Perkembangan Otak, Pada Anak Jangan Abaikan Masa EMAS anak dan perhatikan Asupan penting ini

Perkembangan Otak, Pada Anak Jangan Abaikan Masa EMASnya dan Penuhi Nutrisinya

Perkembangan Otak, pada anak terutama pada masa-masa “emas” anak yaitu usia 1-5 tahun pertama anak. Bahkan pada saat masa masih di dalam kandungan yaitu sekitar umur 8 minggu kehamilan Ibu, pada saat itu, otak anak mulai menunjukkan perkembangan otak.

Yang pertama kali terbentuk dari bayi dalam kandungan adalah Otak, yang mana berfungsi sebagai saraf pusat. Perkembangan Otak, dimulai dari umur 8 minggu kandungan tersebut, terjadinya produksi sel saraf yang sangat cepat diikuti dengan perkembangan otak yang juga begitu cepat pada usia kehamilan tersebut.

Lalu diikuti dengan usia kehamilan trimester ke-3 sampai anak berusia 2 tahun, produksi sel saraf dan bertumbuh kembangnya otak berlangsung cukup cepat, untuk itu kita sebagai Orang tua perlu memberikan nutrisi untuk anak saat terjadi proses awal Perkembangan otak.

Selain dari Nutrisi, ternyata apa yang anak dengarkan sejak dari dalam kandungan sampai lahir kedunia juga berpengaruh pada perkembangan otak anak.

Berikut Beberapa Nutrisi yang “wajib” diberikan saat anak memasuki “masa emas” untuk tahap perkembangan otak. (Tentu saja dengan saran dari dokter terlebih dahulu jika Anda masih asing dengan nutrisi yang disebutkan dan masih ragu untuk melakukannya)

Lengkapi Nutrisi Berikut saat Perkembangan Otak Anak Terjadi

Perkembangan Otak, Pada Anak Jangan Abaikan Masa EMAS anak dan perhatikan Asupan penting ini

ASI Ekslusif

Perkembangan Otak, Pada Anak Jangan Abaikan Masa EMAS anak dan perhatikan Asupan penting ini

Asi Ekslusif tentu sangan dibutuhkan untuk anak sejak usia 0 Tahun sampai Usia 2 tahun.

Asi Ekslusif tentu jauh lebih bagus dibanding susu formula pada anak di usia ini, kecuali anak sudah melewati usia 2 tahun.

Terkecuali juga bagi Ibu yang memang berhalangan memberikan ASI, atau ASI tidak ada, tentu saja menggantikan SUFOR atau Susu Formula untuk Penggantinya.

Perkembangan Otak, Pada Anak Jangan Abaikan Masa EMAS anak dan perhatikan Asupan penting ini

Namun memilih Jenis Susu Formula untuk Anak pun tentu sebaiknya diperhatikan Nutrisi berdasar usia serta Jenis susu juga harus diserasikan dengan masa Usia Anak

Zat Besi

Sistem Saraf yang bertumbuh kembang pada Anak Balita, atau anak bayi, tidak lepas dari peranan asupan Zat besi. Dan sebaiknya tidak kekurangan zat besi, agar tingkah laku anak dan fungsi kognitifnya menjadi lebih baik.

Namun asupan nutrisi berupa zat besi ini sebaikya secukupnya dan sesuai usia, juga sebaiknya konsultasikan dengan dokter ahli atau dokter anak agar tidak salah langkah dalam memberikan asupan nutrisi bergizi untuk anak

Vitamin A

Vitamin A, Selain baik untuk Penglihatan, Pertumbuhan jaringan tubuh serta sel-sel pada tubuh, tentu harus didukung juga dengan adanya asupan Vitamin A tersebut.

Komponen DHA

Komponen DHA (Docosahexaenoic Acid) merupakan suatu komponen Gizi yang tentu sangat dibutuhkan pada Perkembangan otak, untuk tumbuh kembangnya fungsi-fungsi otak tersebut.

Arachidonic Acid (AA)

AA ini adalah salah satu asupan Lemak Tak Jenuh yang sangat penting perannya untuk dukungan pada jaringan saraf, penglihatan, pembentukan sistem imun serta pembentukan Otak pada anak Bayi.

Zat Kollin

Perkembagan otak, terutama fungsi otak dan fungsi daya ingat anak, adalah “tugas”dari zat kollin ini, untuk itu zat ini sangat penting untuk asupan nutrisi anak.

Omega 3 dan Omega 6  

Omega 3 atau Asam Alfa Linoleat 3 salah satu komponen yang berfungsi dalam pembentukan otak. Omega 3 juga salah satu jenis essensial yang sangat penting terkait pembentukan DHA.

Omega 3 tidak dapat diproduksi tubuh, untuk itu sebaiknya berikan asupan nutrisi yang mnagndung omega 3 yang seht dan cukup.

Omega 6 atau Asam Linoleat yang disebut juga asam lemak omega 6 yang menjadi salah satu faktor terpenting untuk mendukung fungsi dan kinerja Otak, membran sel otak, bagian penting dari Enzim yang ada pada membran sel yang fungsinya untuk membantu mendistribusikan ke luar sel dan ke dalam sel berupa asupan nutrisi yang penting.

Asupan-asupan Nutrisi tersebut tentu sangat dibutuhkan pada masa tumbuh kembang anak di usia 1-5 tahun tersebut.

Terlebih lagi pada usia anak 3 tahun pertama, kehidupannya mengalami proses bertumbuh kembang yang cukup signifikan dan Istimewa.

Proses Tumbuh kembang anak pada usia tersebut yaitu:

Usia 1 Tahun

Perkembangan Otak, Pada Anak Jangan Abaikan Masa EMAS anak dan perhatikan Asupan penting ini

Pada usia ini anak bayi yang berkembang menjadi anak batita, sudah menunjukkan bahwa dia mulai ingin belajar berjalan, meskipun dengan tergopoh-gopoh dia berjalan, namun keinginan anak pada usia itu sangat kuat, hingga Orang tua harus memberikan dukungan tenaga dan tentu saja dukungan Nutrisi yang sehat tersebut.

Tak sampai disitu, biasanya di usia 1 tahun ke atas, atau 1,5 tahun, anak sudah mulai belajar berbicara, belajar mengucapkan apa yang dia dengar, walaupun masih terbata-bata, dan terkadang orang tua belum mengerti apa yang anak ucapkan, namun hargailah dan beri dukungan yang kuat pada masa itu.

Dukungan itu salah satunya adalah mengajarkannya berbicara dengan berangsur-angsur tanpa memaksa anak untuk cepat bicara, dan sebaiknya bicaralah yang baik-baik jangan lontarkan kata yang kurang baik, sebab anak begitu mudah mencerna dan kemudian mengutarakan lagi apa yang dia dengar

Baca Juga:

Berat Badan Ideal Balita yang Normal Sesuai Umur Balita dan Anak

Usia 2 Tahun

Pada saat anak sudah memasuki usia 2 tahun, bisa dibilang Batita, Anak mulai ingin mengenal lebih dalam tentang sesuatu yang ada disekitarnya, yang dilihatnya, yang dirasakannya

Itulah mengapa banyak pada masa itu pada kebanyakan anak sering mengajukan pertanyaan meski cara berbicaranya belum fasih

Dan Itulah kenapa Anak-anak sering mencoba hal-hal baru meski diluar “kewajaran” menurut Orang tua, misalnya menangis jika dilarang melakukan sesuatu yang tidak disukai Orangtua, menghamburkan mainan atau bermain air.

Padahal biarkan saja anak mengekspresikan dirinya, bereksplorasi adalah Naluri anak pada saat itu yang cukup besar terhadap lingkungan sekitar. Selagi itu tidak begitu merugikan bagi Orang tua dan tentunya tidak melanggar norma-norma yang berlaku. Dan pada saat itu dierlukan juga Bimbingan Orang tua untuk mengarahkan pada sikap dan tingkah laku baik.

Usia 3 Tahun

Pada usia ini, anak memasuki tahap pertengahan usia masa emasnya. Perkembangan Otak, pada anak begitu sangat sangat dan sangat berharga pada usia ini. Otak anak memproduksi Sel dengan jumlah Miliaran, serta Sinps antar-sel (koneksi) dengan jumlah Triliun.

Pada masa ini, Perkembangan Otak, pada anak juga memperlihatkan kecerdasan Anak yang mana dia sudah bisa mengingat dan menuruti nasehat-nasehat dari orang sekitar, terutama Ayah dan Ibunya. Untuk itu berikanlah nasehat-nasehat baik pada saat itu, bukan nasehat yang menggurui, tapi Nasehat yang mengajak bermsa-sama melakukan kebaikan

Dan… Biarkan Anak mengekspresikan serta mengeksplorasikan keinginan-keinginannya akan sesuatu hal disekitar, itu adalah salah satu bentuk mendukung Perkembangan Anak, terutama perkembangan Otak.

Kepintaran Anak Menurut Psikolog dan Tokoh Pendidikan, Harvard University, Dr. Howard Gardner

Sebab diketahui, hampir pada tiap-tiap anak mempunyai 8 macam jenis Kepintaran (Menurut , untuk itulah Orang tua sangat perlu mendukung aktivitas anak meski tidak disukai Orang tua, selagi tidak melanggar norma, biarkan anak berekspresi agar dapat mengembankan kepintarannya. Serta tentu saja membantu perkembangan Otak dan Perkembangan Kepintarannya dengan Asupan Nutrisi tersebut di atas.

Baca Juga:
Makanan Kaya Asam Folat ini Disarankan diKonsumsi Ibu Hamil

Junipedia adalah media informasi bermanfaat, tidak menggantikan teori dan fakta yang ada dari para ahli di bidangnya. Silahkan kritikan dan saran jika terdapat kesalahan penulisan.
Referensi:
Junipedia, Lifestyle Kompas Komwyethnutrition.co.id, doktersehat

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *