Perbedaan Obesitas dan Kelebihan Berat Badan yang Perlu Kamu Ketahui

Perbedaan Obesitas dan Kelebihan Berat Badan yang Perlu Kamu Ketahui

 

Perbedaan Obesitas dan Kelebihan Berat Badan yang perlu kamu ketahui
(lose weight, picture by pixabay)

Perbedaan obesitas dan kelebihan berat badan, Seringkali dalam kehidupan sehari-hari berhadapan dengan makanan dan konsumsi yang disajikan didepan mata dengan sajian yang nikmat dan menggugah selera apalagi ketika lapar melanda, namun tentu saja kita berfikir, apakah dengan mengkonsumsi banyak makanan akan menyebabkan kegemukan dan obesitas? Sehingga juga terjadi gagalnya diet bagi yang ingin diet.

Perbedaan Obesitas dan Kelebihan Berat Badan walaupun adalah hal yang hampir sama, ternyata juga berbeda pemahaman dan penafsiran antara Obesitas dan Kelebihan berat badan.

Meskipun keduanya adalah hal yang sama, yaitu antara perbedaan obesitas dan kelebihan berat badan dikategorikan hampir sama dalam hal indikasi tentang adanya kelebihan kadar lemak dalam tubuh Manusia.

Seperti apa perbedaan Obesitas dan Kelebihan Berat Badan yang perlu kamu ketahui?

Perbedaan Obesitas dan Kelebihan Berat Badan yang Perlu Kamu Ketahui
(Ilustrasi Gemuk, picture by pixabay)

Pengertian Obesitas

Pengertian Obesitas merupakan adanya penumpukan lemak yang cukup tinggi dan berlebih pada tubuh Manusia yang dapat mengakibatkan berat badan terhitung jauh di atas normal.

Seringkali penyebab obesitas “dikambinghitamkan” oleh sebab keturunan, padahal tidak melulu keturunan, obesitas bisa juga terjadi oleh karena pola hidup yang tidak sehat

Penyebab Obesitas:

1.Sering mengkonsumsi asupan yang memiliki kalori tinggi
2.Banyak duduk namun tidak sering bergerak atau olahraga
3.Faktor Keturunan
4.Efek Samping dari oba*t-oba*tan tertentu
5.Akibat dari penyakit tertentu

Dalam faktor kesehatan dan faktor Psikologis, Obesitas dapat menyebabkan:

1. Diabetes Tipe 2
2. Stroke
3. Jantung Koroner
4. Kanker Payudara
5. Kanker Usus
6. Stres dan Depresi pada penderita akibat minder atau malu.

Pengertian Kelebihan Berat Badan

Sedangkan Pengertian Kelebihan Berat Badan (Over Weight) adalah Ketika Berat Badan melebihi Berat Badan Normal pada seseorang.

Seseorang yang bertubuh Gemuk atau mengalami Kegemukan, belum tentu memiliki Obesitas, namun jika Seseorang Mengalami Obesitas, maka sudah bisa diindikasi mengalami Kegemukan

Jadi, meskipun Obesitas dan Kelebihan Berat Badan (Over weight) mempunyai perbedaan dalam hal definisi dan penafsiran, Namun secara garis besar haruslah kita berusaha untuk menghindari Obesitas dan Kelebihan Berat Badan sedini mungkin.

Tips Menghindari Obesitas dan Kelebihan Berat Badan adalah dengan salah satu caranya, yaitu tetap Menjaga pola hidup sehat dan menjaga asupan yang dikonsumsi agar tetap sehat dan bergizi, juga tak lupa olahraga teratur. Semoga Bermanfaat


Written by Junni Zein
Silahkan Kritikan dan saran jika terdapat kesalahan dalam penulisan teoridan fakta yang ada. Media ini adalah sarana informasi, tidak menggantikan teori dan fakta dari para ahli di bidangnya. Segera Konsultasikan Masalah Kesehatan dengan dokter ahli agar mengetahui lebih detail tentang Masalah Kesehatan yang dirasakan.
Referensi Sumber Bacaan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *