Panglima TNI ditolak masuk AS, ternyata seperti ini kronologisnya

Panglima TNI ditolak masuk AS, ternyata seperti ini kronologisnya
(Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, picture by commons.wikimedia. org)

Panglima TNI ditolak masuk AS, ternyata seperti ini kronologisnya
 

Panglima TNI ditolak masuk AS, hal ini menjadi banyak perbincangan netizen. Ada apa gerangan?
Padahal keberangkatan Panglima TNI ke AS tersebut guna menghadiri acara Chiefs of Defence Conference on country violent Extremist Organizations (VEOs). Yaitu Sebuah acara pertemuan para Panglima dari angkata bersenjata se-Asia Pasifik yang diinisiasi oleh Pemimpin tertinggi Marinir Amerika Serikat yaitu Jenderal Joe Dunford.

Panglima TNI ditolak masuk AS, ternyata seperti ini kronologisnya
(Panglima TNI, Jendral Gatot Nurmantyo (tengah), picture by defense. gov)

Niat baik yang ditolak ini ternyata kronologisnya seperti ini:

Bahwa Panglima TNI, sebenarnya dijadwalkan akan terbang ke Negeri Paman Sam pada hari Sabtu, 21 Oktober 2017, dengan Pesawat Emirates, beliau sudah mengurus Visa untuk berangkat bersama istri beserta rombongan delegasi sudah sejak jauh-jauh hari.

Namun tak disangka, hal yang sangat mengecewakan terjadi, (terutama bagi Saya Pribadi sebagai warga Negara Indonesia), adalah ketika di Bandara International Soekarno-Hatta, beberapa saat sebelum keberangkatan, Pihak dari Maskapai Penerbangan Emirates memberitahukan hal ini kepada Panglima TNI, bahwasanya keberangkatan beliau ke Amerika Serikat ternyata ditolak dan tidak diperbolehkan memasuki wilayah Amerika Serikat oleh US Custom n Border Protection. Pemberitahuan ini dinyatakan oleh pihak maskapai penerbangan tersebut.

Pihak Amerika Serikat harus dapat memberikan klarifikasi yang sangat memadai untuk hal tersebut agar hubungan dari Negara Indonesia dan Amerika Serikat tetap terjalin dengan baik.

Guru Besar Hukum International di Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana, mengatakan “Jika tetap tak diindahkan, pemerintah Indonesia bisa mengusir diplomat Amerika Serikat dari Indonesia.”

Semoga saja klarifikasi dari pihak Amerika Serikat untuk hal ini dapat diterima Oleh pihak Indonesia.

Written by JunniZein
Silahkan kritikan dan saran jika terdapat penulisan fakta yang salah
.

Sumber bacaan,
Google,
cnnindonesia. com/nasional/20171022182029-20-250164/kronologi-panglima-tni-ditolak-masuk-amerika-serikat/ , nasional.tempo. co/read/1026992/acara-inilah-yang-harusnya-dihadiri-panglima-tni-ke-amerika,
fokus.tempo. co/read/1026990/indonesia-harus-bersikap-keras-soal-pencekalan-panglima-tni-ke-as#6VAcjjXm7wSxRm2F.99

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *