroma asli dari sekitar. Tentu itu lebih menyehatkan, karena yang Anda hirup itu adalah udara segar, bebas polusi dan juga bebas bahan kimia berbahaya.
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *