junizein 30 Mei 2018

Jangan berlebihan, ternyata Makanan dan Minuman ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan Ginjal kita

Ginjal manusia berjumlah dua atau sepasang. Mari kita kenali jenis makanan dan minuman apa saja yang jika dikonsumsi sebaiknya agar jangan berlebihan karena akan mengganggu kesehatan Ginjal.

Hidup sehat
Ginjal sendiri merupakan alat ekskresi yang berfungsi sebagai alat penyaring darah didalam tubuh kita,Ginjal dapat mengalami gangguan yang dapat membuat kerja ginjal menjadi terganggu atau bahkan tidak berfungsi.

Ginjal bisa saja mengalami Gangguan tersebut yang dapat berasal dari makanan yang kita dikonsumsi yang justru hampir tidak kita sadari.

Bagi yang punya masalah ginjal , ada baiknya untuk untuk mengurangi untuk konsumsi makanan atau minuman yang dapat mengganggu kinerja ginjal.

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang jika dikonsumsi berlebihan dapat mengganggu kesehatan ginjal kita.

1. Makanan dengan kandungan protein hewani

Makanan yang mengandung protein hewani memiliki kandungan yang namanya purine yang tinggi. Kandungan purine ini dapat diubah menjadi asam urat oleh ginjal, yang dapat menyebabkan pembentukan batu pada ginjal. Selain itu, asam urat juga dapat menyebabkan kerusakan pada sendi.

2. Makanan yang mengandung asam oksalat tinggi

Jenis makanan selanjutnya adalah makanan yang dapat mengganggu ginjal adalah makanan yang mengandung asam oksalat tinggi, dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung asam oksalat tinggi dapat mengurangi risiko berkembangnya batu ginjal. Makanan yang memiliki kandungan asam oksalat tinggi dapat berupa kopi, coklat, kacang dan ubi.

3. Makanan yang memiliki kandungan potassium tinggi

Jenis makanan berikutnya adalah makanan yang dapat mengganggu ginjal adalah makanan yang memiliki kandungan potassium tinggi. Kandungan potassium yang tinggi dapat membuat ginjal bekerja lebih keras dan lebih cepat mengalami kerusakan. Bila ginjal mengalami kerusakan, potassium yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat disaring dan orang yang mengalami kondisi tersebut dapat terkena hiperkalemia.

4. Makanan awetan dan makanan beku

Penyakit yang terjadi pada ginjal dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat disebabkan karena tingginya kadar sodium yang berada di dalam darah. Sumber sodium bisa didapatkan pada makanan awetan seperti makanan kalengan dan makanan beku.

5. Makanan yang memiliki kandungan fosfor yang tinggi

Jenis makanan selanjutnya yang dapat mengganggu ginjal adalah makanan yang memilki kandungan fosfor yang tinggi. Kandungan fosfor yang tinggi dapat mengganggu keseimbangan tingkat elektrolit yang berakibat pada tidak stabilnya tingkat elektrolit dalam tubuh. Makanan yang memiliki kandungan fosfor yang tinggi dapat berupa susu, yoghurt, susu kedelai dan yoghurt dari kedelai .



Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*