junizein 26 Juni 2018

Ketahui 9 Manfaat Jahe Merah untuk Pria dan Wanita

 

Manfaat Jahe Merah Untuk Pria dan wanita terutama juga bisa untuk Pengobatan dan menjaga stamina dan kesehatan tubuh.

Manfaat jahe merah yang mana jahe merah ini adalah Tanaman yang mempunyai nama latin Zingiber officinale,  dan merupakan salah satu rempah-rempah yang ada di Indonesia, yang tentu saja sudah lama dikenal memiliki manfaat dan khasiat yang cukup baik sebagai salah satu ramuan untuk menjaga stamina dan baik untuk pengobatan yang bisa didapatkan dari khasiat jahe merah serta manfaat jahe merah.

 

Manfaat Jahe Merah Untuk Pengobatan dan menjaga stamina

Jahe merupakan rempah-rempah yang memiliki banyak jenis, salah satunya adalah Jahe merah yang bisa kita ambil banyak manfaat dari Jahe merah. Tentu saja dengan konsumsi yang sesuai aturan dan sesuai kondisi tubuh pada tubuh yang tidak bertentangan untuk mengkonsumsi jahe merah, serta tidak berlebihan.

Jahe merah ini memiliki ciri khas pada bagian rimpang atau umbinya, dimana rimpang pada jahe merah berwarna merah dan mudah untuk dikenal. Pada bagian rasa, jahe merah memiliki rasa pedas yang lebih jika dibandingkan dengan jahe pada umumnya. Dan rasa pedas ini yang juga bisa diambil manfaat jahe merah. Rasa pedas tersebut disebabkan adanya kandungan senyawa keton yang dikenal dengan nama zingeron pada umbi jahe merah.

Kita perlu mengetahui berbagai macam kandungan yang dimiliki jahe Merah ini untuk dapat mengambil inti dari manfaat jahe merah.

KANDUNGAN JAHE MERAH

Jahe merah secara umum memiliki 3 kandungan penting berupa minyak atsiri, oleoresin, dan pati.

Jika dibandingkan dengan jahe lainya, jenis jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri paling tinggi, yaitu diantara 2,58-2,72%, selain dari ketiga kandungan berupa minyak atsiri, oleoresin, dan pati tersebut,

Dalam rimpang jahe merah juga memiliki unsur kimia lainnya seperti :

Heptenone,

phellandrene,
cineol,
d-borneol,
geraniol,
linalool,
d-camphene,
acetates dan
caprylate,
n-nonylaldehyde,
citral,
chavicol dan zingiberene.

Banyaknya kandungan yang terdapat didalam Jahe merah terutama kandungann minyak atsiri dan oleoresin yang terkandung dalam umbi atau rimpangnya, menjadikan jahe merah mempunyai manfaat dan khasiat yang tidak bisa dipandang sebelah mata, berikut adalah manfaat dan khasiat dari jahe merah:

Jahe merah
Jahe merah, image source bukumedis.com
  1. Mengatasi Mabuk saat perjalanan
  2. Membuat badan segar
  3. Menambah stamina tubuh
  4. Menjaga stamina tetap fit
  5. Mengobati Mual dan Masuk Angin
  6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  7. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  8. Meredakan batuk
  9. Menurunkan berat badan

Mengolah jahe merah untuk dikonsumsi tentu saja sebaiknya sesuai resep membuat jahe merah pada umumnya, dan tidak asal konsumsi jahe Merah mentah tanpa resep yang detail dari para ahli di bidangnya atau sesuai resep nenek moyang kita dalam mengolah jahe merah.

Perlu diperhatikan Untuk penderita maag dan asam lambung serta ibu hamil:

Sebaiknya berkonsultasi dengan Dokter ahli apabila ingin mengkonsumsi Jahe merah, sebab dikhawatirkan jika mengkonsumsi jahe Merah,  bisa saja akan menyebabkan lambung menjadi panas dan dikhawatirkan juga dapat berpengaruh terhadap janin yang sedang dikandung ibu Hamil.

Baca juga

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*