Gangguan kesehatan dapat dideteksi dengan Apple Watch

Gangguan kesehatan bisa dideteksi dengan aplikasi Apple Watch

 

(Apple Wacth, picture by pexels. com)
Apple Watch merupakan jam tangan pintar yang diproduksi oleh Apple Inc. Apple watch tersedia dalam 4 macam varian, Varian tersebut antara lain: Apple Watch Edition, Apple Watch Sport, Apple Watch, Apple Watch Hermès . Apple Watch dapat terkoneksi secara nirkabel ke iPhone untuk melakukan fungsi telepon dan pesan.

Aplikasi Apple Watch Untuk Deteksi Gangguan Kesehatan

Dilansir dan dirangkum dari Republika, Pada Apple Watch, terdapat Aplikasi Cardiogram yang ternyata bisa digunakan untuk mendeteksi ritme jantung abnormal, hal ini bisa digunakan untuk memprediksi dan juga mencegah penyakit jantung.

Teknologi dalam aplikasi Cardiogram tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi adanya 2 kondisi serius, seperti
1. Gangguan apnea tidur
2. Hipertensi dengan akurasi tinggi.

1. Apnea tidur bisa terlihat dari gejala terganggunya pernapasan ketika seseorang sedang tidur. Jika tidak mendapat penanganan dengan baik, dapat meningkatkan terjadinya resiko stroke.

2. Hipertensi dan apnea tidur adalah dua kondisi serius yang bisa menjadi penyebab komplikasi berbahaya pada kesehatan. Jika Hipertensi tidak dapat ditangani dengan baik, bisa saja menjadi pemicu komplikasi pada jantung, penyakit ginjal, stroke, bahkan kerusakan pada mata.

(Alat kesehatan, picture by pexels)

Dengan melakukan terus melakukan pantauan pada denyut jantung, Apple Watch diketahui bisa mendeteksi adanya apnea tidur dengan akurasi 90 persen, dan 82 persen untuk deteksi Hipertensi.

Pada sebuah Studi menunjukkan, bahwa dengan adanya kemampuan mendeteksi apnea tidur dan hipertensi, maka akan dapat menghemat waktu pengguna dan juga dokter. Sebab, data yang sudah berhasil terekam dalam aplikasi Apple Watch tersebut dapat membantu para dokter untuk membuat diagnosis dengan lebih cepat, untuk juga kemudian memberikan terapi lebih dini jika saja ditemukan masalah pada kesehatan.Dirangkum dan dilansir oleh Republika, dari Mail Online:
Johnson Hsieh, Co Founder Cardiogram yang menjabat juga sebagai Ketua Peneliti, mengatakan:
“Dengan skrining terus-menerus, Anda bisa mengidentifikasi orang-orang dengan hipertensi yang mungkin tidak sadar mereka memiliki kondisi itu,” tutur Beliau.

Lalu Menurut Johnson Hsieh, hasil studi menunjukkan adanya manfaat positif & menjanjikan dari penggabungan teknolgi wearable dengan sensor denyut jantung. Ada banyak teknologi sensor denyut jantung yang bisa digunakan selain Cardiogram, salah satunya FitBits.

Sekilas aplikasi pada Apple watch series 1

Untuk hidup yang sehat. Dapat memantau aktivitas dan mengukur olahraga. Memonitor kesehatan. Apple Watch Series 1 memiliki prosesor dual-core dan fitur baru yang andal dari watchOS 4.

Sekilas aplikasi pada Apple watch  series 3
Memiliki Aplikasi Detak Jantung, Selalu bisa memantau detak jantung pada waktu istirahat, berjalan, dan juga setelah berolahraga. Terdapat juga Aplikasi Bernapas, untuk menenangkan Fikiran dan membiarkan tubuh rileks.

Semoga bermanfaat

(Media ini adalah sarana informasi, tidak menggantikan teori dan fakta dari para ahli di bidangnya, silahkan kritikan dan saran jika terdapat kesalahan dalam penulisan dan fakta yang ada. Sebaiknya melakukan kontrol kesehatan lebih lanjut kepada dokter ahli)


 

 

Referensi Sumber:
Google, Center,
id.wikipedia.org/wiki/Apple_Watch
apple.com/id/apple-watch-series-3/
apple.com/id/apple-watch-series-1/
republika.co.id/berita/trendtek/gadget/17/11/22/ozfz78-apple-watch-bisa-deteksi-dua-gangguan-kesehatan-ini

Tags:
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *