junizein 17 April 2018

Ada beberapa Tips Dan Cara Mudah untuk Merawat Baterai Smartphone

1. Jaga temperatur baterai Smartphone

Jika baterai terlalu sering panas, maka tidak lama baterai akan menggelembung dan tidak dapat menyimpan energy
listrik secara benar alias ngedrop. Oleh karena itu segera hentikan pengoperasian smartphone sampai baterai menjadi dingin.

2.    Atur pencahayaan (Brightness)

Default atau setting pencahayaan bawaan dari smartphone termasuk dalam tingkat pencahayaan tinggi. Hal ini tentu akan menguras energy listrik baterai. Turunkan tingkat pencahayaan titik terendah. Dalam beberapa hari akan terbiasa dengan tingkat cahaya tersebut. Disamping irit listrik, juga kan menjaga mata.

3.    Gunakan Apps Battery Saver/Booster.

Aplikasi battery saver sangat berguna untuk memanage kelistrikan baterai seperti akan member peringatan ketika baterai sudah penuh saat discharge, menolak charge ketika dalam kondisi baterai panas, mengoptimalkan kinerja aplikasi lain danmasih banyak fitur lainnya.

 

4.    Jangan Charge Baterai Saat Masih Panas

Mencharge baterai pada saat panas akan merusak baterai, jadi hindari melakukan pengisian baterai saat suhu baterai dalam kondisi tinggi seperti setelah digunakan untuk bermain game. Dan jika sudah penuh segera cabut.

5.    Hindari Low Bat

Jangan terlalu sering membiarkan baterai dalam kondisi low bat. Sebaiknya segera charge baterai sebelum mencapai dibawah 20%. Itulah Gunanya mengapa smartphone akan selalu memberi peringatan jika baterai sudah di bawah 20%. Jika perlu selalu bawa power bank jika sedang melakukan perjalanan jauh.

6.    Tutup Apps yang sudah tidak Dipakai

Pada saat menggunakan smartphone, biasanya kita bisa membuka beberapa aplikasi dalam sekali waktu. Misalnya, ketika bermain game, juga chat menggunakan whatsapp atau bbm. Jadi selalu lihat aplikasi yang masih terbuka, dan tutup yang sudah tidak digunakan.

7.    Gunakan Media Penghubung seperlunya.

Jika sudah tidak digunakan, segera matikan media penghubung jaringan seperti Bluetooth, GPS dan wifi karena
akan sangat menguras sources baterai.

8.    Nonaktifkan Fitur Getar.

Fitur getar sebaiknya matikan jika profil yang digunakan sudah menggunakan suara atau nada untuk pemberitahuan panggilan atau notifikasi pesan masuk lainnya. Karena tidak efektif jika menggunakan kedua fitur tersebut sementara sudah cukup dengan fitur suara.

9.    Jangan Gunakan Animated Wallpaper/Screen

Wallpaper atau screen saver yang bergerak akan menguras tenaga baterai ketika dalam keadaan stand by. Jadi sebaiknya hindari menggunakan wallpaper atau screen saver yang bergerak.

10. Jangan Gunakan Smartphone Ketika Proses Charging

Ketika dalam proses pengecasan, sebaiknya tidak menggunakan smartphone Android untuk menjalankan aplikasi terutama memainkan game berkapasitas besar. Karena akan cepat panas dan segera rusak. Selain itu, pada kasus lain, penggunaan Smartphone ketika di charge, dapat mengakibatkan Smartphone terbakar atau bahkan Anda bias terkena strum dari aliran listrik tersebut.
Jadi alangkah baiknya ketika charrge smartphone, biarkan saja dulu jangan diutak atik, terkecuali penting, bisa mencabut charge beberapa saat dan kemudian dicolokkan kembali, meski cara cabut charge sebelum full ini juga kurang baik

1 thought on “Tips Dan Cara Mudah Merawat Baterai Smartphone

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*