Kunyit Asam, Apakah Kunyit Bisa Melancarkan Haid, Dan TIDAK Mengganggu Kesuburan Wanita? Simak Penjelasan Ilmiahnya

Kunyit Asam, Apakah Kunyit Bisa Melancarkan Haid, Dan TIDAK Mengganggu Kesuburan Wanita? Simak Penjelasan Ilmiah

Kunyit Asam, merupakan salah satu rempah-rempah yang berasal dari Indonesia tercinta. Kunyit berbeda dengan Jahe ya (perbedaannya lihat di paragraf bawah). Kunyit Asam biasa dikenal sebagai Bahan Ramuan Jamu Tradisional, yaitu Jamu Kunyit Asam. Yang mana mitos beredar Kunyit asam menghambat kehamilan? beberapa penjelasan Ilmiah di bawah ini dapat membuka Fakta yang ada, bahwa Kunyit Asam melancarkan haid bukan menghambat Kesuburan.

Untuk membantu Melancarkan Haid, berbagai produk Obat dan Herbal pun banyak diproduksi. Namun jika ditelaah lebih jauh, Kita tentu lebih dekat dan bahkan mungkin lebih sering dengan Produk Pelancar Haid dari Ramuan Tradisional, seperti Jamu Kunyit Asam. Sebab diketahui, Manfaat Jamu kunyit asam selain untuk melancarkan haid, juga jamu kunyit asam bermanfaat untuk Asam Lambung, Untuk Kesegaran tubuh, Menurunkan Berat badan, dan bahkan juga manfaat jamu kunyit asam sebagai Anti Oksidan bagi Tubuh Kita.

Berikut Beberapa Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Melancarkan Haid dan Penjelasan Ilmiah Kunyit Asam Tidak menghambat Kehamilan.

Apakah Kunyit Bisa Melancarkan Haid ?

Kunyit Asam untuk Melancarkan Haid

Pada Saat Haid pada Wanita, tentu berbeda Orang, juga berbeda yang dirasakan, ada yang biasa saja tidak ada keluhan, dan ada juga yang merasakan nyeri haid atau haid yang tidak teratur dan tidak lancar.

Kunyit Asam Memiliki Kandungan Curcuminoid / Kurkumin, Yang diketahui untuk membantu meredakan nyeri haid dan melancarkan Haid

Fungsi Kandungan Curcuminoid tersebut dapat membantu :
  • Mengurangi ion kalsium yang masuk ke sel-sel epitel rahim
  • Mengurangi Prostaglandin yang diproduksi, (Yaitu suatu Hormon yang menyebabkan adanya pembengkakan dan rasa sakit)
  • Membantu Menjaga Kehalusan Kulit Wanita dan tentu saja untuk Kecantikan Wanita

(Baca Juga: Tips Sehat dan Cantik dengan Resep Jamu Kunyit Asam yang Mudah Dibuat Di Rumah)

Lalu Manfaat Kandungan Curcuminoid pada Asam Kunyit tersebut, terutama Asam Jawa, diperkuat dengan adanya reaksi Tannin, Alkaloid, Saponin, Phlobotamin, serta Sesquiterpenes, yang diketahui dapat mempengaruhi sistem saraf otonom serta otak yang kemudian Otak mengirimkan perintah kepada Tubuh agar Dapat menghentikan kontraksi rahim dan nyeri saat haid pada Wanita (hellosehat)

Terdapat Perbedaan Pendapat Ilmiah tentang Kunyit Asam
Kunyit Asam
Perbedaan Pendapat Ilmiah tentang Kunyit Asam

Walaupun Teori / Fakta Ilmiah Terdapat Perbedaan Pendapat dari Para Ahli, tentang Kunyit Asam Mempengaruhi Kesuburan Kehamilan dan Tidak Mempengaruhi kesuburan, namun yang jelas Manfaat dan Efek dari Kunyit Asam itu diketahui dapat membantu mengencerkan darah untuk wanita yang sedang Haid

kunyit asam, ilmiah
kunyit asam, ilmiah
Konsumsi Herbal atau Jamu Kunyit Asam Secukupnya

Mengkonsumsi Herbal atau Jamu seperti Kunyit Asam, tentu saja sebaiknya dengan Teratur dan Tidak berlebihan. Lalu juga sebaiknya mencari Saran dari Dokter atau Ahli di Bidangnya agar tidak salah langkah. Sebab secara medis, Efek dari Herbal atau Jamu seperti Kunyit Asam, Manfaat Kunyit Asam dan Efek Samping Kunyit Asam tersebut belum terbukti secara Klinis, dan Tentu saja belum bisa dipastikan Efek Kunyit Asam terhadap kesuburan kehamilan / kandungan / rahim Wanita.

Meskipun begitu, Kunyit Asam yan diolah menjadi Jamu kunyit asam, sudah merupakan bagian Jamu tradisional yang sering dikonsumsi banyak kaum Wanita sejak dulu yang diturunkan oleh nenek moyang, untuk mendapatkan berbagai Manfaat Jamu Kunyit Asam.


Cara Membedakan Kunyit dan Jahe

Kunyit dan Jahe hampir serupa tapi tak sama, Jadi jangan sampai salah menjadikannya sebagai Jamu. Jamu Kunyit Asam berbeda engan Jamu Jahe

Kunyit
kunyit asam
Kunyit

Kunyit disebut juga sebagai Kunir, yang sering dipadupadankan dengan Asam ketika membuat Jamu, sehingga jadilah Jamu Kunyit Asam. Yang bermanfaat juga untuk mengatasi penyakit saluran pencernaan

Ciri-ciri Kunyit: Berwarna Kuning-Orange, Tekstur yang lembut dan cukup mudah ketika diiris,

Manfaat Warna Kuning pada Kunyit: Biasa digunakan untuk pewarna alami Makanan

Jahe
jahe, kunyit asam, beda jahe dan kunyit asam
Jahe

Ciri-ciri Jahe: Berwarna tidak terlalu kuning seperti Kunyit, rasa agak pedas, efek jahe membuat tubuh menjadi hangat jika dikonsumsi. Memiliki aroma wangi khas jahe, seperti pada Wedang Jahe. Bentuk Ruas jahe hampir mirip seperti Jari Manusia pada umumnya. Bagian dalam jahe berwarna tidak terlalu kuning, dengan serat yang cukup lembut. (Brilio)


Junipedia adalah Media Informasi Bermanfaat, Tidak menggantikan teori dan fakta yang ada dari para Ahli di Bidangnya. Silahkan Kritikan dan saran jika terdapat kesalahan dalam penulisan teori dan fakta yang ada.

Selain membaca Artikel Kesehatan, tentang Jamu Kunyit Asam, Sebaiknya juga Konsultasikan Masalah Kesehatan kepada Dokter Ahli di Bidangnya, terkait Jamu Kunyit Asam untuk Melancarkan Haid dan Tidak menghambat kehamilan atau mengganggu kesuburan wanita.

Referensi Ilmiah:

…., Junipedia (Resep Jamu Kunyit Asam), HelloSehatHealth.detik.comAlodokter

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *