Menjadi Pendengar Yang Baik, Manfaat Dalam Komunikasi Dua Arah

Menjadi Pendengar Yang Baik, untuk Membangun Komunikasi Dua Arah dan Beragam Manfaatnya

 

5 Manfaat Menjadi Pendengar yang baik untuk membangun komunikasi dua arah
(Komunikasi 2 Orang Wanita, picture by pexels)
Ketika Kita berbicara dengan rekan atau teman, Menjadi pendengar yang baik ketika melakukan komunikasi dengan seseorang yang ada di hadapan kita, ataupun ketika mendengarkan presentasi dari teman kantor atau juga mendengarkan arahan dari atasan kita di kantor, atau juga ketika mendengarkan dosen kita berbicara di depan kelas adalah salah satu hal yang penting untuk diterapkan.

Cara Menjadi Pendengar yang baik: Memberikan respon bukan tanpa respon

Menjadi pendengar yang baik bukan berarti kita hanya bertindak sebagai pendengar sepanjang suatu percakapan atau obrolan atau sebuah forum, tapi lebih kepada lebih dulu mempersilahkan teman bicara atau pembicara memberikan dan mengutarakan yang seharusnya diungkapkan, lalu setelah itu kita memberikan respon terhadap apa yang dibicarakan dengan bertanya atau juga membahas topik yang sedang dibicarakan, tapi tetap juga dalam fokus menjadi pendengar yang baik.

Simak Topik Pembicaraan dengan Positif

Selalu simak topik positif apapun yang diutarakan teman bicara atau pembicara, sebab bisa saja walaupun semakin sulit fokus kita untuk mendengarkan tentang topik yang sedang dibicarakan, dengan menjadi pendengar setia kadangkala justru malah semakin baik informasi yang sedang kita dapatkan dari suatu komunikasi.

Walaupun dalam konteks pembicaraan atau pertemuan formal atau non formal misalnya antara dua orang sahabat atau dengan pasangan. Asalkan saja kita mampu lebih fokus mendengarkan dan menyaring informasi yang didapatkan dari pembicaraan tersebut.

Pengertian Menjadi Pendengar yang Baik

Pengertian Menjadi Pendengar yang baik versi Junipedia adalah menjadi diri sendiri yang dengan sukarela menyediakan waktu dan fikiran untuk mendengarkan dengan tulus apa yang diutarakan teman bicara tanpa menjadikan kesimpulan pembicaraan seseorang menjadi informasi yang justru akan menyerangnya jika berbuat salah.

Dalam hal simpelnya tanpa mengungkit lagi cerita pembicara untuk hal negatif yang akan ditujukan padanya. Cukup Mendengar tanpa mencaci atau membully

Menjadi Pendengar yang baik, Cara dan Manfaat serta Contoh Menjadi Pendengar yang baik

Tips dan Cara Menjadi Pendengar Yang Baik Dalam Komunikasi

1. Menjadi pendengar yang baik dapat meningkatkan daya konsentrasi otak kita menjadi lebih fokus

Pengertian Menjadi Pendengar yang baik, Tips dan manfaat menjadi pendengar yang baik dalam komunikasi dua arah
Fokus, picture by pxhere

Fokus dengan hal-hal yang dibicarakan dan diutarakan secara detail dari pasangan bicara kita.

Sehingga Kita yang terbiasa menjadi pendengar yang baik dapat melatik daya konsentrasi otak kita menjadi lebih fokus pada satu topik yang dibicarakan dan tidak melantur ke topik lain, terkecuali dibutuhkan untuk mengalihkan topik.

2. Menjadi pendengar yang baik dapat membangun hubungan yang harmonis antara diri kita dengan orang lain.

Pengertian Menjadi Pendengar yang baik, Tips dan manfaat menjadi pendengar yang baik dalam komunikasi dua arah
Harmonis, picture by pxhere

Sebab dengan menjadi pendengar yang baik, seseorang yang sedang
berbicara merasa diperhatikan, merasa apa yang dia bicarakan adalah penting baginya di mata kita.

3. Menjadi pendengar yang baik bisa mengetahui informasi yang sebelumnya belum kita ketahui.

Pengertian Menjadi Pendengar yang baik, Tips dan manfaat menjadi pendengar yang baik dalam komunikasi dua arah
Mendapatkan informasi, picture by pxhere

Dengan cara menjadi pendengar yang Membiarkan Orang lain berbicara di depan kita dan tidak memotong pembicaraan ketika seseorang tersebut masih berbicara dengan kita.

4. Menjadi Pendengar yang baik menjadikan kita terampil dalam memilih topik memecah kebekuan

Pengertian Menjadi Pendengar yang baik, Tips dan manfaat menjadi pendengar yang baik dalam komunikasi dua arah
Percakapan memecah kebekuan suasana, picture by pxhere

Jika kita sudah merasa bosan atau ingin juga berbicara dengan topik lain, kita bisa saja dengan perlahan mengalihkan topik.

Mengalihkan topik pembicaraan agar sama-sama menyukainya dan tidak merasa dipotong pembicaraan salah satu caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan yang kita ingin bicarakan topik tersebut, namun diketahui juga oleh pasangan bicara kita.

Contoh Pendengar Yang Baik

Misalkan ketika membicarakan sebuah topik tempat liburan yang sedang ramai dikunjungi, lalu kita ingin berbicara masalah lain tentang acara makan malam, sebaiknya alihkan topik perlahan-lahan dengan berbicara, misalkan seperti ini “di tempat liburan ramai, kira-kira tempat makan malam yang pas untuk kita dimana ya?

Atau hal semacamnya, yang terpenting adalah diantara dua orang yang berkomunikasi terjalin suatu hubungan komunikasi dua arah agar tidak ada pihak yang merasa tidak diajak bicara atau pihak yang bicaranya tidak dihargai

5. Menjadi pendengar yang baik dapat mengajukan Pertanyaan yang ingin kita ketahui dari Percakapan

Menjadi pendengar yang baik tidak harus melulu mendengarkan apa yang orang lain utarakan tentang dirinya

Namun manfaat yang kita dapat adalah juga kita bisa mengajukan pertanyaan tentang suatu hal yang kita ingin ketahui yang bisa didapatkan dari teman bicara kita, dengan mengajukan berbagai macam pertanyaan yang dimungkinkan pasangan bicara kita dengan sukarela menjawabnya.

5 Tips dan manfaat menjadi pendengar yang baik tersebut perlu dilakukan jika kita ingin membangun hubungan yang harmonis dan ingin membangun komunikasi dua arah, sehingga ketika berbicara dengan pasangan bicara, tidak hanya obrolan yang kosong yang kita dapatkan, namun pembicaraan yang berisi dan berbobot dan mempunyai manfaat positif dari pembicaraan.

Sehingga kita juga dapat menjadi pendengar yang baik atau pendengar setia tanpa merasa tertekan atau bosan dengan pembicaraan selanjutnya.

Semoga Bermanfaat

Written By Junipedia

Artikel Terkait Tentang Komunikasi:  Junipedia, Jw.org, TabloidBintang, Intisari.grid.id, …

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *