Tips Efektif Mengurangi Gugup saat Wawancara Kerja

Ada Panggilan Kerja? Ini Tips Efektif Mengurangi Gugup saat Wawancara Kerja

Tips Interview kerja atau wawancara kerja agar tidak gugup bagi yang sudah lulus kuliah dan yang baru melamar pekerjaan lalu mendapat panggilan wawancara kerja atau interview tentu saja terkadang menjadi suatu hal yang sangat ingin dihilangkan. Namun bagi beberapa Orang tentunya ketika mendapat panggilan untuk wawancara kerja menjadikan suatu kebingungan, bukan kebingungan akan mencari pekerjaan, namun bingung yang lebih kepada rasa gugup saat ingin menghadapi interview kerja.

Tps Wawancara Kerja efektif agar tidak gugup terbaru 2018

Tips dan Cara Mengurangi Gugup saat Interview Kerja dan wawancara kerja dari Perasaan Gugup atau nervous saat ingin menghadapi interview kerja tentu hal yang wajar dan Manusiawi, Rasa gugup itu setau Junipedia, tidak bisa dihilangkan, namun bisa dikurangi frekuensinya dengan beberapa hal yang harus disiapkan seperti pada Tips dan Cara Mengurangi Gugup saat Interview Kerja yang akan kita bahas di bawah.

Meski sudah terbiasa dengan interview kerja atau bahkan yang baru pertama kali mendapat panggilan wawancara kerja, tentu saja harus mempersiapkan beberapa hal dari Tips dan Cara Mengurangi Gugup saat Interview Kerja di bawah ini agar dapat berusaha maksimal saat interview kerja:

Tenang saja, Anda bukan satu-satunya Orang yang gugup ketika menghadapi wawancara kerja, hampir banyak Orang mengalaminya. Namun dengan menerapkan Tips dan Cara Mengurangi Gugup saat Interview Kerja di bawah ini, semoga saja bisa membantu mengurangi rasa Gugup saat menghadapi interview kerja:

Kunci utama adalah Ibadah, Berdo’a, lalu terapkan Tips Wawancara kerja dan Tips Lancar Interview berikut ini:

1.Kuasai Materi dan Datang Tepat Waktu

Penguasaan materi yang dimaksud di sini adalah ketika kita melamar suatu pekerjaan atau banyak pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan atau skill dan keahlian kita, tentu saja harus menguasai dan memahami secara betul antara keahlian dan posisi yang dilamar. Misalkan Anda Sarjana IT atau mempunyai keahlian di bidang komputer, ketika melamar sebaiknya ke bidang yang berkaitan agar dapat memahami tentang seluk belum bidang tersebut, supaya ketika menghadapi wawancara kerja dapat membantu menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan pihak HRD yang berkaitan dengan bidang itu

Datang tepat waktu, bahkan 15 Menit sebelum waktu interview adalah yang disarankan, agar dapat mengurangi gugup sebab tidak terburu-buru dan setidaknya sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar wawancara kerja, dan dapat dengan mudah menguasai materi jika materi yang ditanyakan berkaitan dengan suasana kantor atau yang terkait lainnya.

2.Fahami kelilmuan bidang lain

Memahani ilmu di bidang lain bisa secara detail atau cukup basic saja, setidaknya jika ditanya tentang hal yang keluar dari bidang yang di lamar, kita bisa menjawabnya dengan mudah

3.Lakukan senam wajah dan senam mulut Serta olahraga kecil

Tps Wawancara Kerja Efektif agar tidak gugup

Melakukan senam wajah dan senam mulut bisa sangat diperlukan agar dapat melatih penampilan ketika wawancara kerja dan tidak kaku saat berbicara. Senam wajah bertujuan untuk wajah kita agar terlihat fresh dan menunjukkan senyuman ramah, dan tidak kaku. Senam mulut bertujuan juga untuk melatih kita agar tidak kaku ketika berbicara

Senam wajah:

Dengan sedikit menggerak-gerakkan wajah kita seperti halnya ketika kita olahraga menggerakkan tubuh kita. Rasakan hasilnya ketika sudah menerapkan senam wajah beberapa waktu, misalnya beberapa menit sebelum interview ke ruangan HRD

Senam Mulut:

Dengan sedikit menggerakkan bagian mulut, lidah ditekuk-tekuk (didalam mulut, tidak usah dikeluarkan ya). Rasakan hasilnya ketika menerapkan cara ini beberapa menit sebelum dipanggil ke ruangan HRD untuk wawancara kerja

Olahraga Kecil

Sesaat sebelum dipanggil ke ruangan HRD untuk interview kerja, bisa melakukan olahraga kecil misal menggerak-gerakkan anggota badan, kaki, atau bisa juga berjalan-jalan di sekitar kantor sekedar untuk ke depan membeli minuman mineral.

4.Air Mineral

Persiapkan Air mineral, sebelum memasuki ruangan HRD, sebaiknya minum yang cukup agar bicara lancar dan dapat fokus ketika berbicara dan mendengarkan pertanyaan dari pihak HRD

5. Alihkan rasa Gugup saat interview kerja

Mengalihkan rasa gugup di sini maksudnya adalah ketika kita berhadapan dengan Orang lain yang baru dikenal, apalagi saat wawancara kerja, tentu saja hal yang utama yang dirasakan adalah Gugup, nervous, tidak tau mulai dari mana, nahh rasa gugup itu muncul dari Sugesti pemikiran kita terdahulu, ketika kita sudah mensugestikan gugup, maka biasanya guguplah yang muncul, ketika tubuh gugup, butuh pengalihan kegugupan kita, misalnya dengan sambil memegang pulpen di tangan (tidak pada saat wawancara), atau pada saat wawancara kerja, bisa dialihkan kegugupan ke tangan kita, dengan menyatukan kedua tangan layaknya orang yang sedang mendengarkan orang lain berbicara dan menyatukan kedua tangan (kedua jari disatukan)

Contohnya seperti ini ketika tangan kita berada di bawah saat duduk interview kerja:

Tips wawancara kerja agar tidak gugup yang efektif

 

Perlu diingat sekali lagi, ketika menghadapi wawancara kerja, tenang saja, Anda bukan satu-satunya yang merasa gugup, dan rasa gugup ketika tampil di depan umum atau ketika menghadapi wawancara kerja memang tidak bisa dihilangkan, hanya bisa dikurangi dengan menguasai berbagai macam materi yang berhubungan dan tentu saja dengan menerapkan Tips dan Cara Mengurangi Gugup saat Interview Kerja.

Cara Perkenalan Diri Saat Wawancara Kerja

6. Ketok Pintu, Salam, Senyum, Sapa dan Ramah

Ingat ketika pertama kali memasuki pintu ruangan HRD

A.Ketok Pintu

B.Ucapkan Salam

C.Berjabat tangan dan perkenalkan nama sambil senyum (senyum yang wajar)

D.Dan sapa HRD

Tips Intervie Kerja yang efektif 2018

Misalnya dengan Cara Berbicara saat Interview Kerja:

“Assalamu’alaikum -masuk)(Jabat tangan), Saya Joni, Apa kabar Pa/Bu?”

Tunggu perintah duduk, jangan langsung duduk ya.

7. Sebaiknya yang perlu di bawa ke ruangan HRD adalah:

Tidak perlu membawa tas saat ke ruangan HRD, titipkan saja di receptionist atau admin, cukup membawa berkas yang dibutuhkan dan diminta saja, seperi aplikasi lamaran kerja, pulpen dan buku kecil untuk mencatat jika ada yang perlu dicatat,

Sebab hal ini berpengaruh juga kepada penilaian HRD biasanya, dari Segi Psikologis menurut Junipedia, Seseorang yang masuk ke Ruangan HRD dengan hanya membawa berkas lamaran yang telah diminta, menandakan bahwa Pelamar siap untuk di interview kerja, bukan dengan membawa tas ransel tempat menyimpan berkas ke dalam ruangan

8.Perhatikan Penampilan

Tps Wawancara Kerja Efektif teraru 2018

Penampilan dari segi pakaian tidak harus pakaian yang mahal, cukup Pakaian yang rapi, Baju berkerah yang dimasukkan ke dalam celana kain, bukan baju yang dikeluarkan, dan sepatu pantopel yang warnanya tentu saja sebaiknya serasi, bukan warna yang bertabrakan.

Rambut juga harus dilihat penataannya, misalnya rambut yang tidak terlalu panjang, dan sedikit dirapikan dengan sisir. Rambut yang terlihat agak basah mungkin lebih bagus, sebab terlihat fresh.

9. Jujur dan Apa adanya

Jujur dalam memperkenalkan diri, dan menjelaskan serta menjawab pertanyaand ari pihak HRD, seba jika tidak jujur bisa saja suatu saat jadi bumerang untuk Pelamar, misalnya mengatakan bisa melakukan hal A, Namun pada suatu saat disuruh melakukan A malah justru tidak bisa. Atau bisa juga pada saat itu disuruh mencontohkan namun tidak bisa.

Apa adanya yang dimaksud disini bukanlah pasrah, namun menjelaskan tentang diri personal dengan sewajarnya tanpa dibuat-buat, bahkan menambahkan hal-hal yang terlihat Profesional namun sebenarnya tidak menguasai.

10. Setelah Proses wawancara selesai lakukan ini

Beberapa waktu wawancara kerja berlangsung, misal sekitar 10-15 menit, lalu yang terakhir jika ada pertanyaan dari pihak HRD:

“Ada yang ditanyakan?”

Sebaiknya memang ada hal yang harus ditanyakan, agar kita memang terlihat dan benar-benar ingin bekerja di Perusahaan tersebut, misal dengan bertanya

“Iya Pa, trimakasih wawancaranya, bagaimana dengan sistem kerja di sini? apakah Kontrak atau lewat Outsourcing?”

“Kira-kira kapan waktu Saya untuk mendapatkan kabar diterima atau tidaknya di Perusaahaan ini?”

“Jika Saya diterima bekerja disini, dan Kinerja saya cukup Bagus, (maaf) kira-kira fasilitas apa saja yang saya dapatkan disini?”

Seperti itu perkiraan gambaran pertanyaan yang diajukan untuk HRD ketika diakhir session wawancara kerja, untuk kalimat dan pertanyaan kira-kira bisa menggambarkan sendiri ya, Pertanyaan tergantung Pribadi dan Karakter masing-masing pelamar. Namun dalam bertanya dan menjawab, sebisa mungkin usahakan agar tetap ramah dan tidak menggebu-gebu.

Setelah semuanya selesai, jangan lupa Ucapkan Terima kasih dan berjabat tangan kembali lalu ucapkan salam saat ingin meninggalkan ruangan HRD.

Lalu tunggu saja biasanya 1-2 Minggu waktu yang dibutuhkan untuk proses pernyataan diterima atau tidak, bisa juga lebih cepat. Tenang saja, rezeki itu tidak akan tertukar, jika sudah sampai rezekinya, tidak akan lambat atau tidak akan cepat, selalu Pas waktunya.


Untuk Hijaber’s yang ingin interview, simak

Inspirasi Model Pakaian Muslimah Untuk Ke Kantor

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *