Ternyata Ini Penyebab Wajah Kering dan Cara Mengatasinya

Ternyata Ini Penyebab Wajah Kering dan Cara Mengatasinya

Penyebab Wajah Kering dan Cara Mengatasinya memang perlu diketahui untuk Kita, untuk Laki-laki dan juga untuk perempuan adalah hal yang “wajib” tentunya. Sebab wajah adalah salah satu hal terpenting dari Penampilan Kita sebagai Manusia yang terkadang memiliki masalah kulit yang bisa menjadi Penyebab Wajah kering.

Kulit wajah yang kering memang beragam penyebabnya, misalnya saja kurangnya perawatan pada wajah. Sehingga menimbulkan Penyebab wajah kering, selain itu faktor umur atau usia juga menjadi salah satu penyebab kulit wajah kering.

Ciri-ciri dan tanda-tanda Kulit kering di bagian wajah adalah permukaan kulit wajah kita terlihat agak kasar, bisa juga kulit wajah mengelupas, serta merasa gatal pada kulit wajah dan bahkan kulit wajah juga bisa mengalami pecah-pecah. Untuk itulah sebisa mungkin kita harus mengetahui Penyebab Wajah Kering dan Cara Mengatasinya.

Berikut Beberapa Penyebab Wajah Kering dan Cara Mengatasinya:

Penyebab Kulit Wajah Kering dan Cara Mengatasinya
Penyebab Wajah Kering dan Cara Mengatasinya

Penyebab Wajah Kering Dan Cara mengatasinya seperti dilansir dan dirangkum dari Alodokter:

1. Faktor Usia

2. Kurang Perawatan Wajah

3. Kesalahan memilih Pelembab Wajah yang cocok untuk Jenis Wajah atau Salah menggunakan Pelembab

Kesalahan ketika menggunakan pelembab wajah itu misalnya ketika kulit wajah sedang kering, kita bisa menerapkan pelembab wajah ketika wajah sedang dalam kondisi lembab, seperti sesaat setelah Mandi.

4. Terlalu Lama Mandi dengan air panas

Mandi air panas tentu bisa mengurangi Minyak alami pada kulit, yang mana minyak alami ini berfungsi sebagai perlindungan untuk kulit, terutama kulit wajah.

Sarannya adalah dengan menggunakan air hangat saat mandi tapi tidak terlalu lama, misalnya hanya 5-10 menitan saja, Lalu ketika kulit tubuh dan kulit wajah yang terkena air hangat setelah mandi, sebaiknya dikeringkan dengan Handuk secara perlahan, tidak dianjurkan digosok, sebaiknya hanya ditepuk-tepuk

(Baca Juga: Bahaya Handuk Jika Jarang Dicuci)

5. Penggunaan Sabun wajah yang terlalu Banyak

Penggunaan sabun terlalu banyak juga bisa mengurangi minyak alami pada kulit, pilih juga kandungan sabun untuk wajah atau pembersih wajah tanpa pengharum

6. Udara Kering dan Wajah tanpa Pelembab

Ketika udara kering atau dalam suhu ruangan ber-ac, sebaiknya menggunakan pelembab kulit atau pelembab kulit wajah yang sesuai

7. Terpapar Sinar UV atau sinar matahari secara langsung

Penyebab Kulit Wajah Kering dan Cara Mengatasinya
Penyebab Kulit Wajah Kering dan Cara Mengatasinya

Meskipun Sinar matahari adalah sangat penting bagi tubuh kita, (sinar matahari pagi) namun jika terlalu lama terkena sinar matahari apalagi di siang hari ketika sedang panas terik, berbahaya untuk kulit wajah hingga menjadi penyebab kulit wajah kering

Solusi untuk meminimalisir kulit kering akibat terlalu lama terkena sinar matahari siang adalah dengan menggunakan tabir surya atau juga gunakan topi lebar untuk menutup wajah dari sinar matahari langsung pada siang hari.

8. Penggunaan Obat yang mempengaruhi Kulit

Misalnya pada obat anti jerawat, dan tidak menutup kemungkinan obat-obatan untuk tekanan darah tinggi, kolesterol, anti alergi. Sebab diketahui, pada beberapa jenis obat-obatan dapat mempunyai efek samping untuk mengeringkan kulit.

9. Kulit Kering juga Menjadi Pertanda Pada Kondisi Kesehatan

Kulit yang kering, tidak hanya pada wajah, bisa mejadi pertanda suatu kondisi kesehatan kita terganggu atau mengalami suatu penyakit tertentu.

Misalnya Perubahan Hormon wanita menjelang Menopause (pada wanita yang menjelang umur atau usia tua)

Kulit Kering juga bisa mengindikasikan Penyakit di Tubuh, seperti kekurangan suatu Gizi, adanya Penyakit Diabetes, Gangguan Tiroid, dan hal itu yang menjadi salah satu penyebab kulit kering dan bisa berdampak pada penyebab kulit wajah kering.

Cara Mengatasi Kulit Wajah dari Penyebab Kulit Wajah Kering

Penyebab Kulit Wajah Kering dan Cara Mengatasinya
Penyebab Kulit Wajah Kering dan Cara Mengatasinya

1. Ketika mencuci Wajah / cuci muka, sebaiknya dengan air biasa

Menghindari Air hangat saat mencuci wajah adalah hal yang disarankan, sebab penggunaan air hangat atau air panas, diketahui dapat menjadi penyebab kulit kering atau bahkan membuat kulit wajah kering tidak sembuh.

2. Pilih Pembersih Wajah yang Sesuai Kulit Wajah

Memilih jenis pembersih wajah tentu harus sesuai dengan kondisi kulit wajah, misalnya wajah berminyak dan wajah kering, wajah tidak berminyak, tentu berbeda pembersih wajah yang digunakan

Sebaiknya gunakan jenis pembersih wajah tanpa pengharum dan gunakan yang lembut. Agar terhindar dari iritasi kulit serta penyebab kulit wajah kering.

3. Menggunakan Pelembab Wajah setelah Pembersih Wajah

Menggunakan Pelembab wajah setelah membersihkan wajah dengan pembersih wajah khusus juga disarankan, Namun pilihlah pelembab wajah dengan bentuk Krim wajah atau Salep wajah khusus untuk wajah kering (Jika kulit wajah kering) dan Hindari penggunaan Lotion wajah. (Tentu dengan saran dokter ahli di bidangnya)

4. Pemilihan Pelembab Wajah Alami

Tips Memilih Pelambab Wajah untuk Wajah kering
  • Gunakan Pelembab Wajah Alami

Misalnya dengan Bahan pelembab wajah yang memiliki kandungan Minyak Alami, seperti Minyak Zaitun, dan juga Minyak Jojoba / Jojoba Oil.

Bahan lain yang bisa digunakan untuk wajah kering ini berupa bahan yang memiliki kandungan:

  • Lactid acid, Hyaluronic Acid, Gliserin, dan Lanolin serta Petrolaton dan juga Minyak mineral
  • Hindari Pelembab wajah dengan kandungan Alkohol, Pengharum, Retinoid, Alpha-Hidroxy Acid (AHA)
  • Penggunaan Pelembab wajah dengan tekstur yang kental dan berminyak juga disarankan
Tips Cermat mengetahui Pelembab wajah bertekstur kental dan berminyak:
  • Oleskan pelembab wajah secukupnya pada Telapak Tangan
  • Lalu silahkan posisi Tangan dibalik
  • Pelembab Tidak Menetes,
  • Jika menetes berarti tidak terlalu kental yang berarti kurang baik untuk jenis kulit wajah kering

 


Junipedia adalah Media Informasi Bermanfaat, tidak menggantikan teori dan fakta yang ada dari Para Ahli di Bidangnya. Silahkan Kritikan dan saran jika memang terdapat kesalahan dalam teori dan fakta yang ada. Sebaiknya juga selain membaca artikel kesehatan, konsultasikan juga masalah kesehatan kepada dokter ahli di Bidangnya. Referensi terkait: Junipedia, Alodokter, …

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *