Yuni Rizani, S.I.Kom 5 Agustus 2018
Info Gempa Lombok, junipedia.com

Info Gempa Lombok 7 SR yang Kembali Terjadi Minggu 05 Agustus 2018

Gempa Lombok 7 SR, terjadi pada Minggu Sore Menjelang Malam. Gempa di wilayah Lombok Timur yang berkekuatan 7 SR pukul 18.46 Wib, dilaporkan sempat berpotensi Tsunami, namun BMKG sudah menyatakan peringatan dini Tsunami tersebut diakhiri pada pukul 20.25 Wib Minggu Malam.

Gempa Lombok 7 SR yang terjadi Sore Hari Menjelang Minggu Malam, juga sempat terjadi Sepekan yang lalu. Dan pada Hari Minggu 05 Agustus 2018 ini terjadi kembali Gempa, tepatnya Gempa berkekuatan 7 SR di wilayah Lombok Timur.

Diketahui adanya Pusat gempa terletak pada 8,3 lintang selatan, 116,48 bujur timur, kedalaman 15 Km, Kabupaten Lombok Utara.

Info Gempa Lombok,
Info BMKG, picture by capture twitter BMKG

Gempa Lombok 7 SR yang mengguncang di tanggal 05 Agustus 2018 ini sempat dikabarkan berpotensi Tsunami. Sebab, setelah beberapa saat Gempa Lombok 7 SR terjadi, BMKG melihat adanya tanda Tsunami Kecil di beberapa Wilayah, yaitu seperti pantai Carik dan Badas, Lembar serta Beno.

Cahaya Hijau Saat Gempa Lombok

 

Info Gempa Lombok, jumipedia.com
Info Gempa Lombok, picture capture Liputan6.com
Info Gempa Lombok, junipedia.com
Info Gempa Lombok, junipedia.com

Diketahui, ada 2 Warga yang mengatakan sempat Melihat Cahaya Hijau pada saat terjadi Gempa Lombok, 05 Agustus 2018

 

Info Peringatan Dini Tsunami level waspada

Info BMKG

Tsunami akibat Gmp Mag:7.0SR, telah terdeteksi di Carik(18:48WIB)0.135m, Badas(18:54WIB)0.100m#BMKG,” (akun Twitter resmi BMKG @infoBMKG, pada Minggu, 05 Agustus 2018).

Peringatan Dini Tsunami, Diakhiri

Peringatan dini Tsunami dinyatakan diakhiri/dicabut oleh pihak BMKG pada pukul 20.25 Wib, 05 Agustus 2018.

Meski begitu, gempa susulan sempat terjadi pada 20.07 wib di wilayah Timur Laut, Lombok Utara dengan gempa 5 SR. Meski tidak sebesar 7 SR di wilayah Lombok. Warga tetap harus selalu waspada.

Info BMKG: Hingga 20.40 Wib, sebanyak 27 kali gempa susulan terjadi di wilayah Lombok. Dan pusat Gempa 7 SR yang terjadi sebelumnya terjadi dari Lereng Rinjani

Saat ini dikabarkan Aktivitas Penerbangan di Bandara Ngurah Rai sudah kembali normal, setelah sempat terganggu beberapa saat pada waktu terjadi Gempa Lombok.

Semoga Tidak ada Gempa susulan lagi dan Semoga Kita semua dan Negara Republik Indonesia dijauhkan dari segala macam musibah bencana alam, aamiin…

Tentu saja Korban gempa Lombok butuh bantuan pasca terjadi Gempa, dan diharapkan Pemerintah dan pihak terkait terkait secepatnya dan semampu mungkin selalu memberikan bantuan logistik dan juga psikologi, terutama perhatikan kesehatan dan kondisi psikologi pada Anak-anak di Lombok pasca Gempa Lombok dan juga Perempuan / para Ibu-Ibu.

#UtamakanBayi #UtamakanBalita #UtamakanAnakAnak #UtamakanWanita


Junipedia adalah Media Informasi, tidak menggantikan teori dan fakta yang ada dari Para Ahli di Bidangnya. Silahkan kritik dan saran jika terdapat kesalahan informasi.

Semoga Tidak ada Gempa susulan lagi dan Semoga Kita semua dan Negara Republik Indonesia dijauhkan dari segala macam musibah bencana alam, aamiin…

Referensi sumber dan foto terkait: Media Televisi, TvOne, Merdeka.com, Twitter InfoBMKG, liputan6.com

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*