junizein 20 Juni 2018

Pantangan Makanan Ibu Hamil yang Harus dihindari 

Pantangan Makanan Ibu Hamil yang sebaiknya dan harus dihindari Ibu Hamil sangat perlu diperhatikan. Terlepas dari itu Asupan kebutuhan Nutrisi bagi ibu hamil sangat penting juga dikonsumsi, oleh karena itu, ibu hamil sangat direkomendasikan untuk selalu menjaga asupan makanan agar selalu sehat dan teratur.

Pantangan Makanan Ibu Hamil dan Makanan yang harus dihindari oleh Ibu hamil memang beragam dari semua makanan yang dikonsumsi,  ternyata ada beberapa Pantangan Makanan Ibu Hamil

Hamil

Asupan makanan sedikit banyak akan sangat mempengaruhi keadaan ibu hamil maupun keadaan dari janin yang dikandungnya. Untuk itu, sebaiknya Ibu Hamil mengetahui detail Pantangan Makanan Ibu Hamil pada masa kehamilan.


Beberapa asupan Pantangan makanan Ibu Hamil dan minuman yang sebaiknya harus dihindari disaat sedang hamil

1. Hindari makanan yang mengandung pengawet atau zat tambahan pangan

Disaat sedang hamil diusahakan untuk menghindari makanan yang banyak mengandung bahan pengawet ataupun zat tambahan lainnya, karena bahan-bahan tersebut dikhawatirkan dapat membahayakan bagi janin Anda.

2. Kurangi makanan berkalori tinggi

Saat dalam keadaan hamil biasanya ibu hamil suka sekali minum atau makanan dengan rasa yang manis, namun tahu kah anda, makanan yang mengandung gula merupakan makanan yang berkalori tinggi.

Selain dari itu, hindari juga mengkonsumsi lemak, dan makanan yang kurang mengandung zat gizi lainnya seperti makanan siap saji, minuman bersoda dan goreng-gorengan, karena dapat memicu terjadinya obesitas atau kegemukan berlebih pada ibu hamil dan janinnya.

3. Hindari konsumsi yang mengandung Kafein

Sebaiknya saat sedang hamil tidak mengkonsumsi kafein berlebihan karena kandungan kafein yang banyak terkandung di dalam kopi dan cokelat.

Hal tersebut diketahui dapat meningkatkan tekanan darah dan juga dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janinnya yang sedang masa perkembangan. (Terkecuali kopi, hanya konsumsi sesekali dan harus kopi asli serta sesuai anjuran atau saran dokter ahli di bidangnya)

4. Hindari Makanan dan Minuman yang kurang steril dan bahkan Tidak steril

Makanan dan Minuman yang steril sangat dianjurkan ibu hamil karena makanan yang steril terbebas bakteri yang merugikan.

Jika makan masakan sendiri, Masaklah makanan dengan baik, terutama pada saat mengolah daging karena kemungkinan masih mengandung bakteri yang tertinggal

5.Hindari Polusi dan Asap rokok

(Baca Juga: Bahaya Paparan Asap Rokok bagi Bayi Anda yang harus Dihindari sejak dini)

Diusahakan jika sedang hamil, hindarilah keadaan ruangan yang penuh polusi terutama polusi asap rokok jika Sang ibu yang memiliki kebiasaan merokok, atau mengkonsumsi minuman beralkohol sebaiknya harus menghentikan kebiasaannya tersebut telebih lagi selama masa kehamilan, karena jika masih dilanjutkan tentu saja akan sangat berbahaya bagi janin.

Selain hal tersebut, masih banyak makanan dan minuman yang harus dihindari saat hamil.

Sebaiknya, selama masa kehamilan, ibu hamil agar lebih menjaga nutrisi asupan makanan dan minuman yang efeknya dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin.


Untuk itu, berikan nutrisi yang terbaik dengan memperhatikan asupan nutrisi selama masa kehamilan. (
Junipedia)

 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*