junizein 9 April 2018

Sering Belanja Online? simak Tips Aman Belanja Di Toko Online agar belanja pun nyaman

Tips Aman Belanja Online sangat diperlukan, sebab Jual beli online saat ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Toko online makin banyak bermunculan tiap harinya yang mulai digemari oleh masyarakat Indonesia. Namun kita perlu berhati-hati dalam melakukan jual beli online.
Tips Aman Belanja Online mengacu pada Banyaknya kemudahan yang ditawarkan bisa jadi ancaman yang serius bagi para konsumennya. Ancaman itu adalah penipuan. Tidak sedikit kasus penipuan yang terjadi di internet melalui jual beli online. Tidak sedikit pula yang sudah menjadi korban. Untuk itu sebaiknya mengetahui beberapa Tips Aman Belanja Online.
Nah, biar tidak terkena modus penipuan, Anda perlu memperhatikan
beberapa Tips Aman Belanja Online di bawah ini:
1.      Kenali situs jual beli online
Ada 2 jenis situs toko online, pertama situs toko online yang menjual barangnya langsung ke konsumen dengan domain sendiri. Kedua situs toko online yang menyediakan lapak untuk para penjual. Ini hal penting dalam mengetahui Tips Aman Belanja Online
2.      Pilih toko online yang terpercaya
Sebelum berbelanja ada baiknya Anda cari tahu dulu informasi tentang toko online tersebut di forum atau media sosial. Anda harus benar – benar memahami peraturan dari toko online tempat Anda akan berbelanja. Hal ini dilakukan agar Anda tidak dirugikan di kemudian hari ketika barang yang Anda terima tidak sesuai. Jangan berikan informasi penting seperti pin ATM, password  internet banking dan lain-lain. Sudah dipastikan itu adalah modus penipuan jika toko online memintanya kepada Anda. Reputasi dari toko online juga sangat penting buat Anda untuk menentukan apakah Anda akan berbelanja di toko tersebut atau tidak.
3.      Cek kondisi barang dan harganya
Sebelum melakukan transaksi ada baiknya Anda cek terlebih dahulu kondisi barang.
Perhatikan dengan seksama deskripsi barang apakah baru, bekas, bergaransi atau bisa jadi black market. Mintalah foto asli dari barang yang akan Anda beli khususnya barang-barang bekas untuk memastikan cacat atau tidak.
Harga barang juga harus diwaspadai. Jangan mudah percaya dengan barang yang dijual dengan sangat murah dari harga pasaran. Bisa jadi itu adalah modus penipuan. Anda dapat membandingkan harga barang di toko online lainnya untuk memastikan harganya tidak terlampau murah.
4.      Pilih cara pembayaran dan pengiriman yang aman
Cara pembayaran dan penerimaan barang yang paling aman dalah COD (Cash on delivery). Tapi ingat jangan lakukan COD di tempat yang jauh dari keramaian dan jangan pergi sendiri. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi perampokan dengan
modus jual beli online.
Cara pembayaran kedua yang aman adalah menggunakan jasa rekber (rekening bersama). Jasa ini akan menyimpan uang dari pembeli sebelum ia menerima barang yang dikirim oleh penjual dan penjual akan menerima uang dari pembeli setelah pembeli konfirmasi barang sudah diterima.
Transfer langsung ke rekening penjual adalah cara terakhir yang aman namun harus memastikan bahwa penjual memiliki reputasi baik. Sedangkan untuk pengiriman barang mintalah penjual untuk mengirimkan barang menggunakan jasa pengiriman yang sudah terpercaya. Untuk menghindari barang yang mudah pecah dan rusak minta juga sipenjual membungkus barang  yang Anda beli menggunakan kayu, steroform ataubahan pelindung lainnya.
Nah itulah beberapa tips yang harus Anda ketahui sebelum berbelanja di toko Online. dan berikut adalah Toko Online yang Penulis Rekomendasikan :
1. Lazada.co.id
2. Blibli.com
3. Tokopedia.com
4. Bukalapak.com
Semoga bermanfaat.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*