Waspada!!! Ini Penyebab Terjadinya Kanker Hati menurut Dokter, seperti Leukimia yang menyerang anak Denada

Waspada!!! Ini Penyebab Terjadinya Kanker Hati menurut Dokter, seperti Leukimia yang menyerang anak Denada

Penyakit Kanker Leukimia (Leukemia) atau kanker hati pada Anak, seperti pada penyebab terjadinya kanker hati yang terjadi pada anak Denada baru-baru ini, bisa menjadi gambaran untuk para orang tua agar lebih memperhatikan Kesehatan Anak, terutama anak yang masih kecil yang diketahui rentan terkena virus dan bakteri penyakit.

Penyakit Kanker Leukimia pada Anak Denada adalah pelajaran bagi kita terutama para Orang tua agar selalu memperhatikan kesehatan lingkungan, baik dari asupan makanan yang dikonsumsi atau bahkan dari pakaian hingga perlengkapan atau perabotan  rumah tangga, yang diketahui bisa menjadi pemicu munculnya masalah kesehatan terutama Penyakit Kanker Leukimia pada anak.

Bisa dibayangkan betapa sedihnya hati Orang tua seperti Denada, ketika anak Denada terbaring di rumah sakit, untuk menjalani berbagai macam tahap pengobatan Kanker Leukimia (Leukemia) yang menyerang anak usia 5 tahunan tersebut.

Hindari Leukimia, leukemia sejak dini, faktor pemicu Leukemia seperti yang didera anak Denada,

Agar kita bisa berusaha menghindari sejak dini permasalahan kesehatan, terutama penyebab terjadinya kanker hati atau penyakit Leukemia pada anak, kita simak, berbagai macam pemicu kanker leukemia Menurut Para Ahli di Bidangnya, dalam hal ini menurut Keterangan Dokter, terkait Penyakit Kanker Leukemia seperti pada Anak Denada,  bisa saja pemicunya sebab hal sepele ini yang menjadi penyebab Kanker Leukimia pada Anak

Meskipun tidak ada faktor dari keturunan keluarga yang terkena Leukemia, namun kita tetap harus waspada, sebab Penyakit Leukimia yang merupakan penyakit Kanker Darah, bisa dipicu oleh 2 Faktor utama penyebab Kanker Leukimia.

2 Faktor Utama Pemicu dan Penyebab terjadinya Kanker Hati  (Leukimia) menurut para Ahli:

 

1. Penyebab dan Pemicu Kanker Hati (Leukimia) pada anak bisa muncul dari Konsumsi Makanan Anak

Penyebab Leukimia seperti yang “menyerang” anak Denada:

Salah satu pemicu penyebab penyakit kanker leukemia, leukimia, seperti pada anak Denada,

Dirangkum dan Dikutip dari Halosehat, yang Dilansir dari Kompas.com: Emilia Contessa, ibu dari artis Denada, (nenek dari Shakira), menanyakan penyebab dari Kanker leukemia yang terjadi pada Shakira, cucu kesayangannya yang merupakan anak Denada, … dan berikut ini keterangan dari dokter.

  • Penyakit Kanker Leukemia, dapat saja terjadi disebabkan faktor Pada pengawet makanan dikonsumsi anak-anak
  • Penyakit Kanker Leukemia bisa terjadi oleh faktor zat pewarna makanan ringan yang biasa dikonsumsi terutama pada anak-anak.
  • Penyakit kanker Leukemia bisa juga terjadi dipicu oleh faktor zat pewarna serta pengawet Permen yang biasanya (permen) disukai oleh anak.

2. Penyebab dan Pemicu Kanker Leukimia pada anak bisa muncul dari Pakaian hingga perlengkapan rumah tangga

Selain dari faktor Asupan konsumsi makanan pada Anak, ternyata Pakaian dan Perlengkapan rumah bisa jadi pemicu leukima.

Dirangkum dan Dikutip dari Tribun, yang Melansir dari Reader’s Digest, salah satu pemicu dan penyebab penyakit kanker leukimia bisa datang dari perabotan / perlengkapan rumah tangga.

Seperti halnya dari Karpet sofa, penutup jendela, tirai, pembersih dan pembasmi serangga, gelas bahkan juga. (Pemicu dan penyebab kanker secara umum).

Lalu pada khususnya, pemicu dan penyebab Kanker Leukimia atau Kanker darah ini bisa muncul dari pakaian serta sepatu yang digunakan sehari-hari.

Terutama juga pada pakaian (atasan dan bawahan) serta kaos kaki yang tentu ketika digunakan akan bersentuhan langsung dengan bagian kulit pada tubuh.

Salah satu pemicu penyebab penyakit kanker leukemia, leukimia, seperti pada anak Denada,

 

Oleh sebab itu, sebisa mungkin kita berusaha menghindari sedari dini segala hal yang bisa menjadi pemicu masalah kesehatan, terutama Penyakit leukemia atau Kanker darah yang rentan menyerang anak.

Bukan sebab merek atau bahan Pakaian yang digunakan, tapi lebih kepada Cara penyuciannya. Terutama perlu diperhatikan ketika mencuci pakaian dengan cara dry cleaning atau dicuci lalu dikeringkan dengan pengering.

Seperti yang telah dirangkum dan dikutip dari Tribun, yang Melansir dari kompas.com, cara mencuci pakaian dengan cara tersebut mempunyai kandungan kimia perchlorethylene yang terdapat di bagian dalamnya.

Bahan kimia yang juga disebut tetrachloroethylene, adalah zat yang digunakan untuk mengeringkan pakaian, lalu bisa juga ditemukan pada bahan pembersih untuk kayu dan juga bahan untuk semir sepatu.

Pada Sebuah studi penelitian, di America Cancer Society

Mengemukakan bahwa sebuah paparan bahan kimia perchlorethylene tersebut dapat meningkatkan adanya resiko seseorang terkena penyakit kanker.

Bukan penyakit kanker kulit, akan tetapi resiko terserang penyakit kanker paru-paru kanker leukimia atau kanker sel darah putih.

Diketahui bahwa Paparan zat atau bahan kimia tersebut bisa masuk ke dalam tubuh manusia lewat udara yang terhirup oleh sistem pernapasan tubuh kita.

Perlu diketahui bahwa resiko tinggi penyakit kanker yang diakibatkan zat kimia perchlorethylene tersebut, dapat terjadi apabila ketika mencuci pakaian sering terpapar dan dalam jumlah yang cukup banyak.

Saran ketika mencuci pakaian sendiri atau menyemir sepatu sendiri

Untuk itulah disarankan sebaiknya menggunakan penutup hidung dan mulut atau memakai masker pada saat menyetrika pakaian menggunakan pewangi dan pelembut serta saat melakukan semir sepatu sendiri atau juga mencuci pakaian serta menjemur pakaian.

Penjelasan lain Terkait Penyakit Leukimia atau Kanker Darah

Dirangkum setelah dilansir dari Alodokter, bahwa Secara umum, penyakit kanker darah (leukemia), menyangkut sumsum tulang, yang menjadi tempat dari pembuatan sel darah putih. Sel yang pada umumnya efektif untuk membasmi infeksi ini, tumbuh dengan tidak normal, yang pada akhirnya dapat membuat tidak maksimal berfungsinya suatu kekebalan tubuh.

Gejala-gejala Leukemia (Kanker Darah)

Pada setiap penderita Leukimia, biasanya memiliki indikasi yang tidak sama, perbedaan indikasi tergantung pada jenis penyakit kanker darah yang muncul.

Bahkan bisa saja Indikasi-indikasi kanker darah (leukimia) cenderung tidak mudah dikenali, disebabkan kecenderungan Indikasinya hampir sama dengan kondisi penyakit yang lain, seperti pada indikasi penyakit flue

Waspada Gejala Umum kanker darah, apabila kondisi di bawah ini tidak kunjung membaik, sebaiknya periksakan segera ke dokter ahli, gejala tersebut berupa:

1. Merasa Lemas atau merasa kelelahan berkelanjutan.
2. Demam
3. Menggigil
4. Sakit kepala
5. Muntah – muntah
6. Berkeringat berlebih, terutama juga pada saat malam
7. Merasa Nyeri pada sendi atau pada tulang
8. Menurunnya berat badan
9. Terjadi Pembengkakan limfa noda, hati, atau limpa
10. Timbulnya infeksi yang sering terjadi atau bahkan cukup parah
11. Mengalami pendarahan dengan mudah, seperti mudah memar (atau misalkan sering didera mimisan)
12. Terlihat bintik – bintik berwarna merah pada bagian kulit.

Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Darah belum dapat diketahui dengan pasti

Akan tetapi, dugaan adalah sebuah mutasi DNA yang terjadi dalam sel darah putih, menyebebkan perubahan tindakan pada setiap sel, bisa juga pemicu kanker darah (Leukemia) diakibatkan oleh faktor gen serta lingkungan sekitar.

Beberapa faktor bisa diduga dapat meningkatkan risiko penyakit Leukemia (kanker darah) seperti:

1. Faktor Genetika atau keturunan
Pada Penderita down syndrome (gangguan genetika lain yang langka), dapat meningkatkan risiko untuk mengalami jenis penyakit leukemia akut.Sedangkan penyakit leukemia limfatik kronis, sering diturunkan pada sebuah keluarga, terutama pada pria. 
Dalam hal lain, faktor dari riwayat keluarga yang diketahui mengidap penyakit leukemia, juga bisa memperbesar suatu risiko untuk mengalami penyakit yang sama tersebut. 
2. Faktor Pernah menjalani suatu pengobatan penyakit kanker. 
Pengobatan terapi kanker seperti pada Radioterapi atau Kemoterapi tertentu, bisa diduga memicu penyakit Leukimia (kanker darah). 
3. Pernah mengalami paparan pada radiasi tingkat tinggi atau juga zat – zat kimia tertentu. 
Contohnya, seseorang yang pernah mengalami suatu kecelakaan, yang berhubungan reaktor nuklir atau pernah mengalami pajanan zat kimia (zat kimia benzena). 

4. Meroko*k 

Roko*k tentu diketahui tidak hanya dapat meningkatkan risiko penyakit Leukemia atau penyakit kanker darah (terutama jenis penyakit leukemia mielogen akut), akan tetapi menyebabkan penyakit yang lain.

Resiko Kanker darah bisa datang pada siapa saja walau tanpa Faktor pemicu yang terlihat

Akan Tetapi, Pada sebagian besar Orang, dengan risiko tinggi pada faktor pemicu tersebut di atas, bisa saja Tidak mengalami Penyakit Leukemia (Kanker Darah).

Bahkan, penderita leukemia justru sering kali ditemukan pada orang yang sama sekali Tidak memiliki risiko tersebut di atas

Diagnosis & Pengobatan Leukimia (Kanker Darah)

Tahap awal

Dokter menanyakan tentang gejala-gejala yang ada, sebelum memeriksa kondisi fisik pasien.

Pemeriksaan fisik

Dokter mencari tanda-tanda penyakit leukimia, seperti misalnya kulit yang pucat akibat dari anemia,pembengkakan limfonodi, dan hati serta juga limpa yang membesar.

Apabila Dokter menduga bahwa Pasien mengidap penyakit Leukimia (kanker darah), maka Dokter menyarankan untuk melakukan pemeriksaan yang lebih detail, seperti  tes darah dan biopsi sumsum tulang.

Pengobatan Kanker Darah

Apabila pasien telah positif didiagnosis mengalami penyakit Leukemia (kanker darah), maka Dokter mendiskusikan langkah-langkah pengobatan yang tepat.

Adapun Jenis penanganan Leukimia yang akan dijalani pasien, tergantung pada faktor kondisi kesehatan, faktor usia,  serta jenis leukimia atau stadium leukimia (kanker darah) yang dialami pasien.

Metode pengobatan umumnya disarankan untuk menangani Leukimia (kanker darah) :

Metode Kemoterapi,

Kemoterapi adalah pilihan paling umum untuk terapi penyakit Leukemia

Terapi ini menggunakan bahan – bahan kimia yang bertujuan untuk membunu*h sel-sel kanker darah.

Metode Radioterapi.

Radioterapi ini menggunakan sinar X, yang mana bertujuan menghancurkan dan juga menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Metode ini hanya pada area tertentu yang diserang penyakit kanker, atau bisa juga untuk seluruh tubuh, tergantung kondisi pasien.

Radioterapi dapat dilakukan juga untuk persiapan melakukan transplantasi sel induk (stem cell) yang bertujuan mengganti sumsum tulang yang telah rusak, diganti dengan yang sehat.

Sel-sel induk yang digunakan pun dapat berasal dari tubuh pasien sendiri atau bisa juga dari pendonor.

Metode Kemoterapi atau Metode radioterapi, biasanya dilakukan dalam langkah persiapan sebelum menjalani prosedur transplantasi tersebut.

Metode Terapi terfokus

Berfungsi menyerang bagian – bagian rentan dalam sel-sel kanker

Metode Terapi biologis

Berfungsi membantu sistem kekebalan tubuh mengenali & menyerang sel-sel kanker.

Metode Penantian dengan pengawasan.

Metode Ini ditujukan untuk penderita penyakit leukemia limfatik kronis.

Pada metode terapi ini, pengamatan secara seksama dilakukan untuk dapat melihat perkembangan penyakit tersebut, yang tentu saja dilakukan apabila pasien sudah betul terbukti mengidap penyakit kanker darah (leukemia limfatik kronis), tetapi tidak mengalami gejala-gejala yang menunjukkan adanya penyakit tersebut.

(Sumber mengenai “Penjelasan lain Terkait Penyakit Leukimia atau Kanker”) : (AloDokter, artikel asli di laman AloDokter Ditinjau oleh : dr. Marianti), Dari Referensi:

Mayo Clinic (2017). Diseases & Conditions. Leukemia. 

Angle, A. Cancer Council Victoria Australia (2013). Leukaemia.
Angle, A. Cancer Council Victoria Australia (2013). Diagnosing Leukaemia.
Leukaemia Foundation Australia. Leukaemias.
Canadian Cancer Society. Leukemia. Symptoms of leukemia.
Canadian Cancer Society. Chronic lymphocytic leukemia. Treatments for chronic lymphocytic leukemia.


Rincian Biaya Pengobatan Kanker dan Daftar Rumah Sakit Kanker Canggih di Bandung

Bisa di lihat di artikel (klik artikel ini: Daftar Rumah Sakit Kanker Canggih di Bandung dan Gambaran Rincian Biaya Pengobatan Kanker)


Referensi sumber terkait

Penyebab Leukemia dari Pakaian dan perlengkapan Rumah lainnya: Tribun-Kesehatan

Penyebab Leukemia dari Pengawet makanan, pewarna makanan dan permen karet: Hellosehat

Ciri dan Penanganan Leukemia: AloDokter

Kanker Darah, Gejala, penyebab dan mengobati: Alodokter


Junipedia adalah Media Informasi bermanfaat, tidak menggantikan teori dan fakta yang ada dari Dokter atau Ahli di Bidangnya, artikel di atas adalah hasil tulisan Junipedia, Rewrite dan rangkuman yang dilansir dan berasal dari sumber terpercaya (link dicantumkan di atas) untuk tujuan informasi. Silahkan kritikan dan saran di kolom komentar jika terdapat kesalahan dalam penulisan teori dan fakta yang ada.

(Semoga Putri Kesayangan Denada, dan juga siapapun yang sedang didera sakit, terutama pada kanker tersebut, bisa melewati terapi pengobatan dengan sabar dan kuat , serta semoga sembuh sehat kembali, Aamiin… , dan Kita juga jangan lupa tetap menjaga Kesehatan)

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *