Yuni Rizani, S.I.Kom 7 Maret 2018

Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dan Sariawan Pada Balita

Mengobati Gusi Bengkak secara alami, terutama pada Balita dan Batita atau Anak usia sekitar 2 tahun lebih menjadi salah satu Faktor Buah hati menjadi sakit, demam atau panas dingin.
Mengobati Gusi Bengkak secara alami terutama pada balita ketika terjadi Gusi Bengkak atau diduga-duga Oleh Orang tua bahwa itu adalah Sariawan pada Balita atau Buah hati tercinta, maka sesegera mungkin mendatangi Bidan atau Dokter ahli anak terdekat, agar mendapat penanganan secara langsung dan tidak ditunda-tunda dalam hal Mengobati Gusi Bengkak secara alami.
Sebab Gejala Gusi Bengkak dan Sariawan pada bagian Mulut terutama pada Anak yang masih Batita dan Balita, bisa saja menyebabkan Anak menjadi panas atau Demam pada Anak, sehingga Anak pun tidak ceria pada saat sakit, walaupun Buah hati tercinta bisa menahannya dengan diam tanpa mengeluh Sakit, hal yang perlu dilakukan adalah Mengobati Gusi Bengkak secara alami. Namun perlu di cek juga Suhu tubuh Anak agar mengetahui apakah Gusi Bengkak atau Sariawan pada Anak tersebut berpengaruh terhadap Suhu tubuh Anak.

Cara Cek suhu tubuh Anak menurut Junipedia, bisa dengan Termometer, yang paling cepat agar tidak repot untuk menaruhnya di bagian tertentu adalah dengan menggunakan Termometer Tembak atau Infrared Termometer agar simpel dan tidak perlu menaruhnya di bagian tertentu, cukup di bagian dahi Anak saja, hal tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah memang suhu tubuh Anak juga dipengaruhi oleh sariawan atau gusi bengkak, sehingga dapat melanjutkan cara Mengobati Gusi Bengkak secara alami.

Gusi Bengkak dan Sariawan Pada Balita, Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya, Termometer tembak, infrared termometer, termometer dahi
(Infrared Thermometer, picture by junipedia.com&bakuk.us)

Mengatasi Gusi Bengkak dan Sariawan Pada Balita,

Selain memberikan Obat Sariawan Balita, tentu saja beberapa hal berikut patut untuk diterapkan:

1. Cek Suhu Tubuh Anak,

jika Suhu tubuh mendapatkan efek dari Gusi Bengkak atau Sariawan pada Anak, maka dapat menyebabkan Panas dan Demam, sebaiknya lakukan tindakan selanjutnya, yaitu:

2. Sesegera Mungkin bawa Anak ke Bidan atau Dokter Anak

Atau bisa juga Klinik Anak terdekat untuk mendapat penanganan secara langsung dan detail dari para ahli

3. Hindari Mengkonsumsi Makanan Ringan atau Makanan cepat Saji,

Sebab makanan seperti itu ternyata berpengaruh pada Kesehatan Gigi dan Lidah Anak Balita (Menurut salah satu Dokter yang menangani buah hati penulis ketika sakit diakibatkan dari gusi bengkak / sariawan)

4. Hindari Mengkonsumsi Minuman Kaleng atau Minuman Botol atau Kotak (Minuman Kemasan)

Sebab Ternyata juga seperti Nomer 3, bahwa hal ini berpengaruh terhadap Kesehatan Lidah dan Gusi Anak Balita, bisa merusak Lidah dan Gigi Anak sehingga gigi anak mudah berlubang dan sakit dan pada akhirnya menjadi salah satu penyebab Sariawan pada Anak dan Gusi bengkak pada Anak tersebut.
Jika ingin mengkonsumsi minuman teh dalam kemasan (ada anak yang menyukai teh), maka sebaiknya Anak Balita lebih aman mengkonsumsi Teh buatan sendiri yang tanpa pengawet dan bisa diatur kadar gulanya.
(Menurut salah satu Dokter yang menangani buah hati penulis ketika sakit diakibatkan dari gusi bengkak / sariawan)

5. Hindari mengkonsumsi Mie Instant

Walaupun hanya mencicipi saja, sebab Mie Instant dikhawatirkan bagian Pencernaan pada Perut Balita belum kuat untuk mencerna dan menerimanya. (Menurut salah satu Dokter yang menangani buah hati penulis ketika sakit diakibatkan dari gusi bengkak / sariawan)

6. Konsumsi Air mineral yang cukup,

Apabila suhu udara meningkat, sebaiknya tambahkan porsi konsumsi air mineral tersebut, misalkan biasanya pada suhu normal, hal ini untuk mengurangi dehidrasi dan untuk membantu mengeluarkan racun yang ada pada Tubuh Balita dan Anak. (Menurut salah satu Bidan yang menangani buah hati penulis ketika sakit diakibatkan dari gusi bengkak / sariawan sebelum dibawa ke Dokter Anak)

Air mineral yang cukup juga diperlukan untuk Sehari-hari, walaupun Batita dan Balita dalam Kondisi Sehat, terlebih lagi jika kita ingin Mengajak Balita bepergian atau traveling berlibur bersama keluarga, harus selalu sedia air mineral agar balita tidak kekurangan asupan mineral tubuh. Hal ini juga termasuk harus dilakukan untuk Para Orang tua dan semua Orang yang dianjurkan mengkonsumsi air mineral yang cukup dalam sehari.

7. Sebaiknya mulai sejak dini ajarkan pada Anak agar Rajin menggosok Gigi,

Minimal 2 kali sehari, agar dapat mengurangi resiko gigi berlubang pada Anak. Jika Anak tidak mau menggosok gigi, sebaiknya diajarkan dengan cara dibimbing dan diajak ketika kita mau menggosok gigi agar dia melihat sendiri dan biasanya tanpa disuruh langsung mau mencontoh Orang tua menggosok Gigi tanpa paksaan,  sebab Anak atau pun kita ataupun Seseorang juga tidak mau disuruh namun lebih enak diajak daripada disuruh. Dan untuk pasta gigi bisa dipilih pasta gigi dan sikat gigi khusus anak agar anak nyaman dalam menggunakannya.

Secara Umum baik pada Balita atau pun Orang Tua, Kurangnya perawatan terhadap gigi menjadi faktor utama dalam terjadinya pembengkakan pada pada gusi yang mengakibatkan berkumpulnya bakteri pada gigi melalui makanan yang kita makan, hal ini akan menjadi karang gigi dan jika dibiarkan akan membuat gigi berlubang dan rusak.
Oleh karena itu sangat penting untuk merawat gigi dan di anjurkan untuk memeriksanya minimal setiap 6 bulan sekali

Jika terlanjur terjadi bengkak pada gusi berikut ini adalah tips pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan dalam Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dan Sariawan pada Orang dewasa

Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dan Sariawan pada Orang Dewasa

1. Langkah pertama, ambil 3-4 sendok garam
dan air panas
2. kemudian , buatlah larutan garam dengan mencampurkan garam ke dalam air, lalu kamu bisa kumur-kumur dengan larutan garam tersebut.
Lakukan lah hal ini sampai mulut anda terasa asin oleh
garam. Tujuan dari berkumur dari air garam ini adalah untuk membersihan gigi dan gusi dari bakteri.

Demikian tips pertolongan pertama pada gusi yg membengkak, semoga artikel ini dapat berguna dan menambah wawasan kamu. Jika gusi tetap membengkak segera untuk periksakan pada dokter yang bergerak dibidang kesehatan gigi dan gusi.

2 thoughts on “Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dan Sariawan Pada Balita

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*