Pengolahan Limbah Plastik, Melestarikan Lingkungan dan Raup Untung Besar dari Usaha Ini

Pengolahan Limbah Plastik, Melestarikan Lingkungan dan Raup Untung Besar dari Usaha Ini

 

Pengolahan limbah plastik tentu saja adalah salah satu cara untuk dapat membantu proses pelestarian lingkungan hidup dan untuk salah satu upaya memanfaatkan barang yang (dianggap) sudah tidak terpakai dan masih dipandang sebelah mata agar menjadi peluang usaha yang bernilai jual tinggi dengan menerapkan cara pengolahan limbah plastik.

Mendaur ulang sampah terutama sampah plastik tentu saja menjadi hal yang masih agak tabu, terlebih lagi pada masa sekarang yang cenderung lebih memilih hal lain dibandingkan mengurus barang yang tidak terpakai. Padahal, pengolahan limbah plastik selain untuk melestarikan lingkungan hidup, ternyata juga bisa meraup keuntungan dari peluang usaha daur ulang sampah atau limbah dari plastik ini.

 

Limbah atau sampah dari plastik ini tidak bisa diurai dengan tanah, atau jika bisa pun kemungkinan membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar kisaran 100 tahun agar sampah plastik dapat terurai bersama tanah. Untuk itu, sebaiknya kita memahami atau setidaknya mengerti tentang betapa pentingnya mendaur ulang sampah dan juga bisa mendapatkan pundi rupiah dari pengolahan limbah plastik.

Beberapa Contoh Tahapan dan Pengolahan Limbah Plastik Bermanfaat dan Bernilai Jual:

1. Mendaur Ulang Sampah Plastik untuk Produk Baru

Aktivitas daur ulang sampah atau limbah plastik ini bisa menciptakan produk baru yang sesuai dengan kriteria jenis dan bahan produk itu sendiri.

Misalnya pada plastik yang sudah di daur ulang dan bentuknya dirubah menjadi biji plastik, dapat dijadikan botol untuk produk minuman, dan juga produk yang baru yang sesuai komposisi bahan baku produk tersebut.

Diketahui bahwa proses daur ulang sampah plastik ini hampir di seluruh Negara, selalu berusaha untuk melakukan Proyek yang besar ini.

2. Penempatan Tempat Sampah hampir di setiap sudut Kota

Kita tentu mengetahui jika hampir di setiap sudut perkotaan, tersedia tempat sampah, biasanya 2 buah tempat sampah berdampingan, yang satu sampah organik dan yang satu sampah anorganik.

Tujuannya adalah memisahkan sampah yang bisa di daur ulang dan sampah yang tidak bisa di daur ulang. Jadi sebisa mungkin kita sebagai pengguna produk apapun yang akan membuang sampah pada tempatnya, sesuaikan jenis sampah tersebut agar pihak Pemerintah setempat yang menyediakan tempat sampah tersebut tidak begitu direpotkan dalam memilih sampah yang bisa di daur ulang dan sampah yang tidak bisa di daur ulang.

Pengertian Sampah Organik versi Junipedia adalah:

Jenis sampah yang degradable atau dapat terurai, yang bisa dijadikan sampah daur ulang

Pengertian Sampah Anorganik atau Non-Organik versi Junipedia ialah:

Jenis sampah yang terdegradasi atau tidak dapat diurai.

Contoh Sampah Organik
Contoh sampah Organik. Pengolahan limbah plastik
Contoh sampah Organik. Pengolahan limbah plastik, Source info: Brainly
Contoh Sampah Anorganik / Non – Organik
Contoh sampah Anorganik / sampah Non-Organik. Pengolahan limbah plastik
Contoh sampah Anorganik / sampah Non-Organik. Pengolahan limbah plastik, source info: Brainly

3. Daftar Berbagai Jenis dan Sumber Sampah dan Hasil Produk Daur Ulang Sampah

Contoh sampah, jenis sampah, sumber sampah, dan hasil daur ulang sampah, Pengolahan limbah plastik
Contoh sampah, jenis sampah, sumber sampah, dan hasil daur ulang sampah, Pengolahan limbah plastik, source Info: Carajadikaya.com

4. Tahapan Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Bijih Plastik

Tahapan Pengolahan Limbah Plastik menjadi Bijih Plastik
Tahapan Pengolahan Limbah Plastik menjadi Bijih Plastik, info source: Rumahmesin.com

5. Contoh Peluang Usaha menggiurkan dari Bisnis Pengolahan Limbah Plastik

contoh peluang usaha menggiurkan dari pengolahan limbah plastik
contoh peluang usaha menggiurkan dari pengolahan limbah plastik, capture source Jogja TribunNews

6. Contoh Model Baju Daur Ulang Plastik yang EleganĀ 

Contoh Model BAJU daur ulang plastik poliester, source womantalk, by source: Elle

Model Baju tersebut terbuat dari bahan daur ulang plastik poliester yang melewati proses daur ulang, dan dikabarkan dijual kisaran harga $249. Nama beken jenis daur ulang sampah dari plastik ini ialah Bionic.

Jenis seperti itu juga Sebelumnya digunakan salah satu Brand terkenal sebuah Produsen Fashion skala Internasional, yaitu Adidas dan juga G-Star. Lalu Gaun cantik seperti pada foto tersebut, dikerjakan ditangan Desainer ternama H&M, Desainer yang berasal dari Swedia.

 

Contoh dan Model baju dari daur ulang plastik, source: blog.muipr.com, source: bp-guide.id

Siapa sangka Gaun seperti di bawah ini adalah hasil dari daur ulang plastik, di tangan kreatif Desainer asal Brazil, Iaskara Isadora, dengan Gaun dominan warna kuning dan juga warna hijau adalah salah satu pesan yang dituangkan dalam Seni Desain Gaun tersebut, yang berarti Menjaga dan Melestarikan Lingkungan

Model Baju daur ulang plastik, source : bp-guide.id by source : iaskaraisadora.com
Contoh Model Baju daur ulang plastik, source : bp-guide.id by source : iaskaraisadora.com

Pada masa sekarang ini, tentu pengolahan limbah plastik menjadi sangat diperlukan untuk melestarikan lingkungan dan juga hasilnya adalah menambah lapangan pekerjaan dan lapangan usaha bagi yang berminat menggeluti bidang daur ulang sampah ini.

Sebab penggunaan Plastik sampai saat ini tentu saja sangat diperlukan dan hampir tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Untuk itu betapa perlunya mengetahui dan memahami serta menyadari pentingnya Pengolahan Limbah Plastik ini agar bermanfaat dan bernilai jual serta tetap pada misi utama yaitu membantu melestarikan lingkungan hidup


Referensi terkait lainnya: Junipedia, Wirasejati.com,

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *